10 Negara dengan Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru

Jika biasanya menyambut Tahun Baru dengan meniup terompet atau menyalakan kembang api, berikut adalah tradisi unik dari berbagai negara dalam rayakan pergantian tahun!

Tahun Baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Mereka bersuka cita menyambut pergantian tahun. Berkumpul bersama keluarga, berdoa bersama, menyalakan kembang api, atau meniup terompet adalah jenis acara yang paling umum dilakukan.

Namun ternyata, beberapa negara di dunia memiliki tradisi unik dalam menyambut pergantian tahun, lho. Apa saja? Inilah 10 negara dengan tradisi unik rayakan Tahun Baru.

Skotlandia

Dalam merayakan Tahun Baru, warga Skotlandia mengadakan festival bernama ‘Festival of Hogmanay’. Rata-rata pesertanya adalah laki-laki dewasa. Mereka berparade di jalan-jalan utama sambil melakukan atraksi bola api.

Festival ini merupakan tradisi turun-temurun sejak jaman bangsa Viking menguasai Skandinavia. Mereka percaya bola-bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin cepat berlalu.

Denmark

Merayakan Tahun Baru dengan cara memecahkan piring di depan rumah tetangga? Ini hanya terjadi di Negara Denmark! Ya, tradisi unik ini sudah menyebar luas sehingga tidak ada satu orang pun yang akan marah pada sang pelaku.

Tradisi tersebut dilakukan guna mendapat keberuntungan selama setahun. Warga Denmark percaya bahwa bagi keluarga yang paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah pada pintu tetangga, mereka dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan.

Meksiko

Pernah terpikirkan untuk berbicara pada roh? Bagi warga Mexico, berbicara pada roh adalah sebuah tradisi untuk menyambut Tahun Baru. Mereka berbicara pada roh untuk mendapatkan pesan atau petunjuk masa depan.

Lama kelamaan, tradisi unik ini dijadikan sebagai bisnis tahunan. Misalnya di Tos Inn, sebuah penginapan di New Mexico menawarkan paranormal yang siap jadi penghubung dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit ini dihargai 15 USD.

Irlandia

Bagi yang berstatus lajang, Tahun Baru adalah harapan baru untuk mendapatkan tambatan hati. Seperti wanita-wanita Irlandia yang ingin cepat mendapat jodoh. Dalam usahanya, mereka percaya bahwa daun mistletoe bisa mendekatkan jodoh mereka.

Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal. Selain dapat mendekatkan jodoh, daun ini juga dipercaya sebagai penghilang kesialan. Biasanya, mereka menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga bisa cepat mendapat jodoh.

Ekuador

Seperti halnya warga Skotlandia, Ekuador juga merayakan tahun baru dengan kobaran api. Namun, mereka bukan membakar bola, melainkan orang-orangan sawah. Benda ini biasanya terbuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu.

Tradisi unik ini dilakukan tepat pukul 00.00 saat pergantian tahun, dan dilakukan hampir di setiap rumah. Mereka percaya, dengan membakar orang-orangan sawah, maka semua hal buruk selama setahun juga dapat terbakar habis. Tradisi ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Chile

Tahun Baru menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, bagaimana jika merayakan bersama anggota keluarga yang sudah meninggal? Di Chile, tepatnya di Kota Talca ada tradisi unik yaitu merayakan Tahun Baru bersama keluarga yang sudah meninggal.

Setiap jam 23.00, Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca. Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu temaram sebagai pelengkap acara. Mereka percaya bahwa orang meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun baru bersama mereka.

Brazil

Warga Brazil percaya bahwa dengan mengenakan pakaian dalam warna-warni saat malam Tahun Baru akan membuat nasib mereka menjadi baik sepanjang tahun. Tidak hanya di Brazil, tradisi unik ini juga dilakukan oleh beberapa negara seperti Bolivia dan Meksiko.

Pakaian dalam yang biasa digunakan adalah warna-warna menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta, sedangkan warna kuning digunakan agar kemakmuran lebih mudah didapatkan.

Spanyol

Setiap malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi unik yakni memakan 12 buah anggur secara cepat. Jumlah anggur yang dimakan menunjukkan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

Tradisi unik ini diyakini warga Spanyol akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya.

Jerman

Jerman memiliki tradisi unik rayakan Tahun Baru, yakni mengharuskan warganya menghabiskan hidangan tanpa sisa. Nah, hidangan klasik yang biasa disajikan saat Tahun Baru adalah ikan mas.

Uniknya, duri ikan mas tersebut akan dibagikan ke para tamu sebagai jimat keberuntungan. Mereka melakukan tradisi ini karena percaya bahwa dengan menghabiskan sisa makanan sampai ke tulangnya, mereka tidak akan mengalami kekurangan sepanjang tahun.

Austria

Austria memiliki tradisi unik dalam merayakan Tahun Baru, yakni lead pouring atau menuangkan timah cair. Cairan timah tersebut dituangkan ke dalam wadah berisikan air.

Jika sudah dituang, timah-timah tersebut akan menjadi beberapa bentuk yang akan dijadikan prediksi untuk tahun depan. Contohnya, bentuk bola menunjukkan keberuntungan sepanjang tahun dan jangkar berarti memerlukan bantuan.

Tradisi manakah yang menjadi favorit Anda? Jangan lupa mengecek 5 Destinasi Terbaik untuk Menikmati Pesta Kembang Api di Tahun Baru. Atau ingin rayakan Tahun Baru di negara sendiri? Inilah 5 Destinasi Wisata Domestik Terbaik Rayakan Tahun Baru.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hotel di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama