5 Alasan Mengapa Anda Harus Gunakan Travel Agent

Travel agent atau agen perjalanan masih menjadi pilihan bagi banyak orang yang menginginkan perjalanannya direncanakan sedemikian rupa agar lebih sesuai dan maksimal.

Semua orang tentu perlu berlibur. Apalagi kini, berbagai penawaran tiket murah dan fasilitas memadai bisa diraih dengan mudah. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang menganggap mengatur perjalanan sendiri lebih mudah dan aman.

Namun bagi sebagian orang, mempercayakan travel agent untuk mengatur perjalanan juga dianggap penting. Karena dengan banyaknya tawaran jenis serta tingkatan tarif transportasi dan akomodasi, merencanakan perjalanan kerap membuat pusing dan memakan banyak waktu.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu menggunakan travel agent untuk mengatur perjalanannya, terutama dapat menghemat waktu dan uang. Inilah 5 alasan mengapa sebaiknya Anda tetap memercayakan pengaturan perjalanan kepada sebuah travel agent.

1. Mendapat Pelayanan Spesial

Hal pertama yang tentu diberikan oleh travel agent adalah pelayanan spesial. Travel agent tidak sekadar menjual tiket pesawat dan penginapan, tetapi juga bisa memberikan konsultasi tentang destinasi dan hal lainnya mengenai perjalanan.

Misalnya, seseorang ingin membeli tiket pesawat ke Asia, namun ia harus singgah di beberapa destinasi. Tentu bisa saja membeli langsung secara online. Namun dengan berkonsultasi ke travel agent, pihak travel agent dapat mengusulkan rute-rute yang sebaiknya diambil.

Selain itu, travel agent juga bisa membantu membandingkan maskapai penerbangan. Misalnya, apa saja perbedaan maskapai satu dengan maskapai lainnya, lalu mana yang paling cocok dengan kebutuhan pelanggan.

Sehingga, ada pelayanan lebih bagi pelanggan mengenai keseluruhan perjalanan itu sendiri, terlepas yang dibeli hanyalah tiket pesawat atau penginapan.

Pelanggan akan dibantu dalam memilih yang terbaik sesuai kebutuhan dengan harga terbaik. Ini juga bisa lebih menghemat uang dan waktu.

2. Konsultasi Mengenai Tempat Tujuan

Karena tergiur harga tiket murah, orang seringkali membelinya secara impulsif. Namun hal tersebut tidak dibekali dengan pengetahuan akan ke mana saja di tempat tujuan tersebut. Jika kurang informasi, bisa-bisa saat tiba di tempat tujuan tersebut, Anda malah akan lebih boros.

Dengan menggunakan travel agent, mereka akan memberikan rekomendasi kepada pelanggan misalnya apa saja tujuan ketika tiba di sana, berapa lama, serta berapa biaya yang diperlukan. Setiap orang akan berbeda-beda rekomendasi, karena kebutuhannya pun berbeda.

Baca juga: Wisata ke Yogyakarta dan Lombok dengan Anggaran Dibawah Rp 2 Juta

3. Membantu Jika Perjalanan Dibatalkan

Saat akan melakukan perjalanan, terkadang terjadi kondisi tidak memungkinan yang berakibat harus membatalkan perjalanan. Biasanya, tiket dan hotel yang sudah terbeli pun hangus. Uang pun tak bisa dikembalikan.

Untuk beberapa kondisi, jika membeli di travel agent, tiket pesawat dan hotel bisa diundur atau uang dikembalikan.

Biasanya jika uang dikembalikan, akan ada biaya pembatalan. Atau bisa memilih opsi lain yakni penggantian jadwal perjalanan. Hal ini tidak berlaku apabila pelanggan membeli tiket promo.

4. Harga Penginapan Lebih Murah

Biasanya, travel agent sudah memiliki supplier tersendiri untuk penginapan. Supplier tersebut biasanya sudah "membeli" kamar hotel dalam jumlah besar sehingga mendapatkan harga lebih murah daripada harga umumnya.

Sehingga, pelanggan yang memesan penginapan di travel agent biasanya akan mendapatkan harga kamar lebih murah. Selain itu, jika pelanggan tiba-tiba mengubah jadwal penginapan, maka travel agent bisa membantu misalnya mengganti jadwal.

5. Bepergian Bersama-Sama Jadi Lebih Murah

Liburan bersama teman-teman, keluarga, atau orang terkasih pastinya lebih menyenangkan. Nah, travel agent biasanya menyediakan paket tur all-in.

Dengan paket ini, Anda dan rombongan sudah mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi. Tentu harganya lebih murah dibandingkan jalan sendiri.

Jika berniat liburan bersama-sama dalamsatu rombongan, maka travel agent bisa membantu Anda untuk mendapatkan harga perjalanan terbaik.

Selain itu, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus memastikan bahwa travel agent tersebut merupakan profesional dan kompeten. Jika tidak, Anda bisa saja tertipu, entah bayar lebih mahal atau tidak mendapat kenyamanan selama perjalanan.

Baca juga: Ini Dia, Fakta dan Mitos Agen Perjalanan Lebih Mahal

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama