4 Meme yang Menghasilkan Uang Ratusan Juta

Apakah Anda masih ingat foto guyonan tentang H. Lulung baru-baru ini? Selain berupa lelucon, ternyata foto seperti itu bisa menghasilkan uang juga lho!

Pernahkah Anda melihat beberapa foto orang maupun hewan yang ditambahi dengan berbagai tulisan hadir di berbagai media? Biasanya tulisan yang tertera di dalamnya berupa lelucon ataupun sindiran terhadap beberapa isu yang sedang tren pada saat itu. Nah, foto-foto yang berisi berbagai tulisan lucu tersebut dikenal dengan istilah meme.

Apa Itu Meme?

Istilah meme digunakan untuk menyebut foto karakter yang berisi berbagai tulisan di dalamnya. Tak hanya berupa foto biasa, meme pun bisa berupa gambar bergerak dan juga video.

Gambar dan juga video tersebut dipakai sebagai alat untuk mengekspresikan suatu hal yang sedang menjadi tren. Selain itu, gambar dan video tersebut juga digunakan untuk mengenang kembali suatu kejadian yang pernah terjadi sebelumnya dengan mengaitkannya pada gambar dan tulisan yang dimuat saat itu. Teks yang terdapat dalam gambar-gambar tersebut digunakan untuk lebih mempertegas makna yang terkandung di dalamnya.

Nah, akhir-akhir ini kehadiran meme semakin sering di media sosial. Mulai dari meme yang memuat foto pemimpin daerah, tokoh politik, dan juga hewan sering muncul di media. Tujuannya hanya sebagai bahan lelucon semata. Namun, tak jarang pula gambar-gambar tersebut digunakan untuk menyindir seorang tokoh terkait dengan permasalahannya yang sedang berlangsung.

Terlepas dari semua hal itu, ternyata berbagai meme ini bisa menghasilkan uang lho. Kok bisa? Ya, beberapa meme yang telah terkenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia bisa menghasilkan uang yang terbilang menggiurkan. Berikut ini daftar meme terkenal di dunia yang menghasilkan uang dari berbagai postingannya.

4. Bad Luck Brian

Meme yang satu ini memuat foto seorang anak bernama Kyle Craven. Pada foto tersebut, Craven terlihat berpose dengan senyum yang cukup lebar disertai dengan tampilannya yang terlihat seperti kutu buku karena memakai pakaian berkerah yang dikancingi hingga bagian paling atas dan menggunakan kawat gigi. Foto tersebut dijadikan meme untuk menyindir seseorang yang kurang beruntung.

Dari foto tersebut, Craven mendapatkan uang sebesar $ 20.000 atau sekitar Rp 260 juta. Uang itu ia dapatkan sebagai royalti dari pemakaian wajahnya sebagai meme yang telah tersebar di seluruh jejaring sosial. Selain itu, uang tersebut juga ia dapatkan dari hasil penjualan baju yang menggunakan fotonya.

3. Hide Yo ‘Kids, Hide Yo’ Wife

Berbeda dari meme sebelumnya yang berupa foto, meme kali ini merupakan potongan gambar yang didapat dari sebuah video. Video tersebut diambil ketika peliputan berita pada sebuah keluarga yang sedang mengalami suatu tragedi kekerasan. Wartawan yang berusaha meliput berita tersebut dihadang untuk meliput oleh anak tertua keluarga itu yang bernama Antoine Dodson. Dodson menyebutkan kalimat berupa “Hide Yo Kids, Hide Yo Wife.”

Nah, perkataan Dodson pada video tersebut dibuat menjadi meme dan dibuatkan sebuah lagu singkat oleh Gregory Brothers. Dari video tersebut Dodson berhasil mendapatkan uang sebesar $ 50.000 atau sekitar Rp 650 juta.

2. Overly Attached Girlfriend

Meme yang satu ini merupakan sebuah meme yang memuat foto seorang perempuan bernama Laina Morris. Ia merupakan penggemar dari artis terkenal, Justin Bieber. Morris mengikuti sebuah perlombaan foto yang menggambarkan bahwa ia merupakan seorang perempuan posesif yang selalu memata-matai pasangannya. Ternyata, foto yang ia masukan untuk mengikuti lomba tersebut menarik minat banyak pengguna internet untuk dijadikan meme dan foto tersebut telah mendapatkan jutaan pengunjung di Youtube.

1. Grumpy Cat

Gambar meme kali ini terbilang cukup unik. Mengapa? Karena berbeda dari varian meme lainnya yang memuat foto manusia, meme ini memuat foto seekor kucing. Kucing yang satu ini memiliki mimik muka murung yang menggambarkan bahwa ia sedang marah.

Kucing ini merupakan seekor hewan peliharaan milik Tabetha Bundesen. Setelah Bundesen memuat foto kucingnya di internet, banyak pihak yang menggunakan foto tersebut untuk dijadikan meme. Nah, hal itu pula yang menyebabkan Bundesen keluar dari pekerjaannya dan lebih fokus kepada hal-hal yang berhubungan dengan kucingnya. Dari meme foto kucing tersebut, Bundesen memeroleh uang sebesar $ 100 juta atau sekitar Rp 1.3 Milyar.

Uang yang dihasilkan dari pembuatan meme tersebut terbilang cukup fantastis. Lalu, bagaimana kah fenomena meme di Indonesia?

Meme di Indonesia

Di Negara ini sendiri telah banyak bermunculan gambar-gambar dan juga video berupa meme seperti yang banyak dibicarakan di luar negeri. Terdapat beberapa meme tokoh yang akhir-akhir ini paling sering muncul di media sosial, contohnya saja foto seorang polwan bernama Dewi Sri Mulyani. Meme mengenai polwan ini muncul setelah masyarakat melihat liputannya pada suatu acara di televisi nasional yang memuat pernyataan tentang tugas sebagai polisi yang ia emban.

Selain itu, ada pula tokoh politik seperti H. Lulung, Basuki Tjahja Purnama, dan presiden Joko Widodo yang belakangan sering dijadikan meme berhubungan dengan berbagai berita politik tentang mereka.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama