Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilihnya!

Asuransi perjalanan menjadi sebuah perlindungan yang wajib dimiliki bagi Anda yang suka bepergian. Apa alasannya? Mari, kita kenali lebih dalam lagi!

Banyak yang mengira kalau asuransi perjalanan tak jauh berbeda dengan asuransi kecelakaan karena sama-sama melindungi Anda dari kecelakaan yang dialami.

Padahal keduanya berbeda karena asuransi perjalanan diberlakukan hanya selama Anda melakukan perjalanan. Mulai dari berangkat hingga sampai di tempat tujuan. Lain halnya dengan asuransi kecelakaan yang bisa memberikan perlindungan hingga bertahun-tahun.

Garansi Asuransi Saat Bepergian

Asuransi perjalanan adalah salah satu bentuk perlindungan yang akan menjaga Anda saat sedang bepergian. Banyak orang yang menganggapasuransi perjalanan perjalanan itu sia-sia, karena jangka waktu yang cukup singkat.

Adapula yang merasa sudah cukup dengan memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi kecelakaan, yang akan meng-cover masing-masing risiko. Padahal, saat sedang bepergian, kita tidak akan tahu seberapa besar risiko yang dihadapi. Bisa saja Anda mengalami kerugian materi serta non-materi yang tak terduga.

Baca juga: Cara Ampuh Jalan-Jalan Low Budget ke Luar Negeri

Pikiran Anda wajar saja, tapi asumsi tersebut memang kurang tepat. Sebab, ada beberapa perlindungan yang tidak dimiliki jenis asuransi-asuransi tersebut seperti di bawah ini:

1. Penundaan dan Pembatalan Penerbangan

Bagi Anda pengguna maskapai penerbangan, delay atau menunda waktu penerbangan pasti pernah terjadi. Tak hanya rugi waktu, tapi Anda juga dirugikan secara materil.

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda akan mendapat santunan atas ketidaknyamanan apabila mengalami delay hingga pembatalan penerbangan.

2. Kehilangan dan Kerusakan Bagasi

Saat sedang bepergian, hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan, kerusakan, hingga kecurian pada bagasi memang tak bisa dihindarkan. Tapi dengan adanya asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan ganti rugi saat saat barang-barang yang Anda miliki hilang atau rusak.

Penggantian ini bisa diberikan dalam bentuk keseluruhan isi bagasi atau serangkaian barang, tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi perjalanan.

3. Kehilangan Dokumen Perjalanan

Resiko kehilangan dokumen saat perjalanan pasti membuat Anda merasa tidak tenang selama perjalanan berlangsung. Jenis dokumen yang dimaksud tak hanya dokumen penting bagi para pebisnis.

Tetapi juga bisa berupa paspor dan visa, yang bisa menyebabkan Anda tertahan di tempat tujuan jika hilang. Asuransi perjalanan dapat membantu Anda dengan memberikan penggantian biaya akomodasi tambahan selama pengurusan dokumen.

Baca juga: Manfaatkan Air Miles Untuk Efisiensi Budget Traveling

4. Sakit atau Kecelakaan

Banyak yang beranggapan kalau memiliki asuransi kecelakaan dan kesehatan sudah bisa mencover Anda jika sesuatu terjadi selama di perjalanan. Tapi, asuransi kecelakaan dan kesehatan sebenarnya tidak melindungi biaya untuk evakuasi medis. 

Manfaat tersebut, hanya akan Anda dapatkan dari asuransi perjalanan. Penggantian biaya untuk evakuasi medis, termasuk memulangkan Anda ke rumah atau negara asal. Tentu saja, setelah mendapatkan perawatan kesehatan hingga kondisi Anda cukup sehat.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan dibagi dua jenis berdasarkan wilayah perjalanan, yakni asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional. Fungsinya tak jauh berbeda, hanya saja jangkauan wilayah pertanggungannya berbeda.

Untuk asuransi perjalanan domestik hanya mencover wilayah domestik atau dalam negeri saja sementara asuransi perjalanan internasional bisa melindungi hingga area internasional.

Jika dilihat berdasarkan pelayanannya, asuransi perjalanan terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Asuransi Perjalanan Tunggal

Asuransi perjalanan tunggal atau single trip merupakan asuransi harian yang memberikan perlindungan selama Anda melakukan satu kali perjalanan. Jenis asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang melakukan perjalanan bisnis dalam satu waktu atau traveling. Jika Anda melakukan perjalanan kembali ke tempat yang sama, maka Anda harus melakukan registrasi lagi.

Baca juga: 7 Hal Tidak Dilindungi Asuransi Perjalanan

2. Asuransi Perjalanan Tahunan

Sedangkan untuk asuransi perjalanan tahunan atau annual trip merupakan asuransi yang berlaku dalam jangka waktu satu tahun. Jadi selama Anda melakukan perjalanan pulang pergi selama beberapa kali, Anda tak perlu repot bolak balik membeli asuransi perjalanan setiap kali ingin bepergian. Jenis asuransi ini cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis beberapa kali dalam satu tahun.

Cara Pilih Perlindungan yang Tepat

Ketika Anda memilih asuransi perjalanan, pilih perusahaan asuransi yang tepat dan cermati dengan benar isi polis yang diberlakukan karena ada beberapa perusahaan asuransi perjalanan yang tidak mencover beberapa hal seperti keterlambatan perjalanan hingga penggantian waktu perjalanan.

Jangan lupa untuk memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda hanya melakukan perjalanan satu kali ke dalam negeri, pilihlah asuransi perjalanan tunggal domestik. Perbedaan jenis asuransi perjalanan ini akan berpengaruh pada premi yang ditawarkan. Rata-rata premi asuransi perjalanan berkisar mulai dari Rp10 ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenisnya

Baca juga: Perbandingan Premi Asuransi Pada Maskapai Penerbangan

Contohnya saja seperti asuransi perjalanan Simasnet Travel Insurance yang bisa menawarkan jenis asuransi perjalanan domestik dan internasional dengan minimum premi sejumlah Rp37 ribu hingga Rp173 ribu. Untuk manfaatnya, Anda akan mendapatkan santunan meninggal dunia hingga Rp50 juta, pengobatan medis, evakuasi medis, hingga keterlambatan bagasi.

Jangan segan untuk bertanya pada agen asuransi yang menawarkan karena Anda berhak mendapat penjelasan yang terperinci. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama