Perbandingan Asuransi Perjalanan Tunggal dan Tahunan

Dalam asuransi perjalanan, terdapat 2 jenis pelayanan yakni tunggal dan tahunan. Masing-masing jenis perjalanan tersebut memberikan benefit berbeda-beda. Inilah perbandingannya.

Asuransi perjalanan memiliki banyak manfaat terutama saat Anda melakukan perjalanan. Tentunya sebagai manusia, kita tidak bisa memprediksi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan.

Misalnya saja pembatalan penerbangan, kecelakaan, sakit, kehilangan barang, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, peran asuransi perjalanan dapat dirasakan jika peristiwa-peristiwa tersebut terjadi. Dengan asuransi perjalanan, perjalanan Anda pun menjadi lebih nyaman.

Berdasarkan pelayanannya, asuransi perjalanan memiliki dua jenis, yakni tunggal (single trip) dan tahunan (annual trip). Lantas, apa sajakah perbedaannya?

Perbedaan Asuransi Perjalanan Tunggal dan Tahunan

Asuransi perjalanan tunggal adalah asuransi harian yang memberikan perlindungan selama Anda melakukan satu kali perjalanan. Asuransi ini cocok bagi yang sekadar ingin berlibur atau melakukan perjalanan bisnis dalam satu waktu.

Anda pun bisa mengajak keluarga melakukan perjalanan bersama-sama, dengan syarat sudah mendaftarkan anggota keluarga untuk mengikuti asuransi perjalanan.

Tentu saja harga premi berbeda dari jika mendaftarkan anggota keluarga. Namun jika ingin melakukan perjalanan lagi, Anda mesti mengajukan registrasi kembali.

Sedangkan asuransi perjalanan tahunan adalah asuransi yang berlaku dalam jangka waktu satu tahun, dengan cakupan wilayah yang sama. Dengan menggunakan jenis asuransi ini, Anda bisa dengan bebas melakukan perjalanan dalam kurun waktu satu tahun.

Asuransi perjalanan tahunan cocok bagi yang sering melakukan perjalanan bisnis ataupun liburan. Karena jatuhnya bisa lebih murah dibandingkan asuransi perjalanan tunggal, serta tidak perlu lagi repot bolak-balik membeli premi asuransi perjalanan setiap kali mau bepergian.

Sama seperti asuransi perjalanan tunggal, asuransi jenis ini pun bisa menyertakan keluarga dalam perjalanan. Tentu sebelumnya Anda sudah harus mendaftarkan anggota keluarga untuk mengikuti asuransi perjalanan.

Untuk cakupan wilayah, asuransi perjalanan tunggal ataupun tahunan mencakup domestik hingga internasional. Namun, wilayah tersebut tergantung pada paket yang ditawarkan oleh masing-masing produk asuransi perjalanan.

Bagaimana Preminya?

Premi asuransi perjalanan tunggal ataupun harian sangat bervariasi, sesuai dengan jenis paket perlindungan perjalanan yang akan diikuti (individu atau keluarga, serta tujuan).Sebagai catatan, pihak penyedia jasa asuransi perjalanan memiliki nama berbeda-beda untuk program mereka.

Setelah menentukan paket asuransi perjalanan dan melengkapi persyaratan dokumen untuk pendaftaran, pihak penyedia asuransi perjalanan akan menerbitkan polis Anda dalam 24 jam.

Namun, ada baiknya jika Anda mendaftarkan asuransi perjalanan 7 hari sebelum keberangkatan perjalanan.

Syarat Umum Mengajukan Asuransi Perjalanan

Rata-rata penyedia asuransi perjalanan memberikan syarat sebagai berikut.

  • Permohonan asuransi perjalanan harus dilakukan paling lambat 1 (satu) hari sebelum tanggal keberangkatan perjalanan.
  • Usia peserta (paket individu) minimum 18 tahun.
  • Untuk paket keluarga, minimum anggota keluarga berusia 1 tahun sampai dengan 80 tahun.
  • Peserta yang dapat ikut serta dalam asuransi perjalanan adalah harus dalam keadaan sehat ketika hendak melakukan perjalanan.
  • WNI maupun WNA yang memiliki dokumen identitas secara legal seperti KTP (untuk WNI) dan KITAS (untuk WNA).

Cara Daftar Asuransi Perjalanan

Untuk cara pendaftarannya, Anda bisa langsung datang ke kantor penyedia asuransi perjalanan. Atau Anda dapat apply asuransi perjalanan online di KreditGoGo.com

Bila berbicara mengenai manakah yang lebih bagus, keduanya (tunggal dan harian) tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Sesuaikanlah asuransi perjalanan mana yang pas dengan kebutuhan perjalanan Anda.

Baca juga: 7 Hal Tidak Dilindungi Asuransi Perjalanan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama