4 Film Hollywood Memberikan Pelajaran Keuangan

Setiap film mempunyai kisah yang bisa kita jadikan pelajaran atau inspirasi. Khusus untuk dunia keuangan Anda dapat mengambil pelajaran dari 4 film berikut ini.

Film Hollywood

Sebuah film tidak hanya sekedar menyuguhkan cerita yang menarik tetapi memberikan pelajaran penting untuk penontonnya. Salah satunya adalah pelajaran tentang keuangan. Ada beberapa film Hollywood yang menarik dengan mengangkat tema tentang dunia ekonomi dan keuangan.

Anda sebagai penikmat film bisa mencoba belajar dari film tersebut tentang berbagai macam masalah keuangan yang sering terjadi dalam kehidupan. Berikut ini adalah contoh 4 film hollywood yang memberikan pelajaran tentang keuangan.

1. The Big Short

The Big Short

Film yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2015 kemarin merupakan film yang bertemakan tentang dunia keuangan. Film yang bergenre drama ini menceritakan mengenai permasalahan krisis finansial yang utamanya dikarenakan kredit macet perumahan.

Disini Anda akan menyadari bahwa investasi properti bukanlah investasi yang paling menjanjikan lagi. Bisnis perumahan suatu saat tidak stabil dan bakal goyang karena perbankan semakin memudahkan orang memiliki rumah tanpa menyortir kemampuan calon pemiliknya untuk melunasi pinjaman.

Dari Film ini Anda dapat menangkap banyak hal yang mendorong terjadinya kredit macet pada perumahan. Bukan hanya bank tetapi para nasabah harus mengerti tentang kemampuan kredit seseorang sehingga tidak bisa sembarangan memberikan sebuah pinjaman.

Dibintangi oleh beberapa aktor kawakan Hollywood seperti Cristian Bale, Brad Pitt, Ryan Gosling, dan Steve Carell. Dalam film ini Anda akan dihibur dengan guyonan-guyonan ringan nan cerdas.

2. The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street

Film yang rilis pada tahun 2013 ini merupakan salah satu film yang dibintangi oleh aktor Hollywood ternama, Leonardo DiCaprio. The Wolf of Wall Street merupakan film yang bercerita tentang kehidupan di dunia trading saham.

Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai tokoh utama bernama Belfort dalam film kali ini merupakan seorang broker muda. Bercerita tentang Jordan Belfort, pialang saham licik. Jordan tak peduli tentang nasib uang yang diinvestasikan klien sepanjang dia mendapatkan komisi besar.

Kemudian itu membuat Belfort berhasil menggapai kesuksesan dengan cepat sebagai seorang Broker hingga akhirnya mendirikan perusahaan sendiri sementara banyak kliennya merugi jutaan dolar. The Wolf of Wall Street mengajarkan untuk bijak dalam menerima tawaran investasi.

Jangan mudah tergiur dengan tawaran investasi yang bisa mendatangkan keuntungan irasional. Anda perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan investasi, jangan hanya mencari imbal hasil yang besar pertimbangkan juga resikonya. Tidak ada salahnya jika Anda meminta pendapat pakar atau sumber terpercaya.

3. Money Pit

 Money Pit

Film lama di era 1980-an ini sangat menginspirasi para pasangan muda yang ingin memiliki rumah, Money Pit bercerita tentang pasangan muda yang diperankan Tom Hanks dan Shelley Long, terburu-buru membeli rumah mewah dengan harga murah.

Akibatnya mereka masih harus mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perbaikan. Dari film ini Anda dapat mengambil pelajaran jika ingin membeli rumah pertama Jangan mudah mengambil keputusan secara emosional diperlukan informasi yang memadai. Perhatikan setiap tahapan pembelian, rancang alokasi anggaran realistis sebagai basis negosiasi dengan penjual.

4. Fun With Dick and Jane

Fun With Dick and Jane

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini merupakan remake dari judul yang sama keluaran tahun 1977. Film yang dibintangi oleh Jim Carrey (sebagai Dick Harper) dan Téa Leoni (sebagai Jane Harper) ini bercerita tentang pasangan kelas menengah atas yang menjadi sepasang perampok setelah kehilangan pekerjaannya.

Dalam film Fun With Dick and Jane mengajarkan Anda betapa pentingnya memiliki dana cadangan dalam jangka pendek seperti tabungan, guna mengantisipasi kejadian yang tak terduga. Film ini menggambarkan betapa bahayanya hidup secara mewah, tanpa memahami pentingnya kesehatan finansial.

Film-film diatas memberikan banyak pengetahuan tentang dunia keuangan mulai dari investasi saham, kredit perumahan, dana cadangan, dan keputusan tepat dalam pembelian rumah. Hal-hal tersebut merupakan masalah umum yang sering terjadi dalam keseharian Anda. Semoga film–film dapat menginspirasi Anda.

Baca juga: Pelajaran Berharga Tentang Keuangan yang Bisa Anda Dapatkan dari Lagu

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama