Alipay dan WeChat Pay Segera Hadir di Indonesia, Dorong Sektor Pariwisata

Perbankan Indonesia akan bekerja sama dengan sistem pembayaran online Alipay dan WeChat Pay demi mendorong industri pariwisata.

Sumber foto: seasia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan Cina pada semester pertama 2018 adalah salah satu yang terbesar sehingga Bank Indonesia (BI) menghimbau perbankan nasional menggandeng Alipay dan WeChat Pay demi memudahkan transaksi pembayaran.

Berdasarkan data dari BPS, destinasi utama para turis Cina adalah Bali. Perwakilan dari bank sentral Bali menemukan bahwa banyak turis Cina yang menggunakan Alipay meskipun platform pembayaran tersebut tidak memiliki lisensi untuk beroperasi di Indonesia.

Menurut Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, besarnya jumlah turis asal Cina yang datang ke Indonesia harus dimanfaatkan oleh perbankan. Beliau mengemukakan bahwa turis Cina berperan penting untuk Indonesia. Kehadiran Alipay serta WeChat Pay akan mendorong pertumbuhan pariwisata serta menguntungkan pengusaha UKM dan kerajinan tangan.

Saat ini, hampir semua penduduk di Cina tidak lagi menggunakan mata uang fisik saat bertransaksi namun menggunakan sistem pembayaran online, terutama Alipay dan WeChat Pay. Di Cina, sistem pembayaran ini bisa ditemukan dimana-mana, mulai dari toko-toko besar hingga pedagang kaki lima.

Untuk dapat beroperasi di Indonesia, BI mengharuskan platform pembayaran asing agar dapat bekerja sama dengan bank nasional. Salah satu bank nasional yang telah membahas potensi kerjasama dengan Alipay dan WeChat Pay adalah BNI, dengan target peluncuran layanan di akhir tahun 2018.

Pemerintah dan pelaku bisnis terutama pengusaha kecil berharap dengan adanya AliPay dan WeChat Pay dapat memudahkan proses transaksi pembayaran dengan memanfaatkan QR Code. Kedua sistem pembayaran online tersebut diyakini dapat memudahkan turis mancanegara dalam bertransaksi di Indonesia.

(Sumber: Kompas, Yahoo! News, The Jakarta Post)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama