Mengenal Lebih Dekat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan, memberikan manfaat pertanggungan saat Anda akan melakukan perjalanan baik itu domestik ataupun perjalanan ke luar negeri.

Risiko keselamatan pada saat bepergian, bisa terjadi tanpa bisa Anda duga. Saat bepergian untuk melakukan kegiatan bisnis ataupun wisata, tentu hal yang utama Anda inginkan adalah keselamatan, kenyamanan dan ketenangan dalam bepergian.

Salah satu antisipasi dan persiapan yang patut diperhitungkan adalah mendapatkan proteksi keselamatan dalam perjalanan. Produk proteksi yang memberikan manfaat perlindungan saat bepergian untuk wilayah domestik ataupun internasional adalah produk asuransi perjalanan.

Produk proteksi asuransi dengan jenis asuransi perjalanan, memberikan manfaat pertanggungan saat Anda akan melakukan perjalanan baik itu domestik ataupun perjalanan ke luar negeri. 

Manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan bukan hanya merujuk pada pertanggungan biaya kesehatan, melainkan juga kenyamanan Andadan saat dalam perjalanan.

Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan atau dikenal juga dengan sebutan asuransi travel, memberikan Anda manfaat untuk perlindungan dan kenyamanan perjalanan di darat maupun udara. Perusahaan asuransi yang menghadirkan asuransi perjalanan, biasanya membagi coverage area untuk perlindungan di wilayah domestik dan mancanegara.

Asuransi perjalanan domestik yang kini banyak ditawarkan memberikan manfaat perlindungan kenyamanan dan pertanggungan untuk area domestik saja. Dalam artian untuk wilayah pertanggungan tersebut hanya bermanfaat saat Anda melakukan perjalanan di area Indonesia.

Biasanya manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan domestik memberikan pertanggungan risiko perjalanan mulai dari jatuh sakit, kecelakaan, penundaan penerbangan, dan lainnya.

Pada produk asuransi perjalanan yang ditawarkan, perusahaan asuransi penerbit akan menyediakan paket-paket tertentu yang bisa dipilih calon nasabah. 

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari paket-paket asuransi perjalanan yang ditawarkan. Tentu saja setiap paket perjalanan asuransi perjalanan memiliki besarnya premi yang berbeda-beda. Harga premi yang berbeda menentukan beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat yang bisa didapatkan nasabah asuransi perjalanan domestik yaitu memberikan perlindungan perjalanan untuk rasa aman dan nyaman dari risiko-risiko buruk yang dikhawatirkan terjadi. 

Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi medis saat di tempat tujuan perjalanan, hingga terjadinya kecelakaan. Risiko-risiko itu tentu saja tidak diinginkan siapapun, namun dengan mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi perjalanan domestik berarti Anda telah mempersiapkan proteksi untuk keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Asuransi Perjalanan Internasional

Sama halnya dengan asuransi perjalanan domestik, asuransi perjalanan internasional akan memberikan nasabah manfaat pertanggungan dari risiko-risiko selama perjalanan. Namun jangkauan untuk manfaat pertanggungan, meliputi wilayah Internasional.

Dalam asuransi perjalanan Internasional terdapat asuransi perjalanan untuk wilayah asia dan wilayah seluruh dunia. Dan bila Anda akan mengunjungi negara-negara Eropa yang masuk dalam Visa Schengen, asuransi perjalanan sangat wajib untuk Anda miliki.

Saat ini, beberapa negara yang sudah tergabung dalam Visa Schengen diantaranya adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Liechtenstein.

Untuk mengantisipasi hal tak terduga yang dapat terjadi dan dapat menimbulkan kerugian finansial, asuransi perjalanan internasional merupakan persiapan penting bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri.

Manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan untuk area Internasional, tentu mengutamakan kenyamanan dan perlindungan kesehatan bagi para nasabah asuransi perjalanan. 

Premi yang dibayarkan juga menjadi tolak ukur manfaat-manfaat pertanggungan yang akan didapatkan.

Dalam asuransi perjalanan internasional ada beberapa manfaat yang biasa didapatkan diantaranya, seperti:

  • Pertanggungan kesehatan dari kecelakaan diri
  • Evakuasi medis
  • Biaya-biaya medis
  • Kehilangan bagasi
  • Kehilangan dokumen perjalanan
  • Ketidaknyamanan perjalanan karena pembatalan perjalanan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan nasabah asuransi perjalanan, dari premi yang telah dibayarkan. Setiap lembaga asuransi penerbit asuransi perjalanan memiliki beragam manfaat pertanggungan dari produk asuransi perjalanan.

Kebijakan memberikan manfaat pertanggungan dari produk asuransi perjalanan yang banyak ditawarkan, tergantung dari besarnya premi dan paket yang didaftarkan.

Premi Asuransi Perjalanan

Besarnya premi asuransi perjalanan, dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu, jangka waktu bepergian, area, dan paket manfaat yang ditawarkan pihak asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan biasanya hanya berlaku selama jangka waktu tertentu. Sehingga Anda cukup membayar premi sesuai dengan jangka waktu bepergian yang Anda inginkan.

Manfaat premi yang ditawarkan asuransi perjalanan memberikan manfaat pertanggungan saat Anda melakukan perjalanan bisnis ataupun liburan. Anda bisa memilih besarnya premi asuransi sesuai dengan rencana perjalanan liburan Anda. 

Berdasarkan layanan harga premi ditawarkan untuk asuransi perjalanan, memiliki dua jenis paket asuransi perjalanan harian/asuransi dan asuransi perjalanan tahunan.

Asuransi perjalanan harian memberikan perlindungan selama Anda melakukan satu kali perjalanan. Asuransi harian cocok bagi yang sekadar ingin berlibur atau melakukan perjalanan bisnis dalam satu waktu hitungan hari.

Asuransi perjalanan tahunan cocok bagi yang sering melakukan perjalanan bisnis secara rutin, yang dalam satu tahun selalu melakukan perjalanan jarak jauh.

Saat telah menentukan berapa lama rencana bepergian, calon nasabah asuransi juga dapat memilih paket premi untuk paket individu dan paket keluarga. Banyak produk asuransi perjalanan yang dihadirkan dengan nama produk yang berbeda-beda.

Namun yang perlu Anda ketahui dari setiap produk asuransi perjalanan, yakni, besarnya premi, area pertanggungan, jangka waktu, dan manfaat pertanggungan yang akan diberikan.

Pendaftaran Asuransi Perjalanan

Proses mengajukan asuransi perjalanan tidaklah ribet. Proses pendaftaran juga dapat Anda ajukan via online. Dalam laman KreditGoGo, Anda dapat membandingkan dan memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan rencana perjalanan Anda.

Sebelum Anda mendaftar asuransi perjalanan, pastikan Anda telah memahami manfaat-manfaat yang telah ditawarkan.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar asuransi perjalanan, diantaranya:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Paspor
  • Formulir Pengajuan Asuransi Perjalanan

Lembaga Asuransi Penerbit Asuransi Perjalanan

Jenis polis asuransi perjalanan sangat bervariasi. Masing-masing memberi perlindungan terhadap situasi untuk mendapatkan pertanggungan. Anda dapat memilih asuransi perjalanan sesuai dengan tujuan destinasi Anda. 

Beragam produk asuransi yang ditawarkan lembaga asuransi di Indonesia memberikan manfaat-manfaat bagi nasabah. Berikut ini tabel daftar produk asuransi perjalanan yang dapat Anda pilih sebagai persiapan dalam merencanakan perjalanan bisnis ataupun wisata.

Simulai Asuransi Perjalanan Domestik

Waktu Perjalanan Destinasi Tujuan Premi Paket Layanan

1 hari - 4 Hari
Indonesia Rp50.000 Individu/Perorangan
Manfaat Perlindungan
  • Kecelakaan Diri
  • Pengobatan Medis
  • Evakuasi Medis Darurat
  • Penundaan Penerbangan
  • Kehilangan/kerusakan barang bagasi
  • Ketidaknyamanan Pembajakan

Apa Saja Syarat yang Harus Dilengkapi untuk Mengikuti Asuransi Perjalanan Tersebut?

  1. Dokumen data diri WNI (KTP)
  2. Dokumen data diri WNA (KITAS)
  3. Untuk paket individu, pembeli polis berusia minimal 18 tahun dan maksimal 84 tahun.

Dengan membayar premi Rp50.000 untuk waktu perjalanan 1 hari hingga 4 hari, pendaftar asuransi perjalanan akan mendapatkan manfaat perlindungan tersebut.

(Simulasi ilustrasi paket asuransi perjalanan ini bukan paket asuransi perjalanan yang sebenarnya. Tiap lembaga penerbit asuransi perjalanan, memiliki kebijakan masing-masing)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama