FinTech, Cara Mudah Dapatkan Produk Keuangan di Era Digital

Apa itu fintech? Ini merupakan layanan baru untuk mempermudah urusan keuangan. Layanan yang lebih mudah, praktis, dan cepat dihadirkan sebagai terobosan baru.

FinTech Financial Technologi

FinTech hadir sebagai sebuah revolusi industri finansial. Di pasar global, deretan nama terkenal seperti Bitcoin dan Moneythor sudah memiliki pasar FinTech sendiri. Sedangkan di Tanah Air, beberapa nama startup fintech mulai bermunculan seperti KreditGoGo, Doku, Kesles, Veritrans, dan lain sebagainya.

Setiap FinTech memiliki layanan yang berbeda-beda, ada yang fokus pada penyedia layanan keuangan, alat pembayaran tagihan hingga fokus terhadap bisnis mikro. Namun, benang merah dari semua perusahaan FinTech adalah solusi teknologi inovatif dalam sistem keuangan untuk para konsumen.

Namun di samping itu, sebenarnya Apa itu FinTech? 

Menurut definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC), FinTech adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial. Kata FinTech sendiri berasal dari kata financial dan technology yang mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern.

Konsep inilah yang diharapkan bisa menghadirkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis, aman dan modern. Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan dibanding layanan finansial konvensional, termasuk kecepatan, pemanfaatan analisis data, dan kemampuan untuk menyajikan produk non-standar.

Mengapa Harus Menggunakan FinTech?

Jasa Finansial Technology

Misi dari FinTech adalah menawarkan kemudahan dan memberikan solusi yang tidak ditawarkan oleh perbankan konvensional. Saat ini pola pikir orang-orang terus berubah, dan kemajuan teknologi membuat mereka ingin memperoleh segalanya dengan mudah dan cepat.

FinTech hadir untuk menjawab semua itu, memberikan layanan keuangan secara praktis dan cepat dengan akses teknologi yang bisa digunakan langsung secara online. Budaya ‘selalu online’ membuat FinTech mampu mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

Misalnya Anda mencari produk keuangan seperti kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan deposito, dengan FinTech ini Anda tidak perlu jauh-jauh ke bank dan lama mengantre. Seperti KreditGoGo hadir untuk memberikan layanan produk keuangan menjadi lebih mudah dan praktis.

Semua kegiatan dan kebutuhan itu ada dalam genggaman tangan. Anda cukup online, semua kebutuhan finansial yang dibutuhkan bisa dimiliki hanya dalam beberapa kali klik. Tak perlu keluar pulsa karena setelah mendaftar layanan ini yang akan menghubungi Anda.

Apa Saja Keuntungan yang Ditawarkan

Di banyak negara, inovasi keuangan dari startup tersebut terbukti memunculkan solusi-solusi baru yang inovatif buat konsumen. Beberapa keuntungan ini bisa menjadi acuan untuk Anda mempertimbangkan menggunakan layanan FinTech.

1. Akses yang Cepat

Akses Cepat FinTech

Melalui proses yang bisa dilakukan langsung melalui online FinTech memiliki akses yang lebih cepat. Anda tidak perlu menunggu lamanya proses pengajuan secara konvensional. Pengisian aplikasi dilakukan sepenuhnya melalui online dengan desain teknologi yang sangat memahami perilaku para penggunanya. Pinjaman diproses tanpa perlu tatap muka dengan nasabah.

Dengan teknologi big data, penggunaan algoritma, dan proses online, keputusan kredit bisa diambil dalam rentang waktu sangat cepat. Setelah pengajuan Anda memenuhi kulifikasi pihak bank akan langsung memprosesnya.

2. Kemudahan Pembayaran

Bayar Tagihan Lewat FinTech

Ada banyak layanan FinTech yang menawarkan kemudahan dalam akses pembayaran. Kecanggihan metode pembayaran yang ditawarkan FinTech membuat proses pembayaran lebih mudah, cepat, aman, dan efisien.

Kamu tidak perlu membawa uang banyak saat berbelanja, tidak mengundang copet, tidak dikenai biaya tambahan, kartu debit atau kartu kredit pun aman dari penyalahgunaan. Contohnya adalah fintech yang menawarkan fleksibilitas kepada penggunanya adalah Doku Walet.

Di Indonesia startup FinTech DOKU Wallet dengan fitur dompet digital, memudahkan transaksi pembayaran melaui online ataupun offline. Metode pembayaran online memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi tanpa perlu transfer bank atau menggunakan kartu kredit.

Untuk offline, Anda dapat mngunjungi mini market/apotek terdekat kemudian pilih produk yang diinginkan. Jika sudah selesai berbelanja, minta token melalui website/SMS/aplikasi mobile. Setelah itu datangi kasiruntuk melakukan pembayaran dan berikan enam digit token pada kasir. Transaksi pun selesai.

Tidak ada salahnya kan kalau dari sekarang kita mulai mempelajari tentang perkembangan FinTech di Indonesia. Kemajuan teknologi didasarkan bagaimana membuatnya cocok sehingga Anda tidak benar-benar menyadarinya, hingga menjadi bagian keseharian dalam hidup.

Baca juga:
Bagaimana Cara Memilih Bank yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman
Ingin Hindari Pinjaman Abal-Abal? Baca Tipsnya dari Kami

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama