​8 Barang Antik dengan Harga Selangit

Jika sudah mencintai sesuatu, wajar bila Anda rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya, termasuk untuk mendapatkan ke 8 barang antik ini, bukan?

Biasanya, semakin lama model barang, maka akan semakin rendah pula nilai jualnya. Tetapi hukum tersebut tidak berlaku untuk baran-barang ini. Meskipun sudah tua, banyak orang yang rela mengeluarkan uang besar-besaran untuk mendapatkannya dengan alasan nilai sejarah yang tersimpan di dalamnya. Apa saja itu? Yuk, simak barang antik dengan harga jual selangit.


1. Action Comics No. 1

Dari Action Comics inilah para tokoh pahlawan super mulai bermunculan, seperti Superman dan Wonder Woman. Berkat komik ini pun, buku dan film bergenre Superhero mulai dikenal. Action Comics yang diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster ini pertama kali diproduksi pada tahun 1938 dengan harga pereksemplar 10 sen. Namun pada tanggal 24 Agustus 2014 lalu, komik ini berhasil dilelang di situs online eBay dengan harga USD 3,2 juta atau setara dengan Rp 38 miliar.

2. Piano Film Casablanca

Casablanca adalah film percintaan era 40an yang dibintangi oleh Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman produksi Warner Bross. Film yang meraih tiga penghargaan Oscar ini menggunakan properti piano di dalamnya yang dimainkan aktor dan penyanyi Dooley Wilson saat menampilkan lagu "As Time Goes By”.

Casablanca dianggap sebagai perfilman terbaik dalam sejarah Amerika, wajar apabila piano tersebut berhasil dilelang pada tahun 2012 seharga USD 602 ribu atau setara dengan Rp 7 miliar. Ya, meskipun termasuk kedalam harga yang tinggi untuk penjualan sebuah properti film, tenyata harga ini masih dibawah dari prediksi awal, yaitu USD 1 juta. Sayang sekali.

3. Master of Malt, 105 Tahun

Anda seorang pecinta whisky? Pasti Anda tahu ada sebuah whisky yang sudah berusia 105 tahun. Ya, Master of Malt, satu satunya barang dari jenisnya yang berasal dari penyulingan Aisla T’Orten. Minuman beralkohol 700 ml ini berhasil terlelang seharga USD 1,4 juta atau Rp 17 miliar pada tahun 2011. Fantastis!

4. Not Lagu Asli The Star Spangled Banner

Digembar-gemborkan sebagai salah satu lagu kebangsaan paling merdu di seluruh dunia, lagu kebangsaan AS "The Star Spangled Banner" adalah bagian dari sebuah puisi yang ditulis pada tahun 1814 oleh Francis Scott Key.

Pada bulan Desember 2010, satu dari sebelas salinan asli dari not lagu ini berhasil terlelang seharga USD 506 ribu atau Rp 6 miliar. Sedangkan 10 salinan lainnya disimpan di bawah kepemilikan organisasi resmi.

5. Tanda Tangan William Shakespeare

Siapa yang tidak mengenal William Shakespeare, seorang sastrawan dan penulis yang cukup berpengaruh dalam perkembangan bahasa dan drama Inggris. Diketahui di dunia ini hanya terdapat enam tanda tangan asli milik William yang bernilai 5 juta dollar AS atau Rp 60 miliar. Wow! Anda berniat untuk memiliki salah satunya?

6. Kalung The Golden Giant

Perhiasan antik adalah salah satu koleksi yang paling berharga dan dicari oleh para kolektor. Bahkan mereka sampai rela berkeliling dunia untuk menemukannya. Tetapi berbeda dengan kalung The Golden Giant. Kalung ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang gadis muda di Republik Demokratik Kongo sekitar 30 tahun lalu.

The Golden Giant ini memiliki potongan berlian yang terbesar didunia dengan 407 karat. Wajar saja jika kalung antic ini dihargai USD 55 juta atau setara dengan Rp 660 miliar.

7. Biola ‘Lady Blunt’ Stradivarius

'Lady Blunt' Stradivarius adalah alat musik yang paling mahal di dunia saat ini. Biola ikonik ini dibuat oleh pengrajin Italia Antonio Stradivari pada tahun 1721, yang dimiliki oleh Lady Anne Blunt. Pada tanggal 20 Juni 2011, benda kuno ini di lelang dengan harga $ 16 juta atau Rp 192 miliar.

Hasil dari penjualan biola ini digunakan untuk membantu korban Gempa Bumi dan Tsunami di bagian Utara Jepang.

8. Lukisan The Card Players

Keluarga kerajaan Qatar rela mengeluarkan USD 250 juta atau Rp 3 triliun untuk membeli sebuah lukisan karya Paul Cezanne, The Card Players, tahun 2011. Lukisan ini dibuat pada awal 1980 yang terdiri dari lima seri lukisan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama