Penting Sebelum Ajukan Kredit, Intip Rapor Kredit Anda!

Rekam jejak sebuah rapor kredit akan mempengaruhi pengajuan kredit bank. Intip dahulu sebelum melalukan pengajuan agar tidak salah langkah!

Ibarat memilih jodoh idaman, bank juga memiliki kriteria yang harus dipenuhi calon peminjam. Mungkin Anda sering kali merasa kecewa karena pengajuan kredit tidak kunjung disetujui, bisa jadi itu karena rapor kredit Anda belum masuk kriteria bank.

Kartu Kredit Mempengaruhi Rapor Kredit Anda

Tagihan kartu kredit

Salah satu yang bisa mempengaruhi isi rapor kredit Anda adalah penggunaab kartu kredit. Apabila pembayaran tagihan kartu kredit macet makan aka nada nilai merah dalam rapor tesebut. Anda akan sulit mengajukan aplikasi kredit lainnya.

Jika Anda memiliki kartu kredit dari bank tertentu, dalam rapor kredit itu akan terlihat bagaimana profil pembayaran Anda setiap bulannya. Apakah pembayaran dilunasi secara penuh atau hanya membayar tagihan minimum. 

Ataupun ketepatan waktu dalam pembayaran, tidak melebihi atau malah melebihi batas waktu.

Dari rekam jejak kredit tersebut, Anda akan dimudahkan atau dipersulit saat hendak berurusan dengan bank. Apabila termasuk dalam kategri dalam perhatian khusus atau bahkan lebih buruk, aplikasi kredit Anda akan ditolak. 

Jadi bukan berarti syarat telah dipenuhi lalu bank bisa langsung menyetujui.

Untuk itu sebagai bentuk melek finansial, ada beberapa hal ataupun kategori dari rapor kredit yang perlu Anda pahami lebih jauh. Sehingga setidaknya ketika ingin mengajukan kredit bisa melakukan banyak pertimbangan terlebih dahulu.

Lima Kriteria dalam Rapor Kredit Bank

Kriteria yang akan mempengaruhi rapor kredit Anda adalah lima faktor yang dalam dunia keuangan dikenal dengan sebutan 5C. Apasaja, siumak penjelasannya berikut ini.

1. Character

Karakter adalah bagaimana perilaku Anda sebagai seorang peminjam. Hal ini dinilai sangat penting karena akan menentukan apakah Anda akan beritikad baik untuk membayar atau kira-kira akan ngemplang selama masa pinjaman.

Informasi mengenai karakter dapat diakses di Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI). Informasi ini dikenal dengan nama proses BI Checking. Dalam dokumen tersebut, setiap transaksi finansial yang dilakukan oleh seseorang akan terekam secara jelas.

Biasanya, aplikasi Anda akan ditolak jika nilai dari hasil proses BI Checking tergolong non-performing loan. Kreditur juga akan lebih berhati-hati jika Anda tidak memiliki catatan sebagai peminjam, karena agak sulit bagi mereka untuk memprediksi bagaimana “kelakuan” Anda kelak.

2. Capacity

Kriteria ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam melakukan pembayaran kredit yang dipinjam.Idealnya, satu rumah tangga hanya punya cicilan kewajiban dengan nilai maksimal 35% dari penghasilan rutin bulanan.

Nilai maksimal ini adalah total keseluruhan cicilan Anda, dari mulai cicilan rumah, kendaraan, hingga handphone. Pastikan Anda membayar cicilan tepat waktu.

Rapor kredit bank

3. Collateral

Collateral sering disebut agunan, semakin tinggi nilai agunan yang Anda berikan untuk sebuah pinjaman, maka semakin besar poin penilaian untuk Anda. Namun, sangat tidak disarankan menggunakan aset sebagai agunan dengan nilai melebihi 100% dari total kredit.

Jadi ketika Anda tidak dapat memenuhi kewajiban dalam mengembalikan pinjaman dari pihak bank, maka aset yang diagunkan akan disita sebagai bentuk jaminan Anda.

4. Conditions

Kondisi standar yang perlu dipenuhi ketika mengajukan kredit. Sebutlah tenor maksimal dari pinjaman tersebut, usia minimal untuk mendapatkan kredit, dan jumlah pinjaman minimal. Kondisi ini ditetapkan oleh masing-masing kreditur dan syaratnya bisa bervariasi satu dengan lainnya.

5. Capital

Kriteria ini terkait akan kondisi asset dan kekayaan yang dimiliki, khususnya nasabah yang mempunyai sebuah usaha. Semakin banyak saldo tabungan, deposito, dan aset investasi lainnya akan memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan fasilitas pinjaman.

Memahami lima kriteria dan mengetahui rapor kredit sangat penting bagi setiap orang, terutama Anda yang berencana atau sudah memiliki fasilitas pinjaman. Dengan mengetahui rekam jejak rapor kredit, Anda bisa dengan bijak memanfaatkan kemudahan kredit.

Pengajuan Kredit Mudah Aman dan Cepat

Apply Online kartu kredit

Dalam memudahkan nasabah untuk mengakses kredit bank, saat ini Anda bisa mengajukan langsung secara online. Salah satunya Anda bisa mengakses produk kredit bank melalui KreditGoGo. Pengajuan yang mudah, aman dan cepat memberikan Anda akses eksklusif.

Beragam produk mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit mobil, kredit pemilikan rumah, dan produk bank lainnya. Temukan produk kredit bank terbaik dan dapatkan beragam bonus menarik ketikan pengajuan disetujui!

Baca juga:
Hal Sepele Namun Mempengaruhi Pengajuan Kredit Bank
Pentingnya Kartu Kredit Pertama untuk Pengajuan Kredit Lain

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama