Ingin Investasi Deposito Dollar, Apa Keuntungannya?

Salah satu pilihan investasi yang berisiko rendah selain deposito Rupiah adalah deposito Dollar. Sebenarnya apa saja sih keuntungan yang ditawarkan?

investasi dollar

Deposito merupakan instrumen investasi yang sudah akrab bagi masyarakat. Selain mudah digunakan, juga terhitung berisiko rendah dibandingkan dengan reksadana, bursa saham, pasar uang, dan instrumen investasi portofolio lainnya.

Deposito Dollar atau dalam bentuk mata uang asing lainnya, pada dasarnya sama saja dengan deposito biasa dalam Rupiah. Akan tetapi, perbedaan mata uang memiliki implikasi yang mengakibatkan adanya perbedaan-perbedaan lain. Seperti suku bunga deposito dollar lebih renda dari deposito rupiah.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu jauh, antara perhitungan bunga deposito dollar dengan deposito rupiah. Tetapi perbedaan lebih disebabkan adanya proses pertukaran mata uang rupiah ke dollar yang dapat menimbulkan berkurangnya keuntungan nilai investasi dalam dollar.

Keuntungan Deposito Dollar

deposito dollar

Walaupun bunganya lebih rendah, orang-orang masih mau membuka deposito dollar? Apa yang menjanjikan dari deposito dollar? Hal itu karena deposito Dollar memiliki sejumlah keunggulan dibanding deposito Rupiah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melindungi dari Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

Nilai tukar Rupiah sangat labil dan mudah melemah, Anda tidak bisa memprediksi kapan nilai tukar tersebut menguat dan kapan melemah. Oleh karena itu, orang-orang berkebutuhan khusus dan sering menukar Dollar ke Rupiah atau sebaliknya, akan menjadi korban dari fluktuasi nilai tukar.

Agar uang Anda terjamin, jika memiliki keluarga atau kerabat yang bekerja di luar negeri ada baiknya Anda memiliki deposito dollar sebagai persiapan jika perlu mengirim uang ke luar negeri, sementara rupiah sedang melemah.

Ini juga berlaku apabila Anda berencana menyekolahkan anak Anda di luar negeri. Saat nilai tukar Rupiah sedang kuat, belilah Dollar, lalu simpan di bank dalam bentuk deposito valas. Kelak, ketika tiba saatnya anak Anda beranjak sekolah, Anda tinggal menarik pokok plus bunganya.

2. Penyimpan Kekayaan Sementara

Apabila Anda bekerja di luar negeri dan memperoleh gaji dalam bentuk valas atau Dollar, maka akan lebih mudah dan hemat untuk menyimpan pendapatan tersebut langsung dalam bentuk deposito Dollar, daripada menukarnya dengan Rupiah lalu baru menabungkannya.

Menyimpan dalam deposito juga akan memberi Anda tambahan pendapatan dalam bentuk bunga yang jumlahnya bisa jadi cukup besar jika dibandingkan dengan tabungan pada umumnya.

Kelemahan Deposito Dollar

deposito dollar

Selain memiliki beberapa keuntungan, deposito Dollar juga memiliki sejumla kelemahan dan Anda harus memperhatikannya sebelum memilih investasi ini. Berikut ini adalah kelemahan dari deposito Dollar:

1. Level Penjaminan LPS Lebih Rendah

Penjaminan LPS adalah suatu perlindungan bagi Anda jika terjadi sesuatu terhadap bank. Penjaminan ini memiliki batas besaran deposito dan tingkat bunga maksimum. Bagi deposito Dollar, besaran deposito yang dilindungi LPS sama dengan deposito Rupiah, yakni setara dengan 2 milyar Rupiah.

Jika dibandingkan dengan kurs Rupiah terhadap Dolar saat ini, maka perlindungan hanya berlaku bagi maksimal USD171,189 dana Anda dalam satu bank. Sedangkan tingkat bunga deposito valas yang dijamin LPS juga hanya 1.5%; berarti jika bunga deposito valas melebihi ini, maka deposito tersebut tidak dijamin LPS. Ini adalah salah satu sebab kenapa bunga dari deposito valas juga sangat rendah.

2. Pencairan Dikenakan Kurs Jual/Beli

Di sejumlah bank, penyetoran dan pencairan yang tidak dilakukan dalam bentuk valas itu sendiri bisa dikenakan kurs jual/beli, karena pada dasarnya Anda melakukan penukaran dari satu mata uang ke mata uang lain.

Namun, apabila Anda melakukan penyetoran dan pencairan dalam mata uang yang sama, maka kebanyakan bank tidak menerapkan aturan tersebut. Agar lebih jelas, ada baiknya Anda menanyakan dulu ke bank yang bersangkutan sebelum membuka deposito valas.

Jadi dengan melihat keuntungan dan kelemahan yang dimiliki deposito Dollar Anda dapat memilih dengan bijak mana yang mendatangkan imbal hasil lebih bagus untuk Anda. Yang terpenting, dari deposito Dollar adalah perhatikan risiko selisih kurs jual dan kurs beli.

Baca juga: Deposito: Untung Maksimal, Risiko Minimal

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama