Liburan Puas ke Garut Tak Sampai Rp 200.000 ? Bisa !

Masih bingung mau ngapain di libur Lebaran kali ini ? Bila belum menentukan pilihan, yuk coba jalan-jalan ke Garut. Di jamin Hemat dan Puas

Apa Garut hanya terkenal dengan penganan dodol serta pertunjukan adu dombanya saja ? Tentu tidak ! Kota ini memiliki berbagai tempat wisata cantik nan indah dan murah meriah, sangat sayang untuk tidak dikunjungi, terutama di masa liburan saat ini.

Situ Bagendit, Garut

Secara geografis, Kabupaten berjuluk Swiss Van Java ini dikelilingi oleh lima gunung yaitu Guntur, Haruman, Kamojang, Papandayan, dan Cikuray. Dengan bentang alam yang menarik Garut menyimpan banyak tempat wisata yang sangat indah

Lebih istimewanya lagi Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berwisata di sana. Sebab, banyak tempat wisata menarik di Garut tidak memungut harga tiket masuk yang mahal, malah cenderung murah dan cocok untuk para backpacker.

Tempat Wisata Murah

Sebagai contoh, Anda bisa datang ke Curug Orok, yaitu wisata air terjun di Cikajang, Garut. Untuk datang ke sana Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang, Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 3.000 pada mobil. 

Harga tersebut sudah agak naik dibanding beberapa tahun lalu yang cuma Rp 3.000. Namun, peningkatan harga ini dinilai sebanding dengan kualitas tempat yang sudah lebih rapi dibanding sebelumnya.

Tempat lain yang layak dikunjungi adalah pemandian Cipanas. Di sana banyak bertebaran tempat wisata berendam di air panas beserta hotel atau penginapan dengan penawaran harga bersaing. Harga tiket yang dipatok rata-rata tidak sampai Rp 25.000/orang.

Bila tidak suka mengunjungi tempat-tempat di atas, Anda juga masih bisa mengunjungi Kawah Kamojang hanya dengan tiket Rp 2.000 (malah sebagian orang menyebutkan gratis), gunung Papandayan, dan lain-lain.

Liburan ala Backpacker Berbiaya Murah

Bila masih belum percaya dengan penawaran liburan menarik tapi hemat di Garut. Mari lihat gambaran pengeluaran dan tempat wisata murah yang bisa dikunjungi. menariknya wisata garut ini dapat Anda nikmati dengan dana terbatas, maksimal Rp 200.000 untuk 1 hari.

1. Berangkat dari Jakarta

Untuk menikmati wisata alam Garut tanpa merogoh kocek yang tebal, mari lihat gambaran pengeluaran dan tempat wisata murah yang bisa dikunjungi hanya dengan dana terbatas maksimal Rp. 200.000 untuk 1 hari

2. Situ Bagendit

Bagi yang tinggal di Jakarta, Anda dapat menggunakan bus Primajasa dari Terminal Lebak Bulus. Mumpung tempat tersebut sedang mengalami pembangunan, Anda harus menunggu bus dari perempatan Pasar Jumat, karena di sana biasanya mereka ngetem.

Bila menggunakan angkutan ini, ongkos yang dibutuhkan adalah Rp 35.000, namun karena sekarang sedang dalam momen Idul Fitri, biasanya harga akan naik sampai Rp 45.000.

3. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang

Mengapa ke sana? Karena Situ Bagendit menawarkan pemandangan indah dengan danau hijau yang membentang berlatar pegunungan. 

Setelah berangkat, mintalah pada kernet bus untuk diturunkan di pertigaan Bagendit. Ketika sudah turun, naiklah angkot berwarna oranye, ongkosnya cukup Rp 4.000. 

Bila sudah, untuk masuk ke Situ Bagendit, harga tiket hanya Rp 3.000 (terkadang gratis kalau datang lebih pagi). Di sana Anda bisa menikmati pemandangan sambil berkeliling danau dengan menaiki rakit bambu, harga yang ditawarkan sekitar Rp 35.000 itu masih bisa ditawar kok.

4. Perjalanan Pulang

Bila sudah puas jalan-jalan di Cangkuang, untuk bisa kembali ke Jakarta, Anda cuma perlu menggunakan delman menuju Alun-Alun Leles ongkosnya pun sama. Tunggulah bis yang sama dengan waktu berangkat di sana (karena jalurnya sama). Untuk masalah ongkos, tidak berbeda kok.

Total Ongkos yang Diperlukan

tips hemat traveling

Jadi, benar kan jalan-jalan ke objek wisata di Garut itu tidak mahal, pengeluaran terbesar hanya terdapat di ongkos dari Jakarta ke Garut saja. Di samping itu, hitung-hitungan ini bersifat kotor dan memakai nilai perkiraan tertinggi loh. Ada kemungkinan biaya masih lebih murah lagi.

Tunggu apa lagi, yuk berkunjung ke Garut, Swiss Van Java !

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama