Jangan Asal Pilih Bank, Perhatikan Dulu Hal Ini

Sedang mencari bank untuk menyimpan uang? Terdengar simpel, namun tidak semudah itu. Karena berhubungan dengan manfaat dana Anda di kemudian hari.

Bang, bing, bung yuk, kita nabung, sebuah kata yang mungkin sering kita dengan untuk mengajak masyarakat untum menabung, terutama di bank. Namun, bila diperhatikan lagi, ternyata memilih bank yang tepat bisa disebut sebagai sebuah langkah penting lho!

Mengapa bisa seperti itu? Karena, hampir sama seperti mengambil keputusan keuangan lain, memilih bank juga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Meski di Indonesia sudah ada banyak bank nasional maupun swasta, hingga internasional yang bisa dipilih. Ada hal penting yang mesti diperhatikan untuk menyesuaikan layanan yang dibutuhkan oleh kita sendiri.

Memilih untuk menyimpan uangdi bank adalah suatu tindakan bijaksana. Selain membuat uang aman, kedisiplinan menabung juga dapat memberikan bunga, investasi, serta keuntungan yang berlipat.

Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

Untuk dapat memilih bank yang tepat bagi diri sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja? Ini dia diantaranya.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Anda harus cari informasi sebanyak mungkin dari berbagai bank dan mulai membandingkannya. Prosesnya sendiri bisa dilakukan dengan cara browsing di internet. Apalagi sekarang bank-bank di Indonesia sudah memberikan informasi layanannya secara cukup lengkap di website milik mereka.

Pilih bank yang memenuhi perlindungan terhadap kebutuhan keuangan Anda. Teliti seluruh keunggulan produknya mulai dari keamanan, prospek masa depan, hingga suku bunga. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena ketidaktelitian kita.

2. Apa yang Ingin Dilakukan Dengan Uang Anda?

Dalam hal ini, Anda dituntut untuk tahu mau diapakan uang Anda. Apakah hanya sekedar ditabung, atau diinvestasikan. Bila hanya ingin ditabung, mungkin perkara pencariannya tidak terlalu sulit. Namun, bila ingin diinvestasikan, mungkin kita harus mencari tahu lebih rinci lagi.

Sebagai contoh, bila ingin didepositokan, berapa bunga yang ditawarkan, atau bila ingin dimasukan ke dalam layanan reksadana, produk apa yang ditawarkan.

3. Bank Bukan Cuma Sekedar Tempat Menyimpan Uang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, apakah uang Anda hanya sekedar ditabung, atau diinvestasikan. Sebab bank di masa sekarang sudah tidak sekedar melayani penyimpanan uang saja. Mereka sudah memiliki layanan kredit untuk pembiayaan berbagai kebutuhan nasabah, baik pribadi atau perusahaan, asuransi, hingga membantu kita menelurkan harta sehingga bertambah banyak (investasi).

Usahakan pilih bank yang memiliki produk lengkap, agar Anda bisa dengan bebas melakukan kegiatan keuangan dan perbankan di dalam satu tempat tanpa harus berpindah hanya karena bank pilihan tidak menyediakan layanan yang dibutuhkan.

4. Lihat Lokasi Cabang dan ATM

Usahakan bank yang dipilih memiliki banyak kantor cabang, serta memiliki banyak mesin ATM di berbagai daerah. Sebab hal ini berhubungan dengan kemudahan bertransaksi saat sedang di luar daerah kota.

Tidak hanya itu, usahakan cari bank yang memberikan layanan internet banking, agar Anda senantiasa mendapat kemudahan dalam melakukan transaksi di manapun dan kapanpun.

5. Perhatikan Biaya Bank

Hati-hati terhadap hal ini, terkadang kita suka lupa bahwa bank terkadang mengenakan sejumlah biaya bagi para nasabahnya. Entah itu untuk biaya administrasi atau apapun. Karena itu, cari tahu hal ini agar Anda tidak kaget ketika suatu saat merasa uang di rekening tiba-tiba berkurang.

Nah, ngomong-ngomong masalah biaya, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak dikenakan uang administrasi lho!

1. Jadilah nasabah prioritas

Bagi Anda yang memiliki uang dalam jumlah besar. Terkadang pihak bank akan memberikan perhatian khusus. Apalagi kalau sudah termasuk dalam nasabah prioritas, sudah pasti mereka akan memperlakukan kita berbeda dari nasabah biasa.

Kalau sudah begini, mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk meminta sejumlah diskon termasuk biaya bank kepada pihak marketing yang membawahi Anda. Tidak hanya itu, ketika membutuhkan sejumlah uang pinjaman, sudah pasti prosesnya akan lebih mudah, mengingat pihak bank sudah tahu kalau Anda memiliki banyak uang.

2. Jadi Investor Bank

Ya, jadilah bagian dari kepemilikan bank tersebut. Namun, ingat, sama seperti cara yang pertama, syaratnya jumlah dana yang Anda miliki di sana mesti cukup besar.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara memilih bank dan tidak dikenakan uang administrasi. Meskipun tidak banyak yang bisa mendapatkannya, namun menabung di lembaga keuangan ini merupakan sesuatu yang penting di masa sekarang.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama