3 Keuntungan Bertransaksi Secara Online

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet, telah banyak membantu manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Salah satunya adalah bertransaksi secara online.

Belum lama ini, nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sempat dikejutkan dengan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh manajemen BCA. Pasalnya, bank ini berencana akan menerapkan biaya setiap kali nasabah melakukan pengecekan saldo melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kebijakan ini akan diberlakukan dalam 3-6 bulan ke depan. Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, hal ini terpaksa dilakukan karena tingginya biaya operasional setiap mesin ATM yang dioperasikan perusahaannya.

Ia mencatat, setiap kali seorang nasabah melakukan transaksi melalui ATM, maka BCA harus menanggung biaya sekitar Rp 2.000–Rp2.500 di luar biaya pengoperasian mesin ATM.

Rencananya, 'biaya cek saldo' melalui ATM akan dikenakan setelah nasabah melakukan pengecekan lebih dari 7 atau 10 kali sebulan. Hingga saat ini, pihak BCA masih mengkaji biaya pengecekan saldo jika sudah melewati kuota bulanan, begitu juga dengan waktu penetapannya.

Beralih ke Transaksi Online

Terlepas dari pro kontra terhadap kebijakan tersebut, tidak ada salahnya jika masyarakat beralih memanfaatkan transaksi online melalui internet banking. Seperti diketahui bahwa transaksi secara online ini memang tidak dikenakan biaya tambahan apapun.

Fasilitas internet banking yang disediakan oleh bank memang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan internet sebagai perantaranya. Penggunaan internet banking dirasa cukup menghemat waktu.

Anda bisa dengan bebas melakukan berbagai jenis transaksi keuangan, mulai dari transfer uang, cek saldo, pembayaran tagihan, pemesanan tiket, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi.

Praktisnya, Anda tidak perlu lagi repot pergi ke bank atau ATM. Transaksi online bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Inilah Keuntungan Bertransaksi Secara Online

Di zaman serba internet, hampir semua kegiatan yang dahulu dilakukan secara bertatap muka (offline), kini jadi lebih mudah dengan dilakukan secara online baik melalui komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone. Internet banking inilah salah satunya.

Transaksi secara online memang telah memberikan berbagai perkembangan baru dalam dunia perekonomian. Perkembangan tersebut sangat terlihat terutama pada munculnya berbagai cara pembayaran baru yang jauh lebih aman, mudah, dan efisien.

Inilah 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila melakukan transaksi secara online.

Mudah dan Praktis

Transaksi secara online tentu memudahkan nasabah. Nasabah tak perlu repot pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Cukup login melalui situs resmi bank, lalu pilihlah layanan internet banking. Transaksi online bisa dilakukan kapanpun dan di manapun selama 24 jam.

Ingin melakukan transfer uang? Cukup memasukkan nominal yang akan ditransfer ke rekening tujuan. Tak butuh waktu lama dan uang akan berpindah ke rekening tujuan. Dengan begitu, segala transaksi akan lebih mudah, praktis, serta menghemat waktu.

Atau jika ingin sekadar mengecek saldo rekening, maka Anda tak perlu lagi pergi ke ATM terdekat. Cukup dengan memanfaatkan koneksi internet dan gadget melalui internet banking. Selain cek saldo, Anda juga bisa melihat mutasi rekening.

Lebih Hemat

Bertransaksi mudah dengan biaya murah merupakan dambaan bagi setiap nasabah bank. Dua hal tersebut penting, apalagi bagi nasabah yang sering melakukan transaksi keuangan. Inilah keuntungan yang coba ditawarkan dari bertransaksi online.

Fasilitas internet banking misalnya, tidak ada tambahan biaya apapun. Berbeda jika Anda harus pergi ke bank atau ATM yang memerlukan ongkos untuk sampai ke tempat tujuan.

Kalaupun bank atau ATM berlokasi dekat dengan rumah, setidaknya Anda harus menyisihkan waktu untuk pergi dan mengantre.

Dengan menggunakan internet banking, Anda dapat menghemat lebih banyak uang, sehingga dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya. Selain itu juga dapat menghemat waktu dan energi.

Transaksi Lebih Aman

Dengan memanfaatkan layanan internet banking, setiap transaksi keuangan yang dilakukan akan lebih terjamin tingkat keamanannya.

Anda akan terhindar dari tindak pencurian yang bisa dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab saat Anda berada di bank ataupun ATM.

Dengan melakukan transaksi secara online, selain bisa merasakan berbagai keuntungannya, itu berarti Anda juga melek terhadap teknologi.

Baca juga: Mengenal Rekening Bersama Dalam Bertransaksi Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama