Tipe-tipe Traveler Ini Wajib Punya Asuransi Perjalanan, Apa Anda Salah Satunya?

Dari berbagai macam tipe traveler di dunia, ada lima tipe yang wajib punya asuransi perjalanan.

Dilansir dari detiktravel.com, CEO of East and South Asia & Pacific Club Med, Xavier Desaulles mengemukakan bahwa angka traveler di benua Asia lebih besar dibandingkan benua lainnya. “Angka pertumbuhan turis di Asia merupakan yang tertinggi di dunia, bahkan dua kali lipat lebih besar daripada wilayah lain,” tuturnya.

Sebelum travelling, ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti akomodasi, barang bawaan, obat-obatan untuk keadaan darurat dan lainnya. Bagaimana dengan asuransi perjalanan? Banyak traveler melewatkan asuransi perjalanan. Ada yang menganggap asuransi perjalanan tidak penting karena destinasi tujuan dekat, ada juga yang beralasan ingin hemat. Padahal, asuransi perjalanan justru sangat penting dan akan membantu Anda berhemat jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan saat travelling.

Bermacam-macam tipe traveler di dunia, berikut adalah tipe-tipe traveler yang menurut kami wajib punya asuransi perjalanan:

Si Petualang Ekstrem

Traveler yang satu ini sangat suka dengan kegiatan yang memacu adrenalin, seperti mendaki gunung yang menantang, bungee jumping, parachuting atau mengunjungi tempat-tempat terpencil yang rawan. Jika Anda termasuk tipe traveler ini, punya asuransi perjalanan akan membuat Anda lebih tenang saat travelling. Anda bisa bebas beraktivitas karena sadar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu seperti kecelakaan atau sakit, semua biaya ditanggung oleh asuransi perjalanan. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kematian. Siapa yang akan menafkahi keluarga Anda setelah Anda tiada? Dalam polis asuransi perjalanan, mereka bersedia membayar sejumlah uang kepada keluarga Anda serta mengurus pemulangan jenazah.

Si Backpacker

Anda dapat mengenal tipe traveler yang satu ini melalui tas besar nan tinggi yang mereka sandang. Backpacker sangat fleksibel dengan jadwal mereka dan biasanya memiliki budget yang terbatas. Mereka tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk akomodasi dan makanan, bagi mereka yang terpenting adalah menjelajahi destinasi tersebut. Saat memilih tiket pesawat ingin yang termurah, tempat tinggal pun tipe asrama atau hostel. Untuk transportasi biasanya mereka suka naik kendaraan umum, menyewa kendaraan atau menumpang orang asing. Jika Anda suka travelling ala backpacker, asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari ketidaknyamanan yang mungkin terjadi dan kerugian materi. Misalnya penundaan keberangkatan pesawat, kehilangan bagasi atau barang pribadi dan pembatalan perjalanan. Anda bisa mengklaim semua biaya yang harus dikeluarkan akibat ketidaknyamanan yang terjadi. Dengan begini, pengeluaran Anda tidak membengkak.

Si Solo Traveler

Traveling sendirian sangat menyenangkan bagi sebagian orang karena memberikan kebebasan. Kapan pun ingin pergi pasti terlaksana, tidak perlu mengatur jadwal dengan orang lain. Ingin makan apa, melakukan kegiatan apa dan lainnya juga tidak perlu kompromi, Andalah yang menentukan semuanya. Namun, jika terjadi sesuatu Anda harus menangani semuanya sendirian, termasuk beban finansial. Solo traveler juga memiliki resiko keselamatan yang lebih tinggi daripada mereka yang travelling berkelompok, seperti menjadi incaran perampok. Apalagi jika Anda adalah seorang wanita dan ingin pergi ke tempat-tempat yang kurang aman. Karena itu, pastikan Anda punya asuransi perjalanan sebelum travelling.

Si Wanderlust dan Frequent Traveler

Alih-alih bertanya “apa kabar?”, teman-teman si wanderlust akan bertanya “lagi di mana?” karena terlalu sering travelling. Bagi traveler yang satu ini, travelling adalah sebuah ‘panggilan jiwa’ sehingga ia tidak betah menetap di satu tempat lama-lama. Karena itu, dalam satu tahun mereka bisa travelling berkali-kali, tidak kalah dengan eksekutif yang sering meeting di luar negeri. Asuransi perjalanan akan memberikan kenyamanan bagi Anda yang sering travelling, baik karena hobi atau tuntutan pekerjaan. Semakin sering travelling, semakin besar kemungkinan Anda mengalami ketidaknyamanan dan kerugian (materi, fisik, psikologis). Pilihlah asuransi perjalanan yang berlaku untuk satu tahun agar lebih hemat.

(Sumber: cnntraveler.comtravel.detik.com)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama