Pentingnya Asuransi Bagi yang Ingin Traveling

Libur panjang segera tiba. Bagi Anda yang merencanakan traveling, sudahkah memiliki asuransi perjalanan? Berikut penjelasan mengapa asuransi ini begitu penting.

Banyak orang tidak menyadari pentingnya asuransi perjalanan. Padahal, bukan tidak mungkin musibah datang ketika melakukan traveling. Musibah bisa saja menimpa, baik perorangan maupun rombongan. Ketika hal ini terjadi, kerugian materi nyaris tidak terhindarkan.

Secara garis besar, asuransi perjalanan tidak jauh berbeda dengan asuransi biasa, yaitu sebagai salah satu bentuk perlindungan. Bedanya adalah asuransi perjalanan hanya berlaku selama jangka waktu tertentu, yaitu selama pembeli premi melakukan travelling (perjalanan) hingga pulang ke rumah.

Beragam manfaat dan perlindungan yang ditawarkan asuransi perjalanan dipengaruhi oleh premi yang dibayarkan.

Secara umum, jenis-jenis manfaat dari asuransi perjalanan antara lain perlindungan jika terjadi kecelakaan, penundaan atau pembatalan penerbangan, biaya pengobatan darurat, evakuasi medis, kerusakan atau kehilangan bagasi, pemulangan jenazah dan masih banyak lagi.

Apa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang satu dengan lainnya, tentu bisa sangat berbeda. Intinya, bertanyalah sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya sebelum membeli produk asuransi perjalanan. Berikut kami berikan tips memilih asuransi perjalanan.

Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Saat ini, banyak perusahaan asuransi perjalanan yang memberikan fitur-fitur tambahan. Dengan memilih sesuai kebutuhan, maka akan mendapatkan manfaat maksimal.

Bila perlu, bandingkan antara asuransi satu dengan asuransi lain yang memberikan penawaran sejenis. Jangan sampai Anda beli asuransi perjalanan haji, padahal sedang ingin berlibur ke negara Eropa.

Pahami Produk

Pahamilah produk yang dibeli. Anda harus tetap kritis agar hak-hak terpenuhi ketika terjadi musibah. Sebab itulah, Anda perlu memahami asuransi perjalanan yang dibeli dan apa saja isi polisnya. Jangan hanya melihat murah mahalnya premi, tapi juga bandingkan tanggungan yang diberikan.

Ketahui Latar Belakang Perusahaan Asuransi

Reputasi perusahaan asuransi yang baik tentu akan berbanding lurus dengan pelayanannya. Jika ragu, sebaiknya jangan membeli. Seringkali masyarakat memilih asuransi perjalanan yang gampang dibeli, misalnya lewat internet tanpa memperhatikan reputasi.

Dampaknya adalah perusahaan asuransi perjalanan ‘abal-abal’ mangkir dalam memberikan pertanggungan ketika pemegang polis terkena musibah. Atau perusahaan tersebut tidak cepat dalam menjalankan tanggung jawabnya dalam membayarkan santunan.

Perusahaan dengan Layanan Asuransi Perjalanan

Lantas, perusahaan apa saja yang memberikan layanan asuransi perjalanan? Berikut adalah beberapa daftar perusahaan. 

Asuransi Adira

Nama asuransi perjalanan Asuransi Adira adalah Travellin. Premi untuk asuransi perjalanan dalam negeri mulai Rp 10 ribu per hari sampai Rp 12 ribu sehari per orang, bergantung dari paket. Sementara, premi perjalanan luar negeri individu mulai 1,5 USD per hari sampai 3,25 USD per hari.

Dengan membeli Travellin dalam negeri, misalnya, Anda akan mendapatkan pertanggungan mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 75 juta dari satu kejadian terburuk. Bagi yang mengalami kehilangan bagasi, kehilangan dokumen, sampai cacat pun mendapatkan pertanggungan.

Asuransi Jasindo

Asuransi Jasindo memiliki produk asuransi perjalanan bernama Asuransi Lintasan. Asuransi ini memberikan perlindungan dalam seluruh perjalanan baik melalui udara, laut maupun perjalanan darat, selama masa pertanggungan sesuai tertera di dalam Kartu Peserta Lintasan.

Jika tertarik pada produk ini, Anda cukup membayar mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu per orang untuk pertanggungan selama seminggu hingga sebulan penuh. Melalui asuransi ini, Anda akan menerima pertanggungan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 250 juta.

Asuransi Pan Pacific

Pan Pacific Insurance mengeluarkan produk bernama Panfic Travel Care. Untuk asuransi perjalanan domestik, preminya sebesar Rp 10 ribu per orang dalam satu harinya dan Rp 35 ribu per keluarga dalam satu harinya.

Untuk produk ini, Anda bisa mengajukan klaim hingga Rp 100 juta dengan santunan rawat inap Rp 2 juta per hari. Pan Pasific akan memberikan ganti rugi sebesar Rp 500 ribu dan Rp 3 juta jika di dalam bagasi terdapat barang elektronik.

Sedangkan untuk perjalanan ke luar negeri, preminya mulai dari 2 USD hingga 4 USD per orang per hari. Perlindungan asuransi ini mulai dari 25 ribu USD hingga 100 ribu USD. Untuk kehilangan bagasi dan keterlambatan keberangkatan, perlindungannya mulai dari 500 USD hingga 5 ribu USD.

Asuransi AXA

AXA menghadirkan produk Axa Mandiri Travel. Dengan asuransi perjalanan ini, maka Anda akan diberikan perlindungan terhadap kecelakaan diri, biaya pengobatan (termasuk gigi), bantuan kesehatan dan darurat, sampai ketidaknyamanan perjalanani.

Terdapat 3 pilihan rencana tujuan bepergian sesuai dengan wilayah di dunia, yaitu Spesial Asia, Gold (seluruh dunia), dan Platinum (seluruh dunia).

Premi yang ditawarkan mulai dari 4 USD hingga 105 USD, tergantung pada tujuan perjalanan, durasi perjalanan dan jumlah orang (perorangan atau keluarga). Klaim mulai dari 200 USD hingga 150 ribu USD, tergantung pada tujuan perjalanan dan kategori perlindungannya.

Nah, mulai sekarang jangan remehkan asuransi perjalanan, ya! Ketika merencanakan perjalanan liburan, masukanlah anggaran untuk asuransi perjalanan. Sayangilah diri Anda dan keluarga. 

Baca juga: 7 Hal ini Tidak Ditanggung oleh Asuransi Perjalanan


0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama