Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Banyak peserta BPJS kesehatan yang ingin pindah faskes tapi takut prosesnya yang ribet dan sulit. Mari kenali tata caranya dan proses mudahnya di sini!

Dalam BPJS Kesehatan, proses layanannya berbeda dengan asuransi kesehatan. Sistem pelayanan yang digunakan mengadopsi metode rujukan berjenjang dua tingkat.

Peserta yang ingin berobat diharuskanmendatangi faskes (fasilitas kesehatan) dari jenjang paling awal, yakni klinik atau puskesmas, terlebih dahulu untuk kemudian minta rujukan perawatan di rumah sakit.

Layanan faskes terbagi menjadi dua tingkat, yakni faskes 1 (puskesmas dan klinik dalam wilayah domisili Anda) dan faskes 2 (rumah sakit rujukan dari faskes 1). Ketika menggunakan layanan BPJS kesehatan, Anda diharuskan untuk melewati faskes 1 sebelum akhirnya bisa menggunakan faskes 2.

Penyebab Pindah Fasilitas Kesehatan

Faskes sebenarnya bisa Anda pilih sendiri saat mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan. Tapi bagaimana jika di pertengahan jalan, Anda ingin menggantinya? Ada tiga hal paling umum yang bisa membuat Anda pindah faskes, yaitu:

1. Pindah Domisili

Fasilitas kesehatan dipilih berdasarkan lokasi yang terdekat dari tempat tinggal. Jadi, jika mengalami kondisi darurat, Anda bisa mendapatkan perawatan medis dengan segera.

Rata-rata orang yang pindah domisili, terutama pindah ke luar kota akan mengubah faskes mereka. Oleh karena itu, jika Anda pindah domisili, maka Anda harus mengganti faskes BPJS kesehatan.

2. Fasilitas Tidak Lengkap

Apakah boleh mendatangi atau meminta ganti rumah sakit lain selain yang dirujuk oleh faskes 1? Belum ada kasus diizinkan.Dengan kata lain, faskes 1 menjadi kunci Anda dalam melanjutkanberobat ke rumah sakit BPJS kesehatan.

Baca juga: Langkah Mudah Ajukan Klaim Reimburse Asuransi Kesehatan

Hal inilah yang kerap kali menjadi kendala para pemegang kartu BPJS kesehatan dalammengakses layanan faskes 2 dengan fasilitas yang lebih lengkap.

3. Pelayanan Mengecawakan

Tempat tinggal Anda dekat dari faskes dan fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, tapi pelayanannya kurang ramah, proses administrasi lamban dan antrian panjang. Biasanya, orang enggan menggunakan faskes tersebut dan ingin pindah ke tempat lain yang lebih baik.

Prosedur dan Proses Ganti Faskes

Berbeda dengan proses pendaftaran BPJS kesehatan yang bisa online, Anda perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk proses penggantian faskes. Hal ini disebabkan prosesnya masih dilakukan secara manual

Ambil formulirpenggantian faskes di loket bagian perubahan data. Isi data formulir dengan benar. Jangan lupa untuk kembali mengecek data dengan teliti. Data yang keliru bisa membuat proses penggantian faskes jadi lebih lama.

Baca juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan yang Lebih Praktis

Jika ingin lebih cepat, Anda bisa mengunduh terlebih dahulu formulir penggantian faskes di website resmi BPJS kesehatan dan mengisinya di rumah agar tidak terburu-buru.

Selanjutnya, serahkan formulir penggantian faskes pada petugas berikut denganpersyaratan dokumen yang diperlukan. Waktu penggantian ini memang tidak lama, tapi Anda harus sabar mengantri antrian yang cukup mengular di kantor BPJS kesehatan.

Syarat Dokumen Pindah Faskes

Sebelum mengganti faskes BPJS kesehatan, perlu Anda ketahui kalau pihak BPJS kesehatan hanya membolehkan Anda untuk mengganti faskes satu kali. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan matang saat menentukan faskes.

Setelah yakin, siapkan tiga dokumen berikut agar proses perpindahan faskes lancar:

1. Kartu BPJS Kesehatan

Kartu BPJS kesehatan yang Anda miliki harus sudah terdaftar minimal selama tiga bulan. Jika belum tiga bulan, Anda tidak diizinkan mengganti faskes dan harus menunggu sampai genap tiga bulan.

2. Kartu Keluarga

Berhubung saat ini BPJS kesehatan sudah menerapkan peraturan baru, yakni pembayaran iuran satu keluarga sekaligus. Otomatis saat Anda melakukan perubahan faskes juga akan berdampak pada faskes seluruh anggota keluarga yang namanya tertera dalam KK (Kartu Keluarga) yang sama.

3. KTP

KTP sudah menjadi syarat mutlak saat akan mengurus administrasi bagi WNI. Bagi yang belum memiliki KTP, kartu KK saja sudah cukup Anda bawa.

Baca juga: BPJS Kesehatan Layani Klaim Kacamata! Ini Cara dan Syaratnya

Jika Anda ingin menanyakan informasi tentang perpindahan faskes ini secara lebih detail, Anda bisa menghubungi call center BPJS kesehatan di 1500-400. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi Anda yang ingin mengganti faskes dengan mudah.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama