6 Tips Aman Belanja Online

Kendati belanja online menawarkan kemudahan dan kepraktisan, namun Anda patut waspada terhadap oknum nakal yang memanfaatkan layanan ini. Berikut adalah tips amannya.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, tren belanja online pun kian menjamur. Tren ini tentu memberi kemudahan bagi masyarakat. Bila dulu orang harus datang langsung ke toko untuk membeli barang, kini hanya tinggal sekali ‘klik’ melalui PC atau smartphone, Anda sudah bisa membelinya.

Berkembangnya tren belanja online ini diikuti pula dengan menjamurnya toko online. Bahkan, tidak sedikit pula toko offline kini memperluas pasar ke dunia online.

Meski berbelanja online menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman, mudah, dan praktis, namun konsumen harus tetap teliti. Hal ini dikarenakan ada beberapa oknum nakal yang ternyata memanfaatkan layanan ini untuk keuntungan pribadi.

Jika terjebak perangkap oknum tak bertanggung jawab, bukannya mendapatkan barang idaman, malah seperti membagikan uang secara cuma-cuma. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, simak tips aman belanja online berikut ini.

1. Pastikan Situs Belanja Online Aman

Ketika berbelanja online, kartu adalah jenis pembayaran yang paling banyak digunakan. Dalam hal ini, jika transaksi menggunakan kartu kredit, harus diingat bahwa kartu kredit bersifat statis. Artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali Anda menutup dan membuka akun baru.

Hal ini perlu diperhatikan. Sebab, begitu informasi akun tersebut bocor secara online, besar kemungkinan bisa disalahgunakan oknum tidak bertanggung jawab.

Seperti kasus yang menimpa seorang pemuda bernama Tri Kurniawan Darmoko. Ia harus merugi jutaan rupiah akibat transaksi online yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab.

Untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi kartu, terdapat beberapa cara, salah satunya adalah dengan memastikan situs jual-beli online tersebut termasuk laman aman. Amatilah dengan cara mencari icon gembok kecil pada pojok kiri atas URL bar.

Atau bisa juga memastikan keamanan sebuah situs dari tambahan huruf “s” pada alamat URL. Sebuah situs aman akan diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure).

2. Teliti Laman Sebelum Belanja

Pastikan Anda mengenal situs belanja online tersebut. Kalaupun ingin melakukan pembelian dari situs masih asing, pastikan melakukan penelitian kecil mengenai latar belakang situs online tersebut.

Biasanya, sebuah toko online tepercaya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon. Anda dapat menghubungi nomor tersebut untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.

Baca juga: Cara dan Ketentuan Pengembalian Barang di 3 Toko Online

3. Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

Jika ada tawaran barang dengan harga murah yang berasal dari email, jangan mudah tergoda. Apalagi jika tawaran tersebut meminta ID dan password. Biasanya, ini perbuatan spammer.

Berhati-hatilah, karena spammer juga bisa merayu. Ia mengirim email seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs perusahaan baik-baik tersebut dan langsung belanja dari sana. Jangan melalui email atau jendela pop-up.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya diminta untuk mengisi beberapa data umum seperti nama dan alamat. Terkadang, sebuah toko online juga akan berusaha mendapatkan informasi lebih seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan.

Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menemukan seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko online lain.

5. Simpan Password dengan Baik

Kebanyakan toko online mengharuskan setiap konsumen untuk login sebelum melakukan transaksi. Login dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

6. Simpan Salinan Pesanan

Saat order barang melalui situs belanja online, biasanyaakan mendapatkan konfirmasi berupa informasi mengenai detail transaksi, mulai dari harga hingga syarat pengembalian.

Simpanlah berkas ini hingga barang sampai di tangan. Jika terjadi sesuatu dengan pesanan, maka dapat meminta pertanggungjawaban.

Itulah beberapa tips aman belanja online. Jika dilakukan dengan teliti, belanja online pun menjadi aman dan nyaman karena terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab.

Baca juga: 5 Trik Berhemat Saat Belanja Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama