Tips dan Trik Online Shop di Instagram

Media sosial sebagai strategi bisnis online sudah menjadi cara yang umum. Salah satunya Instagram, Tapi bagaimana kiatnya? Mungkin ini bisa membantu.

Perkembangan online shoping di Indonesia semakin maju. Sudah beberapa tahun ini, semakin banyak orang Indonesia yang berbelanja di situs online shoping. Setelah membaca artikel dari Tech In Asia, di sana terlihat ada sekitar 18 (delapan belas) laman populer yang sering diakses dan populer di antara netizen Indonesia. 

Itu menandakan bahwa orang Indonesia masih sering berseluncur dan berbelanja di online shopping. Selain itu penggunaan media sosial yang semakin pesat dikalangan masyarakat Indonesia mendorong para pelaku bisnis untuk memanfaatkan media sosial sebagai startegi marketing mereka. 

Bagi anak muda, terutama para pencinta selfie, media sosial adalah tempat mereka berekspresi. Itulah yang menjadi target audience bagi para pelaku bisnis, anak muda yang sering wara-wiri di media sosial. 

Maka dari itu mereka memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Path sebagai tempat promosi. Kita dapat menciptakan promosi dengan foto-foto menarik, misalnya promo murah lipstik baru dari Korea.

Barang-barang yang dijual hampir semua ada lho di Instagram. Foto-foto yang menarik pun dipasang. Gambar-gambar itu biasanya sebagai jurus pemikat mata para konsumen di olshop. Lantas bagaimanakah kiat-kiat promosi di Instagram agar efektif

Rutin Memposting

Dalam media sosial jika kita tidak aktif, kita akan ditinggal oleh followers, untuk itu buatlah jadwal posting rutin dan konsisten. Posting beberapa foto produk Anda secara rutin, bisa diselingi dengan foto menarik lainnya yang ingin dishare, ataupun Anda bisa bertukar foto secara online.

Pada foto usahakan buat keterangan (quote) yang efektif karena pengguna yang tertarik dengan foto dan quote Anda cenderung akan memberikan komentar, mereka juga suka membagikan (tag) ke teman-temannya sehingga meningkatkan visibilitas profil Instagram bisnis Anda.

Maksimalkan fitur hashtag

Anda dapat mengkategorikan semua posting dengan tanda pagar (#) atau biasa disebut hashtag di kolom keterangan (caption). Buat hashtag unik untuk bisnis Anda dan posting secara berkala. 

Secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto-foto produk Anda melalui fitur pencarian Instagram. Tren frase hashtag dapat meningkatkan visibilitas konten produk Anda.

Foto Keterangan Dan Informasi Yang Jelas

Maksimalkan setiap foto yang diunggah dengan tambahan informasi yang jelas. Misalnya edit beberapa foto yang menampilkan produk tampak depan, samping, dan belakang. 

Kemudian berikan keterangan produk semenarik mungkin ditambahankan info seperti harga, ukuran, warna yang tersedia, info kontak dan cara pembayaran.

Perhatikan Konsumen Anda!

Ini trik jitunya. Olshop yang terpercaya akan mendapat banyak sekali konsumen. Jaring mereka semua, dan lakukan aktivitas yang bisa membuat konsumen seperti diperhatikan. Misalnya Anda membalas setiap komentar yang diposting.

Tetapkan juga bahwa cuma ada beberapa posting yang berkualitas yang bisa Anda komen. Tidak harus setiap jam juga Anda membalasnya. Bisa juga di waktu-waktu tertentu.

Teruskan Ke Media Sosial Lain

Berikutnya, jika sudah mulai jualan produk di Instagram, bagikan ke media sosial lainnya, misalnya Facebook dan Twitter. Lebih bagus lagi kalau Anda memiliki halaman khusus di Facebook dan Twitter. 

Dengan begitu, Anda bisa menjaring beberapa konsumen yang hanya punya FB atau cuma punya Twitter. Buat juga di media sosial lainnya, seperti Path.

Berikan Hadiah

Kalau Anda memiliki profit lebih dari olshop ini, coba buat hadiah untuk konsumen yang telah setia membeli produk di olshop yang Anda. Misalnya memberikan secara gratis produk tersebut apabila telah transaksi dalam jumlah nominal tertentu. 

Atau bisa juga secara acak, Anda tentukan siapa yang berhak mendapat pulsa gratis. Anda bisa memikirkan ide-ide kreatif untuk menambah lebih bayak followers.

Bagi Anda yang berusia 17 tahun, masih SMU dan mau bikin usaha olshop, coba gunakan akun Instagram sebagai media marketing. Mungkin kiat di atas bisa jadi panutan untuk membuat olshop yang digemari banyak orang. Selamat mencoba!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Abdul Rohim

    Tulisan yang bagus. Saya mau tanya ke KreditGoGo, apa bisa KTA untuk modal usaha online shop? Dan berapa sih modal pertama yang bisa diajukan?

    Reply