5 Bisnis Menjanjikan Di Akhir Tahun

Anda dapat memanfaatkan momen akhir tahun untuk memperoleh keuntungan yang besar dengan berbisnis. Bisnis apa saja yang menjanjikan di akhir tahun?

peluang bisnis

Ketika momen akhir tahun menjelang banyak orang menikmati kemeriahan tutup tahun dengan beragam cara yang meriah. Akhir tahun juga bisa menjadi salah satu momen untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis.

Jika Anda jeli melihat peluang saat moment akhir tahun banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan. Kira-kira bisnis apa saja yang dapat dilakukan menjelang akhir tahun? berikut ini adalah 5 jenis bisnis yang manjanjikan ketika akhir tahun.

1. Bisnis Terompet

bisnis tahun baru

Terompet merupakan barang yang harus ada ketika malam pergantian tahun. Bunyi-bunyi terompet akan menambah kemeriahan ketika momen pergantian tahun. Karena itulah bisnis terompet menjadi bisnis musiman yang menguntungkan dari tahun ke tahun. Selain itu modalnya tidak terlalu besar dan mudah dijalankan.

Sehingga banyak pelaku usaha yang banting setir dengan berjualan terompet ketika moment akhir tahun tiba. Seperti pedagang mainan ataupun tukang parker, ketika bulan desember tiba beralih berjualan terompet karena menjanjikan keuntungan yang besar. Dengan berbagai kreasi dan inovasi, perajin bisa meraup omzet hingga Rp20 juta sebulan.

Saat ini bentuk terompet begitu beragam dan bervariasi, tidak hanya berbentuk kerucut saja tetapi divariasikan dengan bentuk lain seperti naga. Untuk harganya pun berbeda-beda dari yang termurah hanya Rp 5 ribu sampai dengan ratusan ribu.

2. Bisnis Kembang Api

Bisnis Kembang Api

Sama dengan terompet, kembang api selalu ada ketika malam pergantian tahun. semua orang menyalakan kembang api dan petasan untuk menambah kemeriahan ketika detik-detik pergantian tahun. Banyak pedagang kaki lima yang beralih berjualan kembang api, dengan memanfaatkan momen tersebut mereka akan mendapat untung yang banyak.

Jika ingin bisnis kembang api Anda hanya membutuhkan supplier yang dipercaya dan memberikan harga paling murah. Harga satuan kembang api mulai dari hari pertama dagangan hingga tanggal 31 Desember 2015 nanti bisa naik 25%. 

Jenis kembang api yang dijajakan bermacam-macam, tergantung berapa inch diameter kembang api dan dentuman yang dihasilkan. Yang paling besar dengan diameter 1,9 inch dan bunyinya 8x dentuman dipatok harga Rp 95 ribu.

3. Bisnis Rental Kendaraan

Bisnis Rental Kendaraan

Akhir tahun dipenuhi dengan liburan panjang, kebanyakan orang akan berjalan-jalan ke tempat wisata bersama keluarga. Bisnis rental kendaraan akan meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan transportasi untuk menuju tempat wisata.

Hal ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang memiliki kendaraan lebih. Daripada dibiarkan menganggur dirumah bisa jadi ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Kebanyakan mobil yang disewa jenis multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Panther. 

Untuk per hari penyewa akan dikenakan biaya sebesar Rp 400 ribu untuk jenis mobil family car, kalau yang jenis minibus Rp 800 ribuan per hari.

4. Bisnis Parcel

 Bisnis Parcel

Ide bisnis yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba adalah bisnis pengiriman dan pengemasan parcel. Ketika akhir tahun nanti akan banyak orang yang memesan parcel untuk dihantarkan kepada keluarga, rekan, dan teman sehingga membuat bisnis ini cukup menjanjikan.

Parcel yang dibuat sangat beragam mulai dari makanan kecil, buah, peralatan rumah dan lain-lain. Harganya pun beragam tergantung dengan jenis dan seberapa banyak isi parcelnya. Untuk ukuran kecil harganya dimulai dari ratusan ribu dan yang paling besar bisa jutaan.

5. Bisnis Pengiriman Barang

Bisnis ekspedisi

Meski saat ini zaman sudah maju dan kalender sudah tersaji dalam bentuk digital tetapi kalender fisik tidak tergantikan. Masih banyak beberapa orang yang membutuhkan kalender fisik baik untuk dirumah, kantor, sekolah dan tempat lainnya.

Bisnis percetakan yang mencetak kalender akan mengalami peningkatan permintaan setiap jelang pergantian tahun. Seperti perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan momen akhir tahun sebagai ajang promosi dengan membagi-bagikan kalender tahun baru.

Jadi manakah yang menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis menjelang akhir tahun nanti? Semoga kelima ide bisnis diatas dapat menjadi rekomendasi.

Baca juga: Meraup Untung Lewat Bisnis Musiman

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama