5 Film Memotivasi Anda untuk Jadi Pengusaha Sukses

Selain sebagai hiburan, film juga bisa dijadikan motivasi. Nah, 5 film berikut ini sangat layak ditonton karena akan memberikan Anda segudang kunci bagaimana menjadi pengusaha sukses!

Menjadi seorang wirausaha tentu tidaklah mudah. Berbagai hambatan pasti akan ditemui di setiap jalannya. Misalnya akan ada para pesaing, orang-orang yang mencemooh, hingga kekurangan modal. Sederet alasan tersebut kerap menjadi ‘bumbu’ dalam berwirausaha.

Ketika sudah menjadi seorang pengusaha, terkadang ada saat dimana Anda sedang dalam keadaan buruk ataupun sedang dalam kondisi tidak baik. Kalau sudah begitu, istirahatlah sejenak dan carilah beberapa inspirasi yang bisa memotivasi Anda.

Motivasi bisnis tidak hanya didapatkan dari seminar atau buku. Sebab, deretan film berikut ini bakal memberikan Anda motivasi serta kunci-kunci sukses dalam berwirausaha. Yuk, langsung saja simak!

The Billionaire

Film yang rilis tahun 2011 ini mengisahkan seorang penemu camilan rumput laut Tao Kae Noi bernama Top Ittipat. Pengusaha muda asal Thailand ini menjadi pengusaha muda terkaya di Thailand di usia ke 26 tahun.

Ia adalah seorang maniak game online yang kemudian dihadapkan dengan masalah ekonomi keluarga. Keadaan ini mengharuskannya bekerja dan berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari menjual game online, DVD player, kacang, hingga akhirnya ia sukses menjual rumput laut.

Top berhasil menjalankan usaha camilan rumput laut ini dengan 2.000 karyawan dan berpenghasilan hingga Rp 2,4 triliun setiap tahunnya.

Sebelum sukses menjadi pengusaha camilan rumput laut, ia pun sudah mampu menghasilkan uang sendiri melalui hobinya yakni game online, dengan menjual item senjata dan mampu membeli sebuah mobil.

Pelajaran berharga dari film ini adalah prinsip “Do with passion, or not at all”. The Billionaire sangat wajib ditonton bagi para calon pengusaha sukses sebagai inspirasi dan motivasi.

The Pursuit of Happyness

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata seorang jutawan bernama Chris Gardner. Mulanya, ia adalah seorang gelandangan. Dari kisahnya, dibuatlah film berjudul The Pursuit of Happyness pada tahun 2006.

Will Smith sebagai aktor yang memainkan peran utama ditemani oleh anaknya sendiri yakni Jaden Smith. Film ini adalah salah satu film paling mengharukan dan bisa memotivasi siapa saja yang menontonnya, termasuk pengusaha.

Dalam film tersebut, meskipun ia menjadi tunawisma, Chris tidak pernah menyerah. Kegigihannya dalam berjuang dan terus berjalan bahkan berlari untuk mewujudkan mimpinya, yaitu mempunyai kehidupan layak untuk anaknya.

Chris tidak pernah menyerah pada mimpinya. Semangat, perjuangan, dan pengorbanannya perlu dicontoh dan diaplikasikan dalam kehidupan Anda sebagai pengusaha.

Baca juga: 7 Aktor Hollywood dengan Bayaran Termahal

The Aviator

Film ini berdasarkan kisah nyata seorang perintis penerbangan bernama Howard Hughes. The Aviator bercerita mengenai kehidupan Howard Hughes yang merupakan seorang miliarder dan pengusaha sukses di bidang penerbangan. Film tahun 2004 ini dibintangi oleh aktor kawakan Leonardo Dicaprio.

Howard Hughes adalah seorang pelopor penerbangan yang membantu membangun Trans World Airlines (TWA), sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat, menjadi perusahaan penerbangan besar. Namun secara pribadi, ia mengalami masalah tidak stabil akibat menderita gangguan obsessive-compulsive.

Pelajaran berharga dari film ini adalah bekerja keras hingga titik darah penghabisan. Dalam menjalankan usahanya, Howard Hughes berani mengambil tindakan-tindakan agar ia bisa mendapatkan hasil sempurna.

Chef

Berkisah tentang seorang koki bernama Carl Casper. Ia merupakan kepala koki yang dipecat setelah video pertengkarannya dengan seorang kritikus makanan menyebar di media sosial. Saat itulah ia memutuskan untuk membangun usaha food truck dan menyalakan kembali semangat untuk memasak.

Film ini mengisahkan tentang perjuangan Carl Casper dalam membangun usahanya. Ada beberapa plot menggambarkan betapa sulitnya untuk mendapatkan dana dan memulai sebuah usaha. Selain itu, Chef juga menggambarkan bagaimana peran media sosial yang begitu kuat dalam lanskap bisnis saat ini.

Chef dikemas secara apik dan juga menyentuh salah satu alasan paling kuat mengapa orang memulai bisnis mereka sendiri, yaitu keinginan untuk menjadi bos bagi diri sendiri. Film tahun 2014 ini dibintangi sekaligus disutradarai oleh Jon Favreau.

Pirates of Silicon Valley

Film tahun 1999 ini bercerita tentang bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs dalam membangun bisnisnya. Film bergaya dokumenter ini mengambil kisah kehidupan pendiri Microsoft dan Apple. Dimana, persaingan sangatlah keras dan memang harus membutuhkan mental kuat dalam menjalankan dan membangun sebuah jaringan bisnis.

Kesuksesan berawal dari ide-ide cemerlang dan Anda harus berusaha menuangkan ide-ide tersebut dalam bisnis bagaimanapun caranya. Karena hal ini dirasa sangat penting. Sosok Steve Jobs dan Bill Gates bisa menjadi inspirasi bagi para pengusaha.

Itulah sederet film yang bisa menginspirasi serta memotivasi Anda untuk menjadi pengusaha sukses. Atau Anda punya rekomendasi film lainnya? Yuk, bagikan di kolom komentar.

Baca juga: 4 Film Hollywood Memberikan Pelajaran Keuangan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama