Pilih Mana, Cicil Handphone Dengan Atau Tanpa Kartu Kredit?

Membeli handphone dengan cicilan kartu kredit dan tanpa kartu kredit manakah yang lebih untung? berikut ini KreditGoGo berikan perbandingannya untuk Anda.

Bulan ini kehadiran gadget seri terbaru menjadi banyak perbincangan di media sosial, bahkan menjadi trending topik. Produk smartphone yang wajib masuk dalam daftar Anda adalah Samsung Galaxy Note 7, iPhone 7, dan Xiomi Redmi Pro.

Bagaimana spesifikasi dan harganya? KreditGoGo coba membandingkan ketiganya, berikut ini kami berikan perbandingannya.

1. Samsung Galaxy Note 7

Fitur unggulan Samsung Galaxy Note 7 adalah pemindai sidik jari, iris scanner, S Pen dengan dilengkapi fitur tahan air. Smartphone ini dipersenjatai memori internal hingga 64 GB dan slot external sampai 256 GB. Untuk prosesor mengandalkan prosesor Exynos 8890 plus dukungan 4GB RAM. Sedangkan daya tahan hidup Note 7 disokong baterai 3.500 mAh yang didukung fitur wireless charging.

Harga: dibandrol sebesar Rp10.777.000 dan bisa mulai dipesan (pre order) mulai 5 Agustus 2016.

2. iPhone 7

iPhone 7 akan memiliki kesan ultra canggih sebagaimana melebihi para pendahulunya. Display layar akan lebih besar dan diperkirakan menggunakan full layar kaca tanpa adanya tombol homefisik. Di bekali dengan persenjataan canggih, mulai dari dual kamera. Kamera belakang memiliki resolusi sebesar 20 MP dengan kualitas 1080 piksel HD recording dan kamera depan sebesar 8 MP.

Untuk harga Iphone 7 belum diberikan bocoran namun, rumor terbaru menyebutkan bahwa iPhone 7 sudah bisa dipesan (pre-order) mulai Jumat, 9 September 2016.

3. Xiomi Redmi Pro

Smartphone yang satu ini memiliki kemampuan spesifikasi yang mumpuni, Xiomi Redmi Pro menghadirkan fitur dual kamera dengan kamera depan 5MP dan belakang 13MP sensor Sony IMX 258 + 5 MP sensor Samsung yang mampu menghasilkan foto bokeh level DSLR.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi mempercayakan Helio X20 atau Helio X25 dengan 10 inti sekaligus diimbangi kemampuan prosesornya dengan RAM 3 GB atau 4 GB.

Redmi Pro akan diluncurkan pertama kali di Tiongkok dengan harga sebesar Rp2,9 juta untuk varian Helio 32 GB, 3,36 juta untuk varian Helio 64 GB, dan Rp3,9 juta untuk varian Helio 128 GB.

Perbandingan Beli Handphone Cicilan atau Tunai

Ketika Anda ingin menganti handphone dengan produk smartphone terbaru terdapat pilihan pembayaran antara tunai ataupun cicilan. Untuk metode cicilan ada pilihan menggunakan kartu kredit atau tanpa kartu kredit alias cicilan langsung melalui gerai atau lembaga pembiayaan.

Jika membeli secara tunai keuntungannya adalah Anda akan mendapat harga yang sesuai tanpa tambahan bunga, berbeda halnya dengen cicilan harga handphone memang jauh lebih tinggi daripada membeli dengan tunai.

Lalu lebih untung mana beli handphone dengan cicilan katu kredit atau tanpa kartu kredit? Untuk menjawab ini mari kita bandingkan masing-masing cara pembayaran ini.

1. Cicilan 0% Kartu Kredit

Apabila Anda membeli handphone dengan menggunakan kartu kredit, ada penawaran cicilan 0%, pastinya Anda sudah banyak melihatnya di gerai-gerai handphone. Apa saja keuntungan dan kelemahannya?

Keuntungan Kelemahan
  1. Bisa mendapat angsuran lebih murah jika ada program cicilan 0% dan promo menarik lainnya.
  2. Tenor cicilan dapat ditentukan hingga 24 bulan lamanya.
  3. Bisa dilakukan kapan saja baik online maupun offline.
  1. Mengurangi limit kartu kredit
  2. Harus menghubungi call center untuk mengubah transaksi menjadi cicilan jika bukan promo.
  3. Kemungkinan terkena surcharge 3% dari merchant gadget.

Simulasi kredit gadget dengan kartu kredit:

Misalnya Anda membeli Handphone seharga Rp4,8 juta menggunakan promo kartu kredit dengan cicilan 0%, maka kalkulasi cicilan per bulan

Rp4.800.000 : 12 = R400.000/ bulan

Ada banyak kartu kredit yang menawarkan promo cicilan 0% di berbagai gerai ataupun e-commerce online. Kartu Kredit Standard Chartered memberikan penawaran eksklusif untuk Anda yang ingin berburu gadget premium terbaru. Gerai seperti Eraphone, Samsung, iBox, dan Urban Republic di Kota Kasablanca memberikan diskon hingga Rp500 ribu dan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Apabila Anda ingin membeli handphone secara online, fasilitas cicilan 0% hingga 12 bulan dari HSBC dapat dimaksimalkan untuk Anda yang ingin update dengan trend smartphone terbaru. Anda bisa update informasi penawaran terbaik dari kartu kredit hanya di KreditGoGo.

2. Cicilan Handphone Tanpa Kartu Kredit

Pembelian handphone tanpa kartu kredit bisa dilakukan dengan fasilita kredit dari leasing atau lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan gerai. Keuntungan dan kelemahannya sebagai berikut:

Kelebihan Kelemahan
  1. Persyaratan dokumen lebih sedikit dan mudah, biasanya cukup dengan KTP, slip gaji dan KK.
  2. Proses pengajuan relatif cepat (hari yang sama)
  3. Cukup dengan DP berkisar dari 20% – 30% sudah bisa bawa pulang gadget yang diinginkan.
  4. Gak memerlukan jaminan
  1. Bunga cicilan tinggi dan ditentukan oleh pihak leasing.
  2. Tenor cicilan maksimal hanya 18 bulan paling lama.
  3. Proses kredit bisa tidak disetujui
  4. Jika terjadi kredit macet, pihak leasing berhak mengambil barang yang dicicil.

Apabila membeli handphone tanpa kartu kredit dengan harga Rp4,8 juta, DP Rp500.000, dan bunga cicilan 2.75% – 3.75%. Plafon yang diambil adalah 12 bulan bunga 2.75% per bulan maka untuk cicilan perbulannya adalah

= Rp4.800.000 - Rp 500.000 = Rp4.200.000

= Rp4.200.000 : 12 = Rp350.000

= R 350000 + (2.75% x Rp4.200.000)= Rp465.500/ bulan

Dari perkiraan simulasi di atas, memang terlihat jelas. Mengambil kredit gadget dengan sistem kredit leasing, cicilan perbulannya lebih besar dibanding dengan kartu kredit. Tentunya ini bakal bikin Anda merogoh kocek lebih dalam dibandingkan kartu kredit.

Yang perlu diperhatikan apabila menggunakan kartu kredit adalah jangan sampai telat membayar tagihan karena akan ada sistem bunga yang berlaku. Temukan pilihan kartu kredit yang tepat untuk memaksimalkan pembayaran Anda hanya di KreditGoGo dan raih untung lebih banyak dengan hadiah menarik apabila pengajuan disetujui.

Baca juga: 
Beli Barang Elektronik? Manfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit
Ganti Gadget, Inilah Smartphone Fingerprint Termurah 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama