Hanya 2 Bank Ini yang Beri Layanan saat Lebaran 2016

Saat Lebaran operasional bank tidak beroperasi, namun kedua bank ini tetap memberikan layanan terbatas untuk memudahkan nasabahnya ketika hari raya Idul Fitri.

bank Indonesia

Ketika Lebaran pelayanan bank memang tidak beroperasi, namun beberapa bank memberikan layanan selama libur Idul Fitri 2016. Walaupun tidak optimal namun kedua bank ini tetap memberikan pelayanan untuk nasabahnya.

Nah, bank apa sajakah yang beroperasi ketika lebaran tahun ini?

1. BNI

Bank BNI Menara MTH

Untuk memaksimalkan layanan kepada para nasabah selama libur Lebaran 2016, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) hanya libur sehari, yaitu persis pada saat Idul Fitri 1437 H. Bank BNI memastikan akan tetap melayani nasabahnya saat momen libur Lebaran.

BNI akan menyiapkan nasabah yang ingin mudik dengan berbagai fasilitas, mulai dari outlet yang tetap beroperasi pada hari-hari libur Lebaran, penempatan BNI Layanan Gerak (BLG), program promo, ATM beroperasi 24 jam, hingga aplikasi elektronik yang dapat diakses dari telepon genggam.

Akan ada 200 outlet yang dioperasikan terbatas pada tanggal 4, 5, 7, dan 8 Juli 2016 untuk melayani setoran atau penarikan tunai dalam mata uang rupiah di rekening BNI, melayani pemindah bukuan dalam rupiah, serta melayani transaksi kliring.

Khusus pada tanggal 5, 7, dan 8 Juli 2016, layanan dibatasi pada setoran BBM dan Non-BBM dari Pertamina, transaksi kas dalam rupiah, dan pemindah bukuan rupiah.

Untuk mempermudah nasabah BNI juga akan menempatkan BLG (BNI Layanan Gerak) di sepanjang jalur mudik yang saat ini belum memiliki outlet ataupun ATM, sehingga kebutuhan masyarakat untuk terus bertransaksi selama mudik tetap dapat dipenuhi.

Terdapat 15 BLG yang disiapkan dan tersebar di Terminal Pinang Baris-Medan, Pelabuhan Merak, dua lokasi rest area di wilayah Bandung, yaitu KM 147 Tol Purbaleunyi dan KM 207 Tol Palikanci, dua lokasi rest area di Wilayah Jawa Tengah yaitu RM Candisari-Gombong dan RM Pringsewu-Pemalang.

Lalu SPBU Sunggingan Boyolali Area Terminal Kudus, rest area Tol Mojokerto, Daerah Pantura Tuban, Bandara Supadio Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Balikpapan, dan Sentani-Jayapura.

Selain itu terdapat lebih dari 16.200 ATM yang telah disiapkan untuk melayani kebutuhan transaksi para nasabah BNI maupun nasabah bank lain di seluruh Indonesia.

2. BRI

BRI

Bersamaan dengan momen menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau 2016 M, Bank BRI juga telah menyiagakan 373 unit kerja operasional. Semua unit dioperasikan selama H-7 hingga H+7 Idul Fitri, di antaranya kegiatan operasional perbankan di akhir pekan dan libur hari raya yang akan dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 9 dan 10 Juli 2016 oleh 143 UKO BRI.

Sementara kegiatan Kliring RTGS pada 4 Juli 2016 dan Pelayanan Operasional Terbatas bagi nasabah umum pada 4 hingga 8 Juli 2016 di 230 UKO BRI. Bank BRI juga mensiagakan layanan kanal elektronik yakni 23.086 ATM, 892 CDM dan 209.613 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain UKO BRI, agen Laku Pandai Bank BRI (Agen BRI Link) bisa tetap beroperasi saat libur Idul Fitri. Agen BRI Link akan jadi andalan masyarakat saat banyak kantor bank tidak beroperasi. Saat ini ada hampir 63 ribu Agen BRI Link seluruh Indonesia, meningkat dari 31.500 agen tahun lalu.

Adanya aplikasi mobile banking dan internet banking BRI juga diharapkan memudahkan nasabah bertransaksi non tunai, membeli, membayar, serta mencari lokasi ATM dimana saja dan kapan pun melalui gadget mereka.

Bagi para pemudik yang melintasi jalan tol, BRI juga memberikan kemudahan pembayaran tol menggunakan kartu Brizzi di ruas Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi

Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes, Jakarta Outer Ring Road, Bogor Outer Ring Road, Meruya Ulujami, Jakarta-Tangerang, Jagorawi (GT Cibubur), Bali- Mandara, dan Waru-Juanda Surabaya. Transaksi tol bisa lebih mudah dan praktis dengan Kartu Brizzi.

Untuk mendukung hal tersebut BRI telah menyiagakan 2.053 unit kerja (KC,KCP,KK) yang bisa didatangi nasabah untuk mengakses kartu Brizzi.

Jadi bagi Anda nasabah Bank BNI dan BRI tidak perlu khawatir jika membutuhkan pelayanan perbankan selama libur Lebaran. Anda bisa mengakses semua unit yang sudah disediakan semaksimal mungkin.

Baca juga:
Fasilitas Uang Elektronik Memudahkan Pengendara di Jalur Mudik
Satu Kartu Kredit untuk Semua Kebutuhan Keluarga

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama