Jurus Siapkan Dana Saat Mau Liburan

Liburan memang saat yang tepat untuk melupakan sejenak rutinitas berat yang terjadi setiap hari. Namun, kegiatan ini juga membutuhkan ketersediaan dana yang cukup, bila kocek Anda kurang, apa yang harus dilakukan?

infografik tips liburan

Anda gemar nonton film di bioskop? Jika ya, pada bulan Mei sampai Agustus tahun 2014 akan ada banyak film Hollywood menarik yang segera tayang loh.

Setelah Captain America 2, The Raid 2, The Amazing Spiderman 2, dan film lain berhasil menarik perhatian jutaan penonton di Indonesia. Kini bersiaplah untuk menonton film lain yang tidak kalah seru seperti Godzilla 2, X-Men, Transformers 4, Guardian of the Galaxy , dan masih banyak lagi. Patut ditunggu bukan? Tentunya.

Masalahnya, apakah Anda punya kocek yang cukup untuk menyaksikan seluruh film tersebut? Hmm, mulai mikir kan. Jika menilik dari fungsinya, menonton di bioskop termasuk dalam kegiatan liburan.

Banyak pihak menyebut liburan masuk ke dalam kebutuhan primer. Meski persepsi setiap orang berbeda, nyatanya dalam ilmu ekonomi, liburan termasuk dalam kebutuhan tersier atau mewah.

Namun apapun pendapatnya, liburan tetap berfungsi untuk memenuhi kebutuhan akan rasa senang serta menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Jika ingin tetap liburan, tentunya harus dipikirkan mengenai ketersediaan dananya. Mana mungkin Anda mau pelesir dengan perasaan cenat cenut karena tidak punya uang di dompet. Karena itu, diperlukan strategi khusus agar bisa tetap jalan-jalan seperti nonton bioskop tanpa harus pusing memikirkan isi kantong.

Nah, ada beberapa tips agar Anda bisa liburan anti keliyengan memikirkan uang :

1. Tentukan jadwal dan tujuan liburan

Sebagai langkah awal, buatlah liburan yang terencana dengan cara menetapkan jadwal dan tujuan liburan. Sebagai contoh, bagi anda yang seorang moviefreaks, biasanya tahu kapan jadwal rilis film bagus di bioskop. Catat waktu tayang film-film tersebut, terutama yang ingin ditonton, dan tentukan tempatnya. Sebagai saran, cari bioskop yang masih menawarkan tiket cukup murah, seperti Hollywood XXI, Kuningan City, Blok M Plaza, dan lainnya.

2. Menabunglah!

Cara lama, tapi tetap menjadi yang paling penting dalam menyiapkan uang. Bila ingin liburan berbiaya besar, siap-siaplah mengurangi kebutuhan lain agar rencana tersebut bisa berjalan dengan baik. Ingat, liburan bukan hanya mengenai jalan-jalan, tetapi juga meliputi transportasi, akomodasi, bahkan oleh-oleh yang membutuhkan pengeluaran lebih.

Liburan di Pantai

3. Cari promo

Rajin-rajinlah mencari promo-promo wisata, seperti hotel, restoran, maupun tiket pesawat murah. Banyak cara untuk menemukannya, salah satunya dengan membuka situs-situs internet yang menawarkan berbagai diskon liburan seperti disdus.com dan livingsocial.co.id. Di situs-situs tersebut, banyak ditawarkan berbagai promo mulai dari hotel, tempat wisata, restoran, hingga perawatan tubuh.

Bila ada penawaran yang membuat Anda tertarik, ambilah. Sebab liburan tidak perlu mahal kan?

4. Cari alternatif

Nah, bagaimana jika Anda tetap tidak memiliki dana cukup untuk liburan? Tenang saja. Cobalah cari alternatif liburan lain yang tidak menguras banyak uang. Seperti bermain ke rumah sanak saudara, maupun jajan makanan murah meriah seperti bakso yang biasanya banyak berseliweran di sekitar tempat tinggal.

Jadi, jangan paksakan kegiatan liburan jika membutuhkan dana besar. Masih banyak jenis liburan yang tidak membutuhkan banyak pengeluaran. Apapun jenis liburannya, yang penting membuat Anda menjadi rileks dan senang untuk melupakan sejenak rutinitas.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama