Tren dan Peran Besar Startup Fintech di Tahun 2016

Starup fintech sedang naik daun di Indonesia, ini menjadi langkah industri keuangan untuk terus berkembang dalam kemajuan teknologi. Ayo lihat peran besar apa yang diberikan fintech!

Fintech adalah bukti nyata penyesuaian sektor finansial terhadap perkembangan teknologi. Sektor finansial memiliki peran yang penting untuk menguatkan perekonomian negara. Oleh karenanya, tak heran sektor finansial akan terus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Di berbagai negara, startup fintech tengah menjadi tren terkini. Di Indonesia sendiri, startup fintech juga sudah mulai banyak bermunculan dan diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2016 ini.

Startup-startup fintech di Indonesia tersebut, misalnya KreditGoGo, UangTeman, Pinjam, CekPremi, Bareksa, Kejora, Doku, Veritrans, Kartuku, adalah beberapa di antaranya. Bahkan, seiring dengan perkembangan startup fintech di Indonesia, September 2015 lalu telah diluncurkan pendirian asosiasi perusahaan teknologi finansial bernama FinTech Indonesia.

Trend Fintech di Indonesia

Laporan Accenture di wilayah Asia Pasifik, menyebutkan nilai investasi ke dalam bidang Financial technology (fintech) selama sembilan bulan pertama di tahun 2015 sudah mencapai US$3,5 miliar atau hampir empat kali lebih besar dari tahun 2014.

Kabarnya, kini pemodal ventura sedang mengalihkan perhatian ke fintech ketimbang e-commerce yang mulai memasuki tahap penuh. Pendanaan ke fintech saat ini lebih banyak ketimbang ke perdagangan elektronik.

Sinyal ini menjadikan tahun 2016 gelombang penggunaan fintech bakal booming, bahkan bisa mengalahkan e-Commerce. Indeks Financial Technology (FinTech) mengungkapkan penggunaan teknologi keuangan pada konsumen akan naik secara signifikan pada tahun 2016.

Peran Besar Startup Fintech

Fintech memiliki peran dalam memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah, mempercepat atau mempertajam berbagai aspek dari layanan keuangan yang tersedia saat ini, mulai dari metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, hingga pengelolaan aset.

Startup fintech tentunya tidak akan banyak bermunculan bila tidak memiliki peran yang besar. Berikut ini beberapa peran besar starup fintech dalan sektor layanan keuangan.

1. Transaksi Keuangan Menjadi Lebih Praktis

Kehadiran startup fintech di Indonesia memiliki visi untuk mendatangkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman. Proses transaksi keuangan ini meliputi proses pembayaran, pinjaman uang, transfer, ataupun jual beli saham.

Kehadiran teknologi dalan sektor keuangan ini bisa memaksimalkan layanan menjadi lebih cepat dan praktis. Selain itu masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan keuangan melalui internet tidak harus selalu datang ke bank.

2. Transaksi Tanpa Akun Bank

Salah satu peran startup fintech adalah memajukan perkembangan bitcoin. Dengan begitu, masyarakat yang tidak memiliki akun bank tetap bisa melakukan transaksi pembayaran atau pengiriman uang dengan bitcoin.

3. Meningkatkan Taraf Hidup

Startup fintech dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pasalnya, startup fintech dapat menghadirkan merchant yang menerima pembayaran kartu debit dan kredit dengan biaya rendah.

4. Membangun Infrastruktur Perbankan

Startup fintech juga dapat membangun infrastruktur perbankan sebagai solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Di negara berkembang seperti Indonesia, dengan tingkat penetrasi keuangan 35,8% (versi Bank Dunia 2014), fintech berguna untuk meningkatkan penetrasi produk keuangan.

Fintech dapat mengambil peran guna mempercepat perluasan jangkauan layanan keuangan. Selain itu, fintech juga menciptakan solusi dalam menekan biaya dan waktu penyediaan layanan keuangan yang sebelumnya harus ditanggung oleh penyedia maupun pengguna layanan.

5. Menghapus Rentenir Pinjaman

Selain itu, startup fintech dapat menghapus adanya orang atau badan yang memberikan pinjaman dengan bunga tinggi untuk mengambil keuntungan. Adanya startup fintech bisa membuat sistem pinjaman uang dilakukan dengan cara yang transparan.

Apa yang Ditawarkan Start Fintech

Hal utama yang ditawarkan startup fintech adalah kemudahan dalam mengakses produk-produk keuangan, dan juga meningkatkan literasi keuangan. Salah satu contohnya adalah KreditGoGo, startup fintech ini bergerak di bidang jasa perbandingan untuk solusi keuangan Anda.

KreditGoGo menawarkan berbagai pilihan perbandingan produk keuangan yang menarik, seperti: Kartu Kredit dan Pinjaman Pribadi (KTA & Lease back), Kredit Kendaran bermotor (KKB), Asuransi, Deposito dengan bunga yang menarik, serta Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Layanan yang diberikan KreditGoGo dapat membantu Anda dalam memilih dan menentukan tempat terbaik untuk melakukan transaksi finansial. Pengajuan produk perbankan akan langsung ditangani oleh pihak yang tepat hanya dalam jangka waktu singkat sehingga segala bentuk prosesnya menjadi lebih efektif.

Selain itu hal menarik yang ditawarkan adalah hadiah spesial untuk beberapa produk bank tertentu diberikan kepada konsumen apabila pengajuannya disetujui. Kehadiran KreditGoGo memudahkan Anda menemukan produk keuangan yang sesuai dan meraih untung lebih banyak dengan hadiah menarik.

Baca juga:
OJK: Bank Harus Lengkapi Bisnis dengan Fintech
Bagaimana Cara Memilih Bank yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama