Sebelum Wisata ke Kawah Ijen, Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

Kawah Ijen dengan api birunya memang mengagumkan, namun tempat wisata ini tidak se-rileks yang kamu bayangkan. Sebelum wisata ke sana, baca artikel ini.

Popularitas Kawah Ijen alias Ijen Crater yang terletak di Gunung Ijen, Jawa Timur, semakin meningkat di kalangan traveller. Mulai dari traveller domestik, internasional hingga menteri tertarik wisata ke sana, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Daya tarik utama Kawah Ijen adalah api biru (blue fire) indah yang menyembur hanya pada jam 2-3 pagi. Sebagai catatan, di dunia hanya ada dua tempat untuk melihat api biru, yaitu Kawah Ijen dan Eslandia! Selain api biru, Kawah Ijen juga menjadi tempat favorit untuk selfie, hiking, menyaksikan matahari terbit dan mencicipi kopi tradisional. Saking populernya tempat wisata ini, tahun depan traveller bisa membeli tiket masuk Gunung Ijen secara online!

Jadi tidak sabar ingin wisata ke Kawah Ijen? Sebelum kamu berangkat, perhatikan dulu hal-hal berikut:

Nyaman Berwisata dengan Baju yang Sesuai

Sudah jauh-jauh travelling ke Kawah Ijen, kamu pasti ingin berfoto ria, bukan? Kawah Ijen dan sekitarnya memang cantik, namun ingat kalau tempat wisata ini terletak di pegunungan. Mungkin kamu tergoda untuk memakai rok dan sandal manis agar foto-fotomu lebih menarik, namun itu adalah ide buruk! Pastikan kamu memakai baju yang membuatmu nyaman bergerak serta sepatu outdoor atau hiking. Jangan lupa pakai jaket dan selendang agar kamu tidak kedinginan.

Latihan Fisik Sebelum Hiking

Dengan ketinggian kawah sekitar 2,4 meter dari permukaan laut, kamu butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk hiking hingga ke puncak Gunung Ijen. Sri Mulyani pun mengakui kalau proses hiking sangat sulit, namun susah-payah tersebut setimpal dengan keindahan yang ditawarkan Gunung Ijen. Karena itu, lakukan latihan fisik minimal satu bulan sebelum kamu wisata ke sana, seperti jogging, naik-turun tangga dan mendaki bukit kecil.

Siapkan Uang Lebih Sebelum Wisata

Tempat wisata ini memang terletak di Indonesia, namun sebaiknya kamu membawa uang lebih untuk berjaga-jaga seandainya kamu tidak kuat hiking atau menuruni gunung. Di Kawah Ijen, tersedia jasa ojek gerobak yang didorong oleh manusia untuk membantumu naik dan turun Gunung Ijen. Wah, tidak perlu hiking lagi! Jangan senang dulu, para tukang ojek mematok harga mulai dari Rp600 ribu.

Tentukan Jalur Keberangkatan

Kawah Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Bagi kamu yang ingin wisata ala backpacker sebaiknya memilih jalur yang melalui Kabupaten Bondowoso atau Banyuwangi. Tersedia sarana transportasi yang terjangkau seperti ojek, truk, kereta dan bus. Waktu liburanmu terbatas? Tenang saja, kamu bisa naik pesawat langsung ke Banyuwangi dan menyewa mobil agar lebih cepat sampai.

Berfoto Ria di Kawah Ijen, Utamakan Keselamatan

Setelah bersusah-payah hiking atau menuruni gunung, waktunya mengabadikan momen kejayaan dengan berfoto ria! Foto-foto saat matahari terbit di puncak Gunung Ijen atau dengan latar belakang api biru Kawah Ijen tentu sangat menggembirakan, namun jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan. Hindari berdiri terlalu dekat dengan ujung tebing atau kawah agar kamu tidak terjatuh. Apalah artinya sebuah foto jika akhirnya merenggut nyawa!

Ternyata, wisata ke Kawah Ijen seru sekali, bukan? Selain mempersiapkan fisik, uang, akomodasi dan perlengkapan travelling, dapatkan juga asuransi kesehatan secara online. Tenang saja, harga suransi kesehatan untuk area wisata Indonesia tidak semahal destinasi luar negeri. Dengan asuransi kesehatan, kamu akan merasa lebih tenang saat mendaki atau menuruni Gunung Ijen.

Beberapa asuransi kesehatan domestik yang bisa kamu bandingkan secara online, misalnya Chubb Travel Insurance Domestik StandardACA Travel Safe Nusantara dan Panfic Travel Care Silver Asia.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama