Tambang Emas Bisnis E-commerce

Bisnis e-commerce berkembang pesat. Diperkirakan akan mencapai US$130 miliar atau Rp1,710 triliun. Selain dibanjiri konsumen, inilah kesempatan bagi pemain yang ingin mencicipi gurihnya bisnis ini.

Inilah tahun yang cemerlang bagi pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Bahkan Google dan Temasuk dalam sebuah riset menyebutkan Indonesia bakal menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di antara enam negara di Asia. 

Hal ini disebabkan adanya populasi pengguna Internet yang berkembang pesat. Peluang pertumbuhan e-commerce ini jelas sangat besar seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet.

Sebagai salah satu populasi pengguna Internet yang cukup pesat di dunia, dengan pertumbuhan pengguna internet 19% per tahun, e-commerce pun menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat Indonesia. 

Tak hanya itu, tumbuhnya masyarakat menengah juga mendorong pengguna internet bertambah. Diperkirakan pengguna internet akan mencapai 215 juta sebelum 2020, dari hanya 92 juta pada 2015.

Saat ini, kontribusi belanja online masih sangat kecil porsinya dibandingkan offline. Angkanya masih di bawah 1% dari total transaksi retail nasional, namun pemerintah yakin, pasar e-commerce akan menggurita. 

Indonesia pun telah siap menjadi destinasi tertinggi bagi venture capital yang mencari perkembangan pertumbuhan ekonomi digital baru.

Pemain Baru

Jangan heran, bila kemudian tumbuh pemain-pemain baru yang menjajal peruntungannya di sektor e-commerce. Peluang bermain di bisnis ini sangat besar, apalagi jumlah e-commerce baru menguasai sekitar 1,5% dari total pasar di Indonesia saat ini. 

Tapi, justru di situlah potensinya. Alasannya, karena industri ini baru mulai dan belum menunjukkan aroma kompetisi antar e-commerce. Jadi, semua pemain di sektor ini masih dalam tahap bersama-sama membesarkannya.

Tak heran pula, bila model bisnis online ini menjadi tambang emas bagi para pemainnya. Konsumen pun banyak memburunya. Terutama di kalangan anak muda, apalagi populasi anak muda di Indonesia bertumbuh sangat besar. 

Ada banyak alasan mengapa e-commerce menjadi bagian yang penting dari kehidupan mereka. Ini karena keunggulan yang dimiliki e-commerce. Seperti adanya beragam produk dan jasa layanan online yang menarik ditawarkan.

Selain itu, kemudahan mengakses belanja online, di mana saja, tanpa terikat batas waktu menjadi catatan tersendiri. Kita tidak perlu keluar rumah untuk mencari barang yang kita inginkan, tinggal klik, maka barang yang kita mau mudah didapatkan. 

Bagi orang yang sibuk, tentu belanja online sangat membantu dan sangat efisien serta efektif. Maka, konsumen semakin percaya bahwa bisnis online merupakan solusi tepat di di era mobile internet saat ini.

Ecommerce Marketplace

Pemain-pemain besar di bisnis ini, di antaranya ada Lazada, Traveloka, Tokopedia, OLX, Bukalapak, Blibli. Selain itu, terselip pula sejumlah pemain baru yang mencoba peruntungannya. 

Antara lain ada toko1001.id, Qlapa.com, ukmmarket.co.id, Axiqoe.com dan sebagainya.

Qlapa.com merupakan situs jual beli khusus untuk produk kerajinan tangan lokal. Berbeda dengan e-commerce lain, Qlapa memungkinkan konsumen membeli produk kerajinan tangan langsung dari pembuatnya. 

Pembeli juga melakukan pemesanan awal dan mengostumisasi barang yang ingin dipesan. Semua produk yang ditawarkan oleh pengrajin lokal tidak akan sama dengan produk lain yang diproduksi secara massal.

Sementara Axiqoe.com milik PT Astra Graphia Tbk (ASGR) yang muncul pada awal 2016. Axiqoe menjual peralatan kantor seperti kursi, meja dan juga peralatan tulis. Ada ribuan item yang akan dijual di situs tersebut. 

AXIQoe tidak hanya sebagai marketplace yang menjadi penghubung antara pembeli dan penjual, tapi juga mempunyai produk yang dijual.

Adapun Ukmmarket.co.id didirikan sejak tahun 2014 oleh PT Madani Sisfotel dan mendapat dukungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Portal ini dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kapasitas bisnisnya. 

Di Ukmmarket.co.id, beragam koleksi produk fashion, kerajinan, kuliner, kesehatan dan perabotan dari pelaku UKM di seluruh Indonesia dipampang di laman itu.

Akan halnya, toko1001.id menyediakan beragam kategori produk untuk kebutuhan masyarakat, mulai dari fashion, gadget, kesehatan & kecantikan, hobby aksesori otomotif serta barang lainnya. 

Konsep layanan lebih aman, cepat dan nyaman ditawarkan oleh toko1001.id agar produk-produk yang dipasarkan di toko1001.id tidak mengecewakan para konsumen. 

Toko1001.id menjamin keamanan seluruh transaksi yang dilakukan oleh konsumen, baik dari aspek produk, metode pembayaran, dan pengiriman.

Metode Pembayaran

Di bisnis e-commerce, metode pembayaran adalah hal yang paling penting yang harus diperhatikan. Ada banyak pilihan pembayaran yang disodorkan para e-commerce ini. Dari sistem cicilan hingga pembayaran melalui kartu kredit. 

Layanan ini untuk mempermudah pembeli berbelanja barang-barang online secara langsung tanpa mengkhawatirkan pembayaran tunai saat itu juga. Peminat dapat membeli barang sekarang dan membayar nanti dengan proses yang cepat, mudah dan tentunya aman.

Tentu saja banyak perbankan yang menawarkan kartu kredit. Ada HSBC dengan Visa Gold untuk semua kebutuhan sehari-hari.

Yang menarik, pemegang kartu ini, dapat melacak transaksi yang telah dilakukan serta menikmati berbagai keuntungan seperti poin reward, diskon dan keuntungan lainnya saat melakukan pembayaran dengan kartu HSBC Visa Gold.

Ada juga Danamon Visa Platinum, yang memberikan Anda keleluasaan dalam bertransaksi dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan mengakses untuk mendapatkan privileges. Beragam penawaran yang menarik diberikan sepanjang tahun, dilengkapi pula dengan filtur menarik.

Bisa juga dengan menggunakan kartu Standard Chartered MasterCard Titanium. Menariknya, kartu ini memberikan cashback untuk segala transaksi ritel dimana saja dan kapan saja. 

Semakin besar nilai pembelanjaan, maka keuntungan lebih cepat didapat dan berlipat ganda. Begitu juga dengan Citibank Cash Back Visa Platinum, yang mendapatkan cashback selamanya untuk setiap nilai transaksi

Dengan tambahan bonus cash back senilai 4,9% setiap saat, maka tagihan jadi ringan. Maka gunakan, kartu kredit dalam pembayaran belanja e-commerce sebagai sebuah pilihan pembayaran yang cerdas.

Baca juga:

Begini Memulai Berbisnis E-commerce

Tren dan Peran Besar Startup Fintech di Tahun 2016

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama