Kenali Fasilitas Online Banking

Jaman semakin modern, berbagai fasilitas pendukung pun terus dikembangkan untuk menunjang kehidupan yang praktis, salah satunya adalah Online Banking.

  • online banking
  • infographic
  • infographic bank
  • perbankan
  • online banking
  • mobile banking
  • phone banking

Di jaman yang serba modern ini, kecanggihan teknologi selalu mendominasi diberbagai sektor, baik di dunia pendidikan, transportasi, perbankan, dan lain-lain yang hampir kesemuanya menggunakan jaringan internet.

Layanan internet memang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Untuk perusahaan besar yang menyangkut kepentingan banyak orang, internet merupakan solusi yang efektif untuk memberikan pelayanan yang praktis, mudah, dan pastinya lebih cepat, contohnya online banking.

Layanan online banking meruapakan layanan yang memanfaatkan media online atau internet untuk mempermudah mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung bank untuk berbagai alasan. Dengan fasilitas ini, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi non tunai hanya menggunakan laptop atau gadget yang terkoneksi dengan internet.

Keamanan Perbankan Online

Dengan berbagai kemudahan yang telah ditawarkan melalui perbankan online, apakah Anda sudah yakin transaksi Anda aman?

Ya, soal keamanan, setiap bank telah diberlakukan peraturan hukum tentang perlindungan yang signifikan bagi pemegang rekening dan juga penyalahgunaan secara elektronik terhadap rekening yang dimiliki

Keamanan Data Pribadi

Walaupun sudah memiliki fasilitas keamanan sendiri, ada baiknya jika Anda juga turut menjaga agara transaki online banking Anda tetap aman.

  1. Hindari Area Umum. Untuk mengakses online banking, diusahakan hindari tempat-tempat umum seperti di warnet atau hotspot area, seperti di bandara dan tempat makan yang menyediakan fasilitas ini karena biasanya di area ini selalu terlacak segala aktifitas Anda dengan laptop atau gadget yang diakses, termasuk PIN. Tetap gunakan perangkat pribadi untuk mengakses perbankan online, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Rutin Cek Rekening. Biasakan untuk cek rekening Anda setiap hari dan print buku tabungan Anda setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah jumlah saldo Anda tetap sesuai dengan transaksi yang Anda. Selain itu, jika merasa ada yang aneh dengan jumlah uang di rekening, Anda akan langsung menyadarinya dan langsung lapor ke pihak bank.
  3. Akses Website yang Aman dan Terpercaya. Untuk mengetahui Anda berada dalam zona internet yang aman, pastikan URL yang dituju adalah benar, seperti ‘https’. Anda juga bisa melihat gambar gembok di bagian pojok kanan atas layar monitor yang menunjukkan apakah website yang Anda masuki aman atau tidak. Selain itu, cek kembali alamat yang Anda tuju benar pengetikannya, jangan sampai kejadian pemalsuan situs klikbca terjadi pada Anda. Situs tersebut disamarkan menjadi kilkbca dan clickbca.
  4. Tetap Rahasiakan Password. Jika Anda melakukan transaksi melalui online banking, pasti menggunakan username dan password. Pastikan kedua hal ini hanya Anda sendiri yang mengetahuinya, Jangan gunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir, lebih baik pakai kombinasi huruf besar kecil dan angka.
  5. Hapus Jejak Transaksi. Biasakan untuk menghapus jejak cookies dan history browsing di laptop atau gadget Anda setiap Anda selesai melakukan transaksi. Hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, cukup klik di settingan browser Anda, pilih history, dan terakhir hapus browsing data.
  6. Simpan Nomor Call Centre Bank. Hal ini cukup sepele, namun masih banyak orang yang belum mengetahui nomor call centre bank yang digunakannya. Padahal ini cukup berguna ketika Anda merasa ada sesuatu yang ganjil, entah itu penawaran melalui email atau telp, Anda bisa langsung memastikan secepatnya ke bank terkait.

Apa perbedaan online banking, mobile banking, dan phone banking?

Ya, online banking, mobil banking, dan phone banking memang memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk melakukan transaksi tanpa harus repot pergi ke bank. Lalu apa perbedaannya?

Internet Banking

Online banking atau yang lebih dikenal di Indonesia Internet banking memiliki peminat yang sangat tinggi, karena kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi perbankan. Layanan yang menggunakan fasilitas ini adalah:

  • Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
  • Sistem Aplikasi Perbankan
  • Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata
  • Akses Internet dari rumah atau kantor
  • System kliring elektronik

Mobile Banking

Fasilitas perbankan ini bergerak melalui alat komunikasi seperti handphone. Fasilitas yang disediakan hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash, yaitu:

  • Transfer dana
  • Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar
  • Pembayaran kartu kredit, PLN, Listrik, Asuransi, dan lain-lain
  • Pembelian pulsa, saham, dan lain-lain.

Phone Banking

Di Indonesia, phone banking lebih dikenal dengan sms banking, yang merupakan layanan yang juga disediakan bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan. Layanan yang ditawarkan adalah:

  • Transfer uang
  • Cek saldo rekening tabungan
  • Informasi tagihan dan transaksi
  • Pembayaran atas pembelian
  • Ganti PIN

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama