Mengenal Produk Fintech Keluaran Bank di Indonesia

FinTech dinilai sebagai hal yang positif untuk Indonesia. Seperti, Modalku yang telah berkolaborasi dengan Bank Sinarmas, dan dua contoh lainnya di bawah ini.

Era digitalisasi tidak dapat dibendung lagi, dengan demikian produk-produk dituntut untuk terus menyesuaikan dengan tren tersebut, termasuk produk-produk di bidang finansial.

Saat ini, sedang ramai-ramainya tren bertajuk Teknologi Finansial atau yang biasa disebut dengan FinTech. Hal ini termasuk salah satu dari efek digitalisasi.

FinTech adalah inovasi teknologi digital terbaru di bidang finansial. Banyak di antara kita yang sudah menikmati hasil FinTech ini, contohnya seperti, mobile banking dan e-banking.

Walaupun usaha FinTech Indonesia masih muda, beberapa bank di Indonesia sudah mulai mendirikan atau membentuk kerja sama dengan FinTech sebab bank-bank tersebut sudah melihat FinTech sebagai hal yang positif untuk Indonesia. Seperti, Modalku yang telah berkolaborasi dengan Bank Sinarmas, dan dua contoh lainnya di bawah ini.

1. Modalku - PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas)

PT Mitrausaha Indonesia Group sebagai pemegang merek Modalku yang menyediakan platform untuk pinjam meminjam modal bekerja sama dengan PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) untuk menggarap pembiayaan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Dalam kerjasama ini, Bank Sinarmas menjadi escrow agent yang akan mengelola rekening penampungan selama proses pemberian pinjaman berlangsung dari pelanggan Modalku. Modalku menawarkan layanan berupa pinjaman modal, mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta, dengan jangka waktu dari dari tiga, enam, hingga 12 bulan.

2. Tunaiku - PT Bank Amar Indonesia (Amar Bank)

Selanjutnya ada PT Bank Amar Indonesia (Amar Bank) yang ikut mendukung pemanfaatan jasa internet melalui produk financial technology (FinTech) yang didirikannya sendiri, yaitu Tunaiku. Tunaiku merupakan penyedia kredit tanpa agunan yang mengutamakan kecepatan dan kemudahan. Melalui Tunaiku, nasabah dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp2juta hingga Rp10 juta dengan durasi peminjaman mulai dari enam sampai 12 bulan.

3. D-Mobile - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon)

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk juga meluncurkan aplikasi mobile banking bernama D-Mobile (Danamon Mobile Banking), yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan data (GPRS/3G, EVDO-CDMA, WiFi). Selain dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dana, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan, D-Mobile juga menghadirkan inovasi baru, yaitu fitur SosMed D-Cash, yang memungkinkan nasabah dapat memberikan dananya ke teman Facebook dan fitur Augmented Reality, di mana pengguna dapat menemukan promo Danamon terdekat dalam jangkauan hingga radius 5km melalui aplikasi ini.

Selain itu, beberapa FinTech juga menggunakan teknologi secara online, seperti pinjaman online, pengajuan kartu kredit online, investasi online, dan lain-lain. Seperti yang dilakukan oleh startup-startup Fintech yang sudah ada di Indonesia, misalnya KreditGoGo.com.

Nikmati kemudahan dan kenyamanan mengajukan aplikasi kartu kredit dari bank-bank terbaik di Indonesia secara online di sini. Dapatkan banyak keuntungan berbelanja dan poin rewards lebih cepat. Bandingkan dan temukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik Ajukan/Apply Now.

Baca Juga:
FinTech, Cara Mudah Dapatkan Produk Keuangan di Era Digital
5 Tips Aman Bertransaksi Mobile Banking

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama