Jangan Remehkan Asuransi Perjalanan

Banyak yang tidak tahu, asuransi sangatlah penting untuk kita. Misalkan Anda seorang pebisnis, Anda pasti membutuhkan asuransi perjalanan. Kisah yang sangat menarik ini akan mengubah cara pandang Anda terhadap jenis asuransi satu ini.

  1. mengetahui degnan detil isi premi
  2. carilah perbandingan
  3. beli di agen yang tepat
  4. data terisi dengan benar

Donny, 35 tahun, tidak pernah menyangka. Perjalanannya ke Jepang saat ingin studi lanjut mengenai Teknik Sipil membawa musibah. Pria yang masih menjalin hubungan dengan calon istrinya ini tiba-tiba jatuh terkulai saat perjalanan ke sana. Saat itu juga Donny dibawa ke rumah sakit terdekat di sana. Donny harus dibawa masuk ke ruang gawat darurat, dan ternyata didiagnosa terkena serangan jantung.

Saat itu, kolega Donny di Jepang sudah membayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika dirinya benar-benar harus dioperasi, atau terpaksa menggunakan ring di jantung. Untung saja, calon istri Donny, Yuli, membeli produk asuransi perjalanan untuk suaminya. Sang istri tahu bahwa Donny memang cukup sering pulang-pergi ke Jepang dan Indonesia, untuk kepentingan studi lanjut. Bahkan, tidak sering Donny juga pernah kehilangan bagasinya ketika dalam perjalanan.

Ketika tahu bahwa Donny terserang penyakit jantung, semua biaya yang dikeluarkan diganti oleh pihak asuransi. Bahkan, dari dijemput di bandara hingga diantar pulang pun, semua dilayani oleh perusahaan asuransi perjalanan tersebut.

Sejak itu, dan manfaat yang sudah pernah dinikmati oleh Donny dan calon istrinya, mereka selalu memberi saran dan nasihat kepada koleganya yang sering bepergian ke luar negeri untuk selalu mempersiapkan diri dengan asuransi perjalanan. Bahkan, untuk mereka yang cukup sering bepergian, bahkan dengan jarak yang tidak jauh sekali pun, mereka selalu menyarankan koleganya untuk menyiapkan asuransi perjalanan.

Mengapa harus asuransi perjalanan? Sebagian besar penumpang dari Indonesia masih belum sadar akan pentingnya asuransi jenis ini. Kebanyakan masyarakat Indonesia merasa malas untuk mengajukan diri, atau teman mereka yang sering berperjalanan jauh, untuk menyiapkan diri mereka dengan manfaat ini. Padahal, ada juga asuransi perjalanan yang bisa dibeli dengan premi yang masih terjangkau.

Sejauh ini, asuransi perjalanan di Indonesia masih cukup jarang. Sebagian besar adalah perusahaan asuransi perjalanan yang berasal dari luar negeri. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa seiring meningkatnya intensitas perjalanan masyarakat Indonesia, baik domestik maupun internasional, maka asuransi perjalanan akan semakin penting. Di sinilah risiko perjalanan akan semakin meningkat.

Gelut bisnis asuransi perjalanan tersebut sebenarnya tidak terlepas dari salah satu masalah di bidang ini, yaitu harga. Asuransi dari perusahaan luar negeri kadang lebih mahal dibanding premi yang berasal dari perusahaan asuransi di dalam negeri. Namun bila dicermati, premi dari perusahaan luar negeri tersebut memang menanggung lebih banyak risiko. Ya, sebanding dengan investasi yang dibayarkan.

Bagi Anda yang mungkin tertarik dengan manfaat asuransi perjalanan ini, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan.

Mengetahui dengan detil isi premi

Calon pembeli asuransi perjalanan harus meneliti dengan detil, hal apa saja yang dapat ditanggung oleh perusahaan tersebut. Hindari membeli manfaat asuransi yang sama dengan polis yang sudah kita punya. Misalnya, Anda sudah membeli asuransi kesehatan, dan di dalam manfaat tersebut sudah tercakup untuk bisa menanggung kesehatan di luar negeri. Disarakan tidak usah dibeli lagi. Anda cukup membeli asuransi perjalanan yang hanya menanggung kehilangan bagasi, misalnya.

Carilah perbandingan

Bandingkan harga dan fasilitas premi yang sama dari perusahaan asuransi lain. Istilahnya, jangan sampai membeli kucing dalam karung. Kecermatan ini penting agar Anda bisa menentukan mana yang lebih sesuai dan mana yang kurang sesuai dengan kebutuhan.

Beli di agen yang tepat

Produk asuransi perjalanan bisa dibeli melalui agen asuransi, agen perjalanan (travel agent), atau online. Namun, dengan melihat watak orang Indonesia yang senang bertemu langsung dan ngomong, bukan membaca melalui online, baiknya tanya langsung ke agen asuransi perjalanan yang Anda percayai.

Setiap agen asuransi perjalanan atau agen perjalanan (travel agent) memang sangat membantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pengajuan asuransi. Mengapa? Itu karena mereka umumnya bisa menebak dengan cepat berapa lama perkiraan perjalanan kita di pesawat. Atau bahkan agen perjalanan kadang bisa memberikan nasihat terpenting, mana asuransi yang lebih cocok untuk perjalanan jarak jauh. Agen perjalanan yang Anda percayai (dalam hal ini agen tempat kita biasa berlangganan tiket pesawat), dapat langsung mendorong perusahaan asuransi perjalanan untuk segera mengadakan komunikasi kepada nasabahnya yang terkena musibah di pesawat, ya seperti Donny tadi.

Satu hal yang penting Anda cermati adalah pastikan data Anda terisi dengan benar. Jika Anda sudah mengisi formulir pengajuan asuransi perjalanan, cek kembali isian tersebut. Ini penting agar di kemudian hari anggota keluarga Anda dapat mengurus hak polis yang baik dan benar.

Premi asuransi perjalanan tambahan

Pasti Anda tahu dong peristiwa tragedi MH370? Nah, berkaca tragedi pesawat Malaysia Airlines tersebut, kini asuransi perjalanan mulai diperhatikan banyak orang. Untuk wisata atau perjalanan yang berisiko tinggi, biasanya asuransi perjalanan enggan menanggung. Risiko tinggi yang dimaksud biasanya adalah olahraga, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya, misalnya ke daerah konflik.

Tapi, Anda tidak usah khawatir bila semua risiko itu tidak termasuk. Bagi Anda profesional muda yang sering menggunakan pesawat untuk perjalanan bisnis, biasanya ada premi tambahan yang harus dibayar. Untuk lebih jelasnya Anda bisa bertanya secara detil ke perusahaan asuransi perjalanan yang Anda percayai.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama