Budget Gym: Asupan Gizi dengan Harga Kurang dari 50.000

Anda pria yang rutin datang ke gym? Jika iya, pasti Anda mencari olahan nutrisi atau asupan gizi seperti apa sih yang bisa dibeli kurang dari 50.000 per hari? Kita lihat, apa saja itu.

  1. pesan putih telur saja
  2. dada ayam dan sayur
  3. nasi merah seharga Rp.12ribu

Sebagai karyawan kantoran, masalah terbesar adalah pergerakan tubuh yang kurang. Kurang banyak bergerak. Kurang banyak berolahraga. Sampai kemudian, penyakit serius seperti jantung, kolesterol, dan stroke bisa menyerang kapan saja. Untuk alasan itulah sebagian besar karyawan kantoran menginvestasikan kesehatannya di pusat kebugaran. Di tempat kebugaran yang berbagai jenis itulah mereka melakukan olah fisik kebugaran. Dari jalan santai di treadmill sampai angkat beban (weightlifting) untuk menonjolkan otot agar kuat menghadapi hari-hari berat di kantor.

Memiliki tubuh yang sehat, badan ideal, ditambah vitalitas yang prima, tentunya adalah impian dari semua pria. Dengan tubuh yag sehat dan ideal, seorang pria tentunya dapat tampil lebih optimal dalam menghadapi rutinitas kantor. Untuk hal plus, seiring dengan vitalitas yang meningkat, tentunya berolahraga secara rutin dapat meningkatkan stamina pria di atas ranjang. Istri juga senang, tentunya.

Aktivitas berolahraga sebenarnya bebas dilakukan oleh siapa saja. Bisa mereka yang bekerja di depan komputer atau pun mereka yang sibuk di lapangan. Bisa karyawan perbankan. Bisa pegawai negeri sipil. Olahraga juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Namun gerakannya disesuaikan dengan usia si ibu rumah tangga. Intinya, kita sebagai manusia sama-sama membutuhkan kualitas tubuh ideal yang juga sehat.

Contohnya adalah olahraga fitnes. Ada sebagian orang yang bilang fitnes di pusat kebugaran terbilang cukup mahal. Ada juga yang bilang masih cukup murah. Itu relatif. Satu yang penting adalah mengatur keuangan Anda untuk hal berolahraga itu. Sebenarnya ada 3 (tiga) hal yang mempengaruhi pengeluaran seseorang untuk olahraga fitnes di pusat kebugaran.

  • Latihan (bergabung sebagai member pusat kebugaran)
  • Kelengkapan nutrisi (diet/non-diet (bangun massa otot)
  • Kelengkapan suplemen (diharapkan bisa dipenuhi sesuai kondisi keuangan)

Pertanyaan yang sampai sekarang masih hinggap di benak masyarakat adalah, bagaimana memiliki tubuh yang sehat, serta ideal, namun tetap sesuai anggaran( low-budget)? Pertama, sebelum Anda bergabung di sebuah pusat kebugaran dan memulai aktivitas nge-gym, pertimbangkanlah terlebih dahulu secara detil biaya pengeluaran selama sebulan: cukup aman atau memberatkan? Jika kondisi keuangan cukup ‘aman’, Anda bisa lanjutkan untuk latihan di tempat favorit. Jika keuangan memberatkan, jangan paksakan.

Satu hal lainnya yang mesti diperhatikan adalah pastikan Anda benar-benar niat untuk berolahraga di pusat kebugaran. Sebab jika niat dan motivasi Anda sudah hilang, biasanya orang akan dengan mudah terserang penyakit kebosanan serta kegagalan dalam mencapai tujuan fitnes yang ingin dicapai. Jika sudah begitu, cobalah untuk berolahraga yang lumayan gratis, misalnya lari pagi keliling kompleks perumahan.


telur rebus

Pesan Telur Putihnya Saja

Opini yang terbentuk di benak masyarakat mengenai olahraga fitnes adalah keharusan untuk memenuhi kebutuhan protein yang cukup. Kemudian, tidak sedikit yang menyarankan untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut dari jenis daging-dagingan (protein hewan), sehingga tampak menunjukkan bahwa olahraga macam ini menjadi tidak murah.

Dari semua protein hewani yang ada, hanya telur yang sekiranya masih dalam tarif ekonomis yang tidak memberatkan kantong jika dikonsumsi secara intens. Bagi mereka yang sering ke gym, tentu sangat paham bahwa yang dikonsumsi adalah telur putihnya saja. Bagian putih telur mengandung protein lebih tinggi dibanding kuning telur yang cenderung mengandung lemak.

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi telur, cobalah memesan telur dengan mendatangi atau memesan putih telur ke sentra produksi kue atau roti, serta para penjual jamu. Umumnya, sentra produksi kue atau roti menjual telurnya secara murah. Produksi roti hanya memanfaatkan kuning telur untuk bahan pembuatan roti, sedang penjual jamu membutuhkan kuning telur hanya sebagai campuran jamu. Harga untuk biasanya bervariasi. Di sentra produksi roti harga untuk putih telur saja bisa Rp 2.000 – Rp 3.000 per kilogram.


steik ayam dan sayur salad

Dada Ayam dan Sayuran

Dada ayam diketahui tidak mengandung lemak dan hanya berisikan daging dengan tingkat protein tinggi. Jika Anda ingin membeli dada ayam, usahakanlah membeli dada ayam bakar. Dengan kisaran lebih-kurang Rp 20.000 – Rp 30.000, ditambah dengan latihan yang intens, Anda bisa mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Makanlah dada ayam dengan mencampurkan sayuran tanpa nasi atau kentang. Keduanya baik untuk daya tahan tubuh. Tapi ingat, jangan sekali-kali tergiur untuk memakan kulit ayam tersebut.

Di beberapa wilayah Jakarta bisa saja harga tersebut di atas Rp 30.000 untuk satu ekor ayam bakar. Tapi coba negosiasi untuk bisa membeli bagian dada ayamnya saja. Mungkin si penjual bisa memberi harga murah. Jika ada sisa uang, coba beli sayuran yang hanya memenuhi kebutuhan porsi Anda. Jangan banyak membeli sayuran.


nasi merah

Nasi Merah seharga Rp 12.500

Nah, kalau masih ingin tetap diet dan mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi beras merah. Bagi Anda yang belum tahu, nasi merah adalah bagian dari rumpun padi dengan tingkat serat yang lebih tinggi. Selain itu juga beras merah memiliki karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Dengan kadar glikemik yang rendah, beras baik bagi Anda dalam mengontrol kadar gula dalam darah dan produksi insulin dalam tubuh.

Harga beras merah di pasaran cukup bervariatif. Mulai dari harga Rp 10.000 per kilogram, Rp 12.500, Rp 15.000, sampai Rp 45.000. Jika Anda tidak benar-benar diet ketat, beras merah dengan harga termurah sebenarnya bisa dicampur dengan beras putih. Komposisi skalanya adalah 1 takar beras merah dicampur dengan 2-3 takar beras putih. Itu pun sudah sangat hemat, sehingga Anda tidak perlu murni konsumsi beras merah saja. Belillah beras murah termurah dengan Rp 12.500 per kilogram. Itu sudah cukup untuk konsumsi Anda per bulan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama