Cara Cerdas Berinvestasi Deposito

Bagi Anda yang masih awam dalam hal berinvestasi, Anda bisa mencoba berinvestasi deposito. Selain mudah, risikonya pun sangat minim. Berikut adalah cara cerdas berinvestasi deposito.

Investasi adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesejahteraan finansial di masa depan. Investasi pun ada berbagai macam bentuk seperti investasi emas, investasi saham, hingga investasi deposito.

Lalu bagaimana cara berinvestasi deposito?

Bagi Anda yang masih awam dalam hal berinvestasi, Anda bisa mencoba berinvestasi deposito. Selain caranya mudah, risikonya pun sangat minim. Oleh karena itu, deposito cocok untuk investasi pemula.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa deposito adalah jenis investasi yang menguntungkan. Namun, Anda pun harus tepat dalam menentukan jangka waktu, jenis deposito dan penyaluran deposito.

Strategi investasi deposito

Cara Cerdas Berinvestasi Deposito

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan agar investasi deposito Anda berjalan lancar dan menguntungkan. Berikut adalah cara cerdas berinvestasi deposito.

1. Periode Jangka Waktu

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi deposito, tentukan terlebih dahulu jangka waktu yang akan diambil. Apakah deposito jangka pendek atau jangka panjang.

Deposito menjadi menguntungkan apabila dilakukan dalam jangka panjang. Untuk itu, jangan sampai salah memilih periode jangka waktu jika ingin deposito jadi investasi menguntungkan.

Penting untuk menentukan target berapa lama uang Anda akan didepositokan dan hitung bunga yang diperoleh setelah jangka waktu deposito berakhir.

2. Tentukan Jenis Deposito

Selanjutnya, tentukan jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu 2 tahun, maka jenis deposito berjangka adalah produk yang cocok.

Di Indonesia, terdapat tiga jenis deposito yang paling umum digunakan, yaitu deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on call.

Dari ketiga jenis deposito tersebut, deposito berjangka menjadi pilihan banyak orang. Alasannya karena jenis deposito ini memiliki jangka waktu bervariasi. Di samping itu, proses pendaftaran deposito berjangka sangat mudah dan cocok bagi investor pemula.

Jenis deposito

3. Bandingkan Suku Bunga

Setelah Anda menentukan jenis deposito yang Anda butuhkan, kemudian lanjut untuk membandingkan suku bunga dari berbagai produk deposito berbagai bank di Indonesia.

Agar lebih mudah, cobalah untuk bandingkan suku bunga deposito secara online di sini.

Selain sistem perhitungan suku bunga yang akurat, tersedia juga kalkulator yang memudahkan Anda dalam mendapatkan suku bunga deposito yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

4. Menyalurkan Dana Deposito

Cara paling tepat untuk mengubah deposito Anda menjadi investasi menguntungkan adalah tujuan pembagian atau penyaluran dana deposito Anda nantinya.

Apabila Anda memiliki uang lebih, lebih baik menyalurkannya pada tabungan deposito yang berbeda. Ajukan saja deposito dengan berbagai periode jangka waktu.

Jadi, misalnya Anda ingin berinvestasi sebesar Rp 150 juta. Dengan menggunakan strategi ini, Anda membaginya menjadi Rp 50 juta dengan jangka waktu 1 tahun. Kemudian Rp 50 juta selanjutnya dengan jangka waktu 2 tahun, dan sisanya selama 3 tahun.

Kemudian, ketika setiap satu tahapan jatuh tempo, Anda dapat mengambilnya secara tunai atau menginvestasikannya kembali ke dalam durasi 3 tahun. Maksudnya agar siklus jatuh temponya akan kembali seperti semula.

Keuntungannya, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menerima tingkat suku bunga yang lebih tinggi ketika terus melanjutkan berinvestasi.

Dana deposito

Produk-produk Deposito di Indonesia

Itulah beberapa cara cerdas berinvestasi deposito. Dengan cara yang tepat, investasi dengan cara apa pun akan selalu dapat menguntungkan untuk Anda.

Sudah miliki komitmen untuk menempatkan uang Anda di deposito?

Beberapa produk deposito dari berbagai bank di Indonesia antara lain, BNI Deposito, BCA Deposito Berjangka, BRI Deposito Rupiah, Mandiri Deposito Rupiah dan lain-lain.

Temukan juga informasi mengenai produk deposito lainnya hanya di KreditGoGo.com.

#InvestasiDeposito

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Deposito
Jenis-Jenis Deposito Di Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama