Aktivitas Akhir Pekan Hemat Bersama Anak

Ingin melakukan aktivitas akhir pekan yang menyenangkan bersama anak? Tenang! Meski anggaran terbatas, Anda tetap dapat bersenang-senang tanpa menguras dompet.

Pergi ke mal di akhir pekan butuh biaya yang tidak sedikit. Kami bertanya ke beberapa ibu di kantor KreditGoGo. Berapa minimal uang yang dibelanjakan saat akhir pekan?

Sebagian besar menjawab bahwa mereka menghabiskan minimal Rp300 ribu untuk biaya senang-senang di hari Sabtu atau Minggu, hanya untuk transport dan makan. Belum termasuk pengeluaran beli barang saat si kecil merengek ini dan itu. 

Hal ini mungkin tak jadi masalah di awal bulan, saat gaji masih banyak-banyaknya. Namun, bagamana jika terjadi di pertengahan atau akhir bulan? 

Ketika anggaran belanja sudah menipis, apa masih bisa mengajak sang buat hati menikmati akhir pekan?

Familiy Time

Kami punya beberapa ide aktivitas bermain bersama anak yang dapat dilakukan saat akhir pekan. Jangan khawatir, ide-ide ini tidak akan menguras isi dompet Anda kok! 

# Berjalan-Jalan di Taman

Sekarang, di kota-kota besar, pemerintah sedang giat menggerakkan program taman kota. Ada banyak taman umum atau ruang terbuka hijau untuk para keluarga menghabiskan waktu bersama.

Mengajak anak ke taman juga merupakan cara yang baik untuk mengalihkan perhatian anak dari layar ipad atau smartphone lainnya. Rasa kagum pada alam diharapkan menimbukan rasa ingin tahu seorang anak untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi.

Berjalan-Jalan di Taman

Jika sulit meyakinkan anak bahwa pergi ke taman bisa jadi menyenangkan, maka Anda dapat memberikan "sogokan" untuk membujuk. Misalnya membawa keranjang piknik yang berisi cemilan favorit atau mengajak teman-teman anak Anda untuk ikut bermain. 

Salah satu lokasi jalan-jalan yang menyenangkan adalah Kebun Raya Bogor. Terdapat banyak jenis spesies tumbuhan pemakan manusia, sehingga si anak dapat belajar secara langsung mengenal beragam tumbuh-tumbuhan yang ada di bumi.

#Bermain Layang-Layang

Bermain Layang-Layang

Jika berjalan-jalan di danau atau ruang terbuka hijau tidak cukup menarik bagi seorang anak, maka coba bujuk dengan menggunakan layang-layang. Kegiatan ini dapat mengakrabkan hubungan antar keluarga. 

Untuk membuatnya jadi lebih menyenangkan, Anda dapat bersama-sama membuat layang-layang terlebih dahulu. 

# Membuat Proyek Do-It-Yourself (DIY)

Membuat Proyek Do-It-Yourself (DIY)

Libatkan anak dalam sebuah proyek DIY, baik itu membuat kerajinan tangan, seperti layang-layang, scrapbooking, atau bahkan membuat video sendiri. 

Sediakan kertas dan tongkat seperti bambu atau sapu lidi kemudian mulailah proyek pembuatan prakarya. Tentu saja apapun hasilnya biaya akan lebih murah dari pada membeli di toko

Proyek lain yang dapat dikerjakan bersama anak adalah membuat sebuah film pendek. Tak perlu kamera canggih untuk melakukannya. Cukup dengan perangkat smartphone juga bisa. Gunakan software gratis untuk menjadikannya sebuah karya yang istimewa.

Membuat proyek DIY bisa mendorong anak untuk lebih mengeksplorasi kemampuan. Anda pun bisa menemukan minat dan bakat anak dalam sebuah proyek kreatif .

# Membaca Buku

Membaca Buku

Membaca buku dapat menumbuhkan imajinasi anak, dengan mendorong mereka untuk menyelidiki banyak kata-kata yang ditemukan dalam buku-buku. 

Ajaklah sang buah hati ke perpustakaan di pusat kota dan habiskan waktu seharian untuk membaca disana. Pilih buku yang sesuai minat anak. Jangan paksakan topik tertentu ke anak agar hasilnya maksimal. 

Nah, ternyata melakukan aktivitas yang menyenangkan bukanlah hal yang mustahil meski anggaran terbatas! Jadi, apa rencana Anda akhir pekan ini? 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama