Hati-hati Sebelum Menggunakan Kartu Debit

Kegunaan kartu debit kini menjadi cukup penting guna memudahkan Anda dalam bertransaksi. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum atau setelah Anda memiliki kartu debit. Mari simak artikel berikut.

Seiring dengan makin tingginya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia, penggunaan kartu debit untuk menggantikan fungsi pembayaran dengan uang tunai dan cek pun semakin populer.Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit memiliki sistem pendanaan yang berbeda.

Di mana, dalam bertransaksi kartu kredit berarti Anda mengambil pinjaman dari lembaga keuangan penerbit kartu. Sementara penggunaan kartu debit sangat berhubungan dengan rekening tabungan. Jadi, ketika melakukan transaksi, Anda akan langsung menarik uang dari rekening pribadi. Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu berhutang dengan pihak kreditur kan?

Contoh Kartu Debit di Indonesia

Namun, karena terikat dengan rekening bank, penggunaan kartu debit harus dilakukan secara hati-hati. Karena bisa menimbulkan kerugian yang tidak kita inginkan. Ada beberapa pertimbangan dan pencegahan yang bisa dilakukan sebelum menggunakan kartu debit, diantaranya :

1.Harus tahu saldo rekening

Sebelum berbelanja dengan kartu debit, ada baiknya untuk mengetahui posisi saldo rekening sehingga mengetahui jumlah dana yang tersedia. Rajin-rajinlah mengecek sisa saldo baik sebelum atau sesudah berbelanja. Bila tertarik, gunakan sistem e-banking atau internet banking dari bank sehingga Anda bisa mengelola berbagai transaksi melalui satu pintu.

2.Buat batasan penggunaan dana

Dalam hal ini, buatlah batas pengeluaran yang dilakukan melalui kartu debit dan catat. Jangan sampai pengeluaran menggunakan kartu debit terlalu banyak. Di samping itu, banyak bank yang membebankan biaya jika menggunakan kartu ATM dari bank lain dengan kartu debit Anda. Masalah ini yang sering tidak diketahui oleh para pengguna kartu debit dan bisa menyebabkan pengeluaran menjadi lebih besar dari perkiraan.

Sebagai saran, pilihlah bank yang memiliki layanan luas, seperti memiliki banyak ATM dan termasuk dalam jaringan ATM Bersama. Selain itu, selalu setorkan uang Anda untuk menghindari biaya tambahan.

3.Perhatikan keamanan kartu

Sebagai fitur keamanan, kartu debit selalu membutukan nomor PIN (Personal Identification Number). Ubahlah nomor pin secara berkala, pilihlah nomor-nomor unik yang tidak mudah diketahu orang seperti yang berasal dari tanggal lahir, nomor telepon, bahkan nomor rumah sekalipun.

Beberapa bank sekarang juga sudah menawarkan fitur keamanan yang memberikan peringatan gratis melalui telepon dan email. Peringatan yang disampaikan biasanya yaitu transaksi berlebih melalui kartu debit, salah nomor PIN, hingga transaksi bernilai sangat besar yang bisa menimbulkan kecurigaan. Namun, bila fitur-fitur keamanan tersebut berhasil dibobol orang tidak bertanggung jawab. Segeralah hubungi bank Anda.

4.Hati-hati bila digunakan di luar negeri

Layaknya kartu kredit, kartu debit juga bisa digunakan di luar negeri. Namun, dengan berbedanya sistem perbankan yang digunakan negara lain dengan Indonesia juga membuat ancaman yang didapatkan juga berbeda. Hal ini yang sering mengakibatkan adanya banyak tindakan kriminal bagi orang yang tidak mengetahuinya. Karena itu, bila Anda berencana untuk bepergian ke luar negeri. Ada baiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak bank.

Nah, dengan kartu debit, kita akan semakin mudah dalam melakukan transaksi keuangan. Namun dibalik itu, selalu ada ancaman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan keinginan yang tinggi untuk menggunakan uang secara berlebihan. Ingat, disiplin dan bijaklah dalam menggunakan kartu debit, sehingga penggunaannya akan sesuai dengan tujuan yang kita inginkan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama