6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Beli mobil baru atau bekas ya? Jika tidak punya dana lebih, pilih saja mobil bekas. Di sini, kami punya tips bagaimana memilih mobil bekas berkualitas.

Tidak punya dana lebih untuk beli mobil baru? Tidak masalah! Anda bisa memilih mobil bekas sebagai gantinya. Namun, namanya barang bekas, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilihnya. Perlu ketelitian dan (setidaknya) pengetahuan tentang seluk beluk mobil. Kalau tidak, bisa-bisa Anda tertipu oleh sang penjual mobil bekas. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih mobil bekas yang berkualitas.

Jangan Tergiur Harga Murah

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Sebab, kini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan iming-iming harga murah. Bisa saja harga murah menjadi alasan karena kondisi mobilnya bobrok. Maka, pastikanlah Anda mengecek harga standar di pasaran terlebih dahulu. Contohnya, mobil BMW baru memiliki harga cukup tinggi untuk beberapa tipe, yakni 800juta hingga 1 milyar, sedangkan mobil BMW bekas harganya bisa turun drastis dari harga normal tersebut. Hal tersebut patut Anda waspadai. Karena jika benar-benar mendapatkan yang rusak, perawatan mobil BMW pun mahal. 

Jangan Tergesa-Gesa

Tentu tidak mudah mendapatkan mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Anda harus telaten mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil bekas yang ingin Anda beli. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, barulah Anda bandingkan baik dari sisi harga maupun kondisinya. Sebaiknya, Anda juga perlu bersabar hingga akhir tahun. Karena setiap menjelang akhir tahun, rata-rata produsen mobil bakal mengeluarkan generasi terbaru. Belilah mobil bekas saat bulan Oktober hingga Desember. 

Pilihlah Tempat yang Terpercaya

Belilah di tempat penjualan yang bisa dipercaya dan sudah memiliki nama. Tempat yang bisa dipercaya biasanya berani memberikan jaminan kepada pembeli. Tempat yang sudah memiliki nama pun akan berusaha menjaga nama baiknya, sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Mereka juga tidak sembarangan menyuplai mobil untuk dijual.

Cek Keseluruhan Kondisi Mobil

Lakukanlah pemeriksaan kondisi fisik kendaraan secara menyeluruh. Untuk bodi, cek mulai dari bagian dalam hingga luar mobil. Sedangkan untuk mesin, dibutuhkan kemampuan teknik mesin yang mumpuni. Sebaiknya, Anda mengajak seorang montir. 

Selain itu, periksa juga dokumen-dokumen mobil. Jangan sampai Anda mendapatkan mobil bodong alias palsu. Sebaiknya, Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB dan surat-surat lainnya. Bila perlu, Anda bisa fotokopi dokumen tersebut dan mengeceknya di Polda terdekat.

Test Drive

Untuk mengetahui dan merasakan kondisi mobil, tidak ada salahnya Anda meminjam mobil tersebut untuk dikendarai beberapa kilometer. Jika Anda merasa kurang atau tidak enak, maka lebih baik ditinggalkan saja. Dalam tahapan ini, Anda sebaiknya juga tetap mengajak montir. 

Tunai atau Kredit?

Setelah memantapkan diri untuk membeli mobil bekas, langkah selanjutnya adalah menentukkan pembayaran tunai atau kredit. Bila Anda memiliki dana yang cukup dan sesuai dengan harga mobil, lebih baik membelinya secara tunai. Namun jika Anda memilih kredit, usahakan memilih kredit mobil dengan uang muka yang besar dan jangka waktu kredit (tenor) yang pendek, yakni maksimal cicilan 3 tahun.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • mucek

    cukup memberikan keterangan yg sngt bermanfaat untuk yg baru coba cari mobil bekas mksh

    Reply