Dukung Digitalisasi Bisnis UKM dengan Sistem “Online”

Walau ekonomi digital tengah booming, belum banyak pelaku UKM memanfaatkan teknologi untuk memajukan usahanya. Padahal digitalisasi dapat memperkuat UKM melebarkan usaha.

Digitalisasi melahirkan model bisnis baru yang semakin lama semakin menggerus pangsa pasar bisnis model konvensional. Kini semakin jelas seberapa urgent pelaku UKM untuk menerapkan teknologi digital. Sikap wait-and-see tidak cukup lagi bila UKM ingin survive dalam jangka panjang.

Digitalisasi bisnis ukm

Coba saja lihat tren ojek online saat ini, perlahan digitalisasi mulai menggeser ojek pangkalan yang masih konvensional. Bahkan, layanan bersih-bersih rumah pun dipasarkan secara digital online. Digitalisasi sudah merambah berbagai sektor pelayanan dan pemasaran.

Langkah-Langkah Digitalisasi Membantu UKM

Memasuki era teknologi digital, berbagai kemudahan kian dirasakan tak terkecuali dalam urusan bisnis. Digitalisasi membuka peluang melebarkan bisnis yang saat ini sedang Anda geluti. Sistem online membangun kekuatan untuk mempermudah pemasaran.

Model transaksinya pun mengubah setiap individu dalam proses mendapatkan barang maupun jasa, begitu juga dari sisi jualan. Aksesnya yang mudah dan cepat membuat bisnis berkembang dengan pesat. Jadi, wajar saja jika digitalisasi pada bisnis berpotensi mengembangkan sayap Usaha Kecil Menengah (UKM).

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh langkah digitalisasi yang bisa mempermudah UKM dalam melebarkan sayap bisnisnya.

1. Marketplace Buka Peluang Lebih Besar

Pengembangan Marketplace eCommerce dan Teknologi Startup sebagai platform yang dapat membantu mendorong dan memberikan peluang pasar yang lebih besar kepada para UKM di Indonesia, dan menajadi salah satu langkah termudah mengembangkan usaha.

Marketplace membantu UKM pemula dengan memberi panduan singkat dan mudah, mulai dari langkah berjualan yang baik, tips dan trik berjualan, hingga cara memaksimalkan kualitas bisnis Anda. Dengan memasang barang dagangan di mal online tak hanya memberikan rasa nyaman tapi juga aman kepada konsumen dan penjual.

zapa marketplace

2. New ZAPA Perkuat Digitalisasi UKM

Dari segi telekomunikasi New ZAPA hadir untuk memperkuat digitalisasi UKM. Ini merupakan terobosan layanan terbaru dari Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) via mobile application untuk pelaku UKM Indonesia.

Kehadiran New ZAPA memudahkan para pelaku usaha dalam mencari info produk Telkom, info billing, tracking process order ataupun mencari mitra usaha terdekat. Pelaku UKM juga bisa mendapatkan informasi mengenai pengembangan bisnis dengan berkonsultasi para ahli melalui telepon, e-mail maupun live chat yang tersedia di fitur Sobat UKM.

Berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi New ZAPA, mendorong dan memfasilitasi pelaku UKM untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan bisnis dan usahanya.

3. Google Bisnisku, layanan gratis untuk UKM

Berdasarkan data dari Delloite menyebut, 36% UKM di Indonesia masih offline dan tak terlacak secara online di mesin pencarian Google. Padahal, pengguna internet tumbuh 19% tiap tahun dan diprediksi akan mencapai 215 juta pengguna pada tahun 2020.

Inilah yang sebenarnya patut dilihat oleh para pelaku UKM, jadi berdasarkan riset itu, Google meluncurkan produk untuk UKM, Google Bisnisku untuk memancing pengusaha kecil menengah tertarik merambah layanan digital.

Melalui Google Bisnisku, pelaku usaha bisa mengakses data mulai dari informasi terkait berapa kali bisnisnya dicari dan muncul di Google, berapa orang yang menelepon, hingga informasi berapa banyak pengguna yang mengklik informasi seputar usaha mereka dan meminta petunjuk jalan.

Google Bisnisku

Digitalisasi Mempermudah UKM Akses Fintech

Selain langkah-langkah di atas yang disediakan untuk UKM lebih berkembang, digitalisasi juga mempermudah UKM dalam mengakses jasa keuangan melalui layanan Fintech. Maraknya jasa keuangan online diharapkan dapat di manfaatkan dengan baik oleh UKM.

Dengan digitalisasi bisnis diharapkan UKM akan lebih mudah mendapatkan pembiayaan. Kehadiran layanan keuangan online ini semakin membantu pelaku usaha untuk mencari pembiayaan yang tepat dan mudah.

Seperti KreditGoGo, sebuah situs layanan keuangan yang memberikan jasa perbandingan untuk solusi keuangan Anda. Berbagai pilihan perbandingan produk keuangan yang menarik, seperti: Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaran bermotor, Asuransi, Deposito, serta Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Beragam produk pinjaman dari bank terbaik di Indonesia ada, dan Anda bisa menemukan produk tepat dengan penawaran yang paling menarik. Namun, yang terpenting adalah kemudahan pelaku usaha untuk mengajukan pinjaman.

Sehingga tidak ada batasan untuk Anda pelaku usaha kecil mendapatkan layanan terbaik dan mengembangkan usaha menjadi lebih maju dengan mengikuti tren teknologi saat ini.

bonus KTA

Ajukan Pinjaman Berbuah Hadiah

Ketika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk melebarkan usaha, kunjungi KreditGoGo dan temukan KTA yang tepat dengan penawaran bunga yang ringan, pengajuan mudah, dan bonus tak terduga.

Seperti produk Standard Chartered KTA, menawarkan pinjaman dengan cicilan tetap hingga 5 tahun, bunga ringan dan dana cair hanya 3 hari kerja. Tertarik untuk mengajukan? Silahkan ajukan pinjaman Anda secara online di KreditGoGo dan dapatkan bonus khusus Powerbank Xiaomi 10400 mAh.

Lebarkan usaha Anda dengan sistem digital dan akses dana cair yang tepat dan mudah, ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Pentingnya Punya Kartu Kredit untuk Bisnis Online
FinTech, Cara Mudah Dapatkan Produk Keuangan di Era Digital

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama