4 Bank Indonesia yang Bekerjasama dengan Klub Sepakbola Dunia

Tidak hanya perusahaan telekomunikasi dan maskapai saja yang bekerjasama dengan klub sepakbola dunia. 4 bank dari Indonesia ini pun tak ingin kalah dari mereka. Apa saja? Yuk, cek artikelnya.

Co Branding Sepak Bola

Sebuah survey pada tahun 2013 lembaga yang berfokus terhadap perkembangan olahraga Repucom menempatkan Indonesia dalam jajaran negara penggila sepakbola. Dalam daftar tersebut Indonesia menempati posisi kedua setelah Nigeria. 

Mulai dari klub lokal sampai klub internasional memiliki fans setia yang rela mendukung klub-klub kesayangannya. Hal inilah yang kemudian dilihat oleh industri perbankan di Indonesia sebagai sebuah peluang dalam menjaring nasabah. 

Mereka menjalin kerjasama dengan beberapa klub sepak bola dunia untuk memanjakan nasabahnya dengan bayak manfaat dan fasilitas. Berikut ini adalah 4 bank di Indonesia yang bekerjasama dengan klub sepakbola:

1. BNI – Chelsea

BNI – Chelsea

Kerjasama Bank BNI dengan klub sepakbola Chelsea dimulai dari tahun 2012. Bank BNI memenangkan kontes dan berhasil bermitra dengan Chelsea. Ini pun adalah kali pertama klub sepakbola Chelsea bekerjasama dengan bank di wilayah Asia. 

Banyaknya jumlah supporter The Blues di Indonesia menjadi salah satu alasan tercapainya kesepakatan kerjasama itu. Bentuk kerjasama antara Chelsea dan BNI adalah berupa produk kartu kredit BNI Chelsea Titanium. 

Kartu kredit ini menawarkan Anda kesempatan menyaksikan langsung tim kesayangan beraksi di Stamford Bridge dan kemungkinan memenangi hadiah berupa jersey klub yang ditandatangani oleh seluruh pemain. Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan oleh fans Chelsea di Indonesia adalah kemudahan mengakses website resmi Chelsea dalam bahasa Indonesia. 

Dan bagi pengguna kartu kredit, dengan kerjasama ini logo Chelsea FC akan tercetak langsung di kartu kredit ataupun kartu debit Bank BNI. Kerjasama ini berlangsung hingga 4 tahun. Berkat kerjasama ini pertumbuhan kartu kredit co-branding yang dilakukan Bank BNI meningkat pesat. 

Hingga akhir Maret 2014 Bak BNI sudah menerbitkan 187.181 kartu co-branding (menggunakan merek bersama) BNI-Chelsea FC. Angka tersebut tumbuh sekitar 80,4% jika dibandingkan maret tahun lalu.

2. Danamon – Manchaster United

 Danamon – Manchaster United

Sebelum Bank BNI, Bank Danamon sudah lebih dulu menggaet klub internasional asal Inggris lainnya yaitu Manchaster United. Bentuk kerjasamanya adalah untuk produk kartu debit /ATM dan kartu kredit Danamon. Dengan kerjasama ini Bank Danamon membuat fans setia MU lebih dekat dengan tim kesayangan mereka.

Melaui program Red Match nasabah terpilih akan berkesempatan untuk menonton langsung pertandingan liga Inggris di setiap musim. Selain itu Anda berhak mengikuti rangkaian kegiatan seru mulai dari melihat langsung ruang ganti pemain, tur Stadium dan Museum, bertemu pemain atau legenda klub. 

Bagi nasabah yang tidak beruntung untuk menonton langsung, ada 20 (dua puluh) jersey bertanda tangan asli pemain Manchester United yang bisa didapatkan. Kejasama yang dilakukan Bank Danamon berpengaruh terhadap peningkatan penerbitan kartu debit/ATM dan kartu kredit Danamon. 

Dari kerjasama tersebut Bank Danamon mendapat sambutan positif dari jutaaan fans MU di Indonesia. Sambutan positif ini terbukti dengan peningkatan jumlah pemegang kartu debit Danamon MU yang meningkat 56 persen pada periode 2013-2014. Sementara jumlah kartu kredit MU meningkat 45% dengan volume transaksi retail meningkat 26%

3. Mega – Barcelona

Mega – Barcelona

Bank selanjutnya adalah bank Mega yang berhasil menggandeng FC Barcelona. Bank Mega baru saja menjalin kerja sama bisnis dengan klub sepakbola terkemuka dunia ini. Mereka pun menjadi bank pertama di kawasan Asia yang menjadi mitra Los Cules

Penandatanganan perjanjian kerjasama co-branding Kartu Mega dengan Barca dilakukan pertengahan Desember lalu. Melalui kerjasama ini akan tercipta produk co-branding yang menonjolakan identitas penggemar Barcelona. Procuk co-branding tersebut akan diterapkan pada produk kartu kredit, kartu tabungan, dan uang elektronik (e-money). 

Dari kerjasama ini Bank Mega memberikan beragam manfaat dan program eksklusif dari berbagai produk dan layanannya. Program eksklusif tersebut adalah kesempatan untuk bertemu langsung dengan pemain FC Barcelona dan menonton langsung pertandingan Azulgrana di Camp Nou. 

Selain itu nasabah juga mendapatkan keuntungan tambahan pada saat pembelian atribut Barca yang dilakukan di FCB official Asia online store. Ditambah lagi kesempatan untuk memenangkan berbagai atribut eksklusif Barca.

4. Muamalat – Arsenal

Muamalat – Arsenal

Lalu yang baru-baru ini menjalin kerjasama dengan klub sepakbola asal Inggris adalah Bank Muamalat. Untuk memperluas pangsa pasarnya, Bank Muamalat menggandeng FC Arsenal, karena dinilai mereka memiliki basis fans yang banyak di Indonesia.

Bank Muamalat dan Arsenal akan bermitra hingga Mei 2018 dan kerjasama tersebut ditandai dengan peluncuran produk kartu debit co-branding Bank Muamalat dengan Arsenal FC pada pertengahan 2016. Nantinya nasabah akan memiliki tiga jenis kartu yang berbeda dengan gambar tiga pemain Arsenal yaitu Petr Cech, Mesut Ozil dan Alexis Sanchez.

Keuntungan yang akan didapat nasabah adalah kesempatan untuk menyaksikan laga Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, London dan cinderamara asli bertandatangan pemain Arsenal

Nah, jika Anda ingin menonton pertandingan langsung tim kesayangan Anda secara Gratis silahkan miliki salah satu kartu dari keempat bank tersebut.

Baca juga: 5 Kartu Kredit yang Memanjakan Kaum Pria

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama