Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Kartu Prabayar

Di Indonesia, masih banyak orang yang belum tahu apa kegunaan lain dari kartu prabayar. Yuk, mari kita belajar lebih dalam tentang itu.

Di Indonesia, kartu prabayar selalu identik dengan kartu perdana isi penyedia jasa layanan telekomunikasi (cellular provider). Namun sebenarnya, di hampir sebagian besar kota di dunia, khususnya di Eropa, kartu prabayar juga bagian dari kartu kredit atau kartu debit. Jika dipikir secara seksama, kartu prabayar sebenarnya tidak ubahnya seperti kartu debit. Tapi, dengan jumlah nominal di dalam kartu yang dibatasi.

Menurut Gail Cunningham, Juru Bicara Yayasan Konseling Kredit Nasional Amerika Serikat, seperti dikutip Practical Money Skills Indonesia, masyarakat modern internasional kini didominasi oleh kartu kredit. Bahkan ke depan, kartu kredit dan kartu debit akan semakin mendominasi seiring meningkatnya penggunaan uang elektronik (e-money) di masa depan. 

Ia juga mengatakan bahwa tanpa rekening tabungan, atau bahkan kartu kredit atau kartu debit, masyarakat modern kesulitan untuk bisa mengambil gaji bulanan mereka, termasuk uang pensiun, tunjangan profesi, atau tunjangan sertifikasi para guru di Indonesia. Semua itu membutuhkan nomor rekening di tabungan. 

Dan untuk alasan keamanan, tentu pemakaian layanan kartu debit menjadi suatu keharusan. Jika kita membayangkan hidup tanpa kartu semacam itu, Anda bisa bayangkan, betapa susahnya untuk mengambil tunai ketika kita sedang liburan bersama orang tua atau kekasih kita?

kartu prabayar Alfamart-BNI

Apa Sih Kartu Prabayar Itu?

Oke, pertama kita harus perluas dahulu konsep kartu prabayar. Pertama, jika kita bicara “kartu prabayar”, memang identik dengan kartu perdana nomor seluler. Tapi bukan hanya itu. Kartu prabayar juga bisa masuk ke ranah definisi kartu debit isi ulang. Ya, itu tepatnya! Layaknya kartu debit dankartu kredit, kartu prabayar memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian tanpa uang tunai atau cek.

Tidak seperti kartu kredit, kita tidak bisa berutang dengan kartu prabayar. Dan tidak seperti kartu debit, kartu prabayar tidak terkait dengan rekening Anda di suatu bank. Inilah manfaat lain dari kartu ini. Kartu prabayar memiliki saldo nol sampai Anda menambah uang ke dalamnya.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Prabayar?

Pada saat Anda melakukan pembelian dengan kartu prabayar, jumlah pembayaran akan dikurangi dari saldo yang tersedia di kartu tersebut. Pada saat saldo mencapai angka nol, kartu tersebut menjadi kosong. Anda bisa saja membuang kartu tersebut, kecuali kartu tersebut dapat diisi ulang. Jika Anda mengisi ulang kartu prabayar tersebut, Anda dapat menambah dana, dan melanjutkan penggunaan kartu tersebut.

Salah satu alat pengelola keuangan yang semakin umum digunakan di Indonesia adalah kartu prabayar. Kartu jenis ini bekerja selayak kartu debit pada umumnya. Hanya saja, pendanaannya bukan melalui rekening cek atau tabungan. Caranya adalah kartu Anda diisi dengan uang tunai, dan untuk beberapa bank, proses pengisian dana ini bisa melalui cek, transfer, atau setoran langsung.

kartu e-Toll Card Mandiri

Apa Aja Sih yang Bisa Dilakukan dengan Kartu Jenis Ini?

- Melakukan pembelian secara perorangan, online, atau melalui telepon

- Memberi hadiah untuk teman atau keluarga

- Menarik tunai melalui ATM atau bank

- Menerima gaji atau dana dengan memasukkannya ke dalam kartu

- Membayar tagihan

Fitur Apa Aja Sih yang Ada pada Kartu Prabayar?

- Anda tidak memerlukan rekening bank atau rekam jejak kredit yang baik

- Kartu prabayar dimulai dengan saldo kosong sampai Anda mengisinya dengan uang. Pembelian atau pengambilan lewat ATM akan mengurangi saldo kartu hingga nol. Anda bisa memberikannya sebagai hadiah (gift card), atau bisa diisi ulang kembali.

- Jika Anda berbelanja menggunakan kartu jenis ini, pembelanjaan Anda terbatas. Mengapa? Itu karena Anda tidak bisa berbelanja melebihi nominal saldo yang dimiliki. Tanpa sadar, Anda sedang mengatur kedisiplinan keuangan dengan mandiri.

- Beberapa jenis kartu prabayar dapat digunakan untuk pengambilan dana lewat ATM dan pembelian secara online atau lewat telepon.

- Lebih aman daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Di Indonesia, tipe kartu prabayar yang sering dikenal adalah kartu isi ulang. Mekanismenya adalah kartu ini dapat diisi ulang, atau ditambahkan kemudian sesuka hati. Di negara-negara lain, kartu prabayar dikenal dengan beberapa tipe.

  • Gift card: kartu yang memiliki nilai tunai tertentu yang dapat digunakan hingga saldo habis, tapi tidak dapat diisi ulang.
  • Teen cards: kartu prabayar untuk remaja. Untuk kartu jenis ini, orang tua dapat mengisi ulang kartu dan memantau pembelanjaan online anak remaja mereka juga bisa lewat telepon. Kartu prabayar jenis ini memungkinkan anak remaja berkesempatan mengatur keuangan dan anggaran mereka.
  • Kartu perjalanan (travel card): kartu jenis ini adalah alternatif aman lainnya dalam membawa uang tunai dan cek perjalanan.
  • Kartu prabayar gaji: kartu jenis ini diisi dengan sejumlah gaji yang didapatkan, dan dapat dengan segera diakses.
  • Kartu yang dikeluarkan lembaga pemerintah: contoh kartu ini misalnya kartu tunjangan sosial seperti di Amerika, atau tunjangan PHK, diisi ke dalam kartu.
  • Kartu perawatan kesehatan: kartu jenis ini memungkinkan pengguna untuk membayar biaya-biaya kesehatan yang masuk persyaratan klaim asuransi kesehatan.

Untuk diketahui, penggunaan kartu prabayar dapat disertai biaya-biaya dan ketentuan-ketentuan yang kadang tidak kita ketahui. Tidak sedikit kartu jenis ini memiliki biaya yang tersembunyi (hidden fees). Untuk itu, bijak-bijaklah menggunakan kartu jenis ini agar fungsinya dapat maksimal. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kartu jenis ini.

- Apakah KTP diperlukan untuk ajukan kartu jenis ini?

- Di mana saya bisa pakai kartu prabayar ini? (Toko tertentu? Online? Telepon?)

- Bisakah kartu ini menambah dana dari rekening langsung? Atau sistem sekali pakai?

- Apakah ada masa berlaku?

- Apakah ada penagihan ke rekening?

- Bisakah saya cek saldo lewat rekening atau sistem online?

- Biaya apa yang perlu saya tahu perihal aktivasi kartu ini?

- Bisakah ganti kartu dengan gratis jika kartu hilang/dicuri?

Nah, jika Anda pernah memakai kartu jenis ini dalam kehidupan sehari-hari, apa manfaat yang pertama dirasakan? Apakah lebih mudah? Sekadar informasi, beberapa jaringan bioskop di seluruh Indonesia sudah menggunakan layanan kartu prabayar ini. Jadi, jika ingin menonton film kesayangan Anda, gunakan saja kartunya. Simpel kan!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama