Yuk, Nonton Langsung Piala Dunia ke Brasil!

Sudah pesan tiket Piala Dunia, belum? Berencana nonton bareng teman? Berapa sih dana yang dibutuhkan? Beli dari sekarang yuk. Itu jauh lebih irit.

Nonton Piala Dunia

Berjuta pasang mata akan melihat. Miliaran orang pasti akan datang berkunjung ke Brasil. Seluruh stasiun televisi di penjuru dunia akan menyiarkan siaran langsung laga pemain favorit. Setiap negara pasti memasang standar tinggi untuk pemain mereka. Latihan dan gizi yang cukup diberikan dengan rutin.

Seluruh tiket akan dijual. Bahkan, terus dicetak. Itu dilakukan untuk mereka yang gila bola. Brasil akan diperkirakan penuh dengan turis asing dari berbagai penjuru dunia. Sektor wisata pun disiapkan. Stadion dipermegah. Dibangun kokoh. Pusat penjualan suvenir pun ada di mana-mana di Brasil.

Perhelatan terbesar empat tahunan ini diperkirakan akan lebih seru dari ajang Piala Dunia sebelumnya. Bagi Anda yang ingin terbang ke Brasil, siap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Tapi bagi penggila bola, urusan duit adalah nomor dua. Yang penting bisa menikmati pertandingan langka dengan mata kepala sendiri, apalagi bersama teman, sahabat, dan kekasih tercinta.

Bagi Anda berkantong tebal, tentu sudah bikin kalkulasi sendiri berapa duit yang mesti dianggarkan. Menghitung berapa kocek yang harus disiapkan adalah keharusan. Mengapa? Sebab ajang terbesar ini sudah semakin dekat, yaitu di bulan Juni-Juli.

Dana Terbatas Jangan Jadi Penghalang

Tapi bagaimana dengan Anda yang  kondisi keuangan pas-pasan? Ingin hadir dan nonton di Brasil tentu kendala kocek harusnya tidak menjadi masalah. Berapa pun dana yang diperlukan, tentunya tidak sebanding dengan nilai sejarah yang akan terjadi di lapangan hijau nanti. Nah, di sinilah kita mesti mencari strategi dan solusi yang pas agar menonton laga sepak bola berkelas internasional tersebut bukan hanya diimpikan.

Harga tiket piala dunia

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu berapa harga tiket pertandingan untuk tim yang Anda favoritkan. Untuk diketahui, FIFA mengumumkan harga tiket yang berbeda-beda.

Pihak FIFA membuat kategorisasi untuk harga tiket lokal dan tiket internasional. Tiket itu berlaku untuk pembelian tiap pertandingan atau borongan, yang didasarkan pada lokasi stadion (venue).

Kemudian, FIFA pun mengelompokkan laga pertandingan dari level biasa hingga level bergengsi. Untuk pertandingan yang dianggap tidak bergengsi, misalnya Kamerun Vs Costa Rica, paket menonton laga itu dibanderol dengan kocek Rp 30-50 jutaan. Harga itu sudah termasuk layanan kelas suite (nonton dari ruang kaca, lengkap dengan buffet, wine, dan lain sebagainya). 

Menurut Kompas Bola, untuk babak final, tiket termurah bagi penonton lokal Brasil berharga 165 reais (real Brasil atau BRL), setara 74 dollar AS atau sekitar Rp 740.000. Sementara itu, untuk tiket "borongan", untuk pertandingan di stadion tertentu (venue), tiket termurah dibanderol dengan harga 360 reais atau sekitar 160 Dollar AS, sekitar Rp 1,6 juta. 

Untuk diingat, harga tiket tersebut berbeda untuk kategori individual (internasional dan khusus warga negara Brasil) dan kategori borongan/kelompok (borongan internasional dan borongan khusus warga negara Brasil)

Di luar harga itu, harga yang dipaketkan tersebut sudah termasuk tiket pesawat Indonesia-Afrika Selatan PP, penginapan hotel bintang empat, konsumsi, wisata, dan akomodasi lainnya selama 5 hari 3 malam. Itu pun jika Anda masih ingin berbelanja suvenir pertandingan tersebut.

Namun, berbeda kisahnya jika Anda bisa bepergian dan nonton Piala Dunia bareng teman. Sekeluarga pun boleh. Jika bepergian secara bersama-sama, pihak ofisial pun tentu akan memberikan penawaran yang lebih murah.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi Goal.Com, tiket paling murah yang dibanderol untuk warga asing adalah sebesar 90 Dollar AS atau sekitar Rp 900.000 (kurs 1 Dollar AS = Rp 10.000). Masih untuk warga asing, untuk di laga final tiket termurahnya hanya sebesar 440 Dollar AS atau sekitar Rp 4.400.000, dan termahal adalah 900 Dollar AS atau sekitar Rp 9.000.000.

Harga akan jauh melambung tinggi jika Anda, keluarga, atau bersama teman dan/atau sahabat, nonton pertandingan partai bigmatch. Pertandingan di partai bigmatch biasanya tembus di atas 100 juta rupiah. Di laga ini biasanya tim-tim yang berkekuatan kekuatan penuh tidak mudah ditumbangkan. Misalnya, Inggris Vs Belanda, Brasil Vs Jerman, atau Portugal Vs Brasil.

Rencanakan keuangan Anda jauh-jauh hari untuk ajang empat tahunan ini. Sebab, apalah arti uang jika Anda memang ingin jadi saksi sejarah laga yang paling monumental dan dinantikan penduduk dunia ini. Perhitungannya bukan hanya tiket, akomodasi selama di Brasil, tetapi juga mesti mengalokasikan dana untuk cinderamata dan dana darurat. Pastikan juga Anda memiliki pinjaman pribadi yang cukup untuk hiburan Anda selama di sana.

Oke, sekarang Anda ingin berhemat kan? Pertama, coba lakukan riset kecil. Di mana sih bisa mendapatkan informasi tawaran termurah ke Brasil dari beberapa biro perjalanan, misalnya melalui situs RoadTrips. Situs ini menawarkan paket perjalanan untuk ajang Piala Dunia tersebut. Mereka juga menyediakan paket perjalanan untuk grup besar, bareng-bareng, atau individu.

Kedua, jika Anda punya nyali berpelesiran dan ingin bertualang, langsung saja untuk travelling ala backpacker. Coba cari tahu komunitas mana yang mencoba travelling ala backpacking dan pergi ke Brasil. Siapa tahu komunitas itu punya rencana jauh lebih murah. Atau, coba jalin komunikasi di IndoBackpacker. Lagi pula, berpelesir ala backpacker bahkan jauh bernilai dan berharga karena punya kesempatan melihat pariwisata Brasil dari dekat. Termasuk berbaur dengan budaya dan masyarakat Brasil.

Patungan bareng-bareng? Ide yang bagus. Patungan bareng teman yang juga punya tujuan sama nonton ke Brasil memang hal yang patut dilakukan. Tapi jangan lupa, pastikan Anda sudah memiliki asuransi perjalanan yang Anda percaya. Ini penting agar Anda terproteksi dari kecelakaan maupun kehilangan barang selama ke sana.

Kartu Kredit Visa

Satu hal lagi, selain dana yang sudah disiapkan itu, pastikan juga bawa uang tunai. Distribusikan jumlah uang tunai Anda tersebut, misalnya separuh dalam bentuk uang tunai dan separuhnya di kartu debit atau kartu kredit.

Oke, selamat berpelesiran ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama