Empat Hal Menarik yang Dilindungi oleh Asuransi Perjalanan

Sebagian orang berpikir kalau asuransi perjalanan hanya berguna jika terjadi kecelakaan atau perkara besar lainnya. Berikut adalah empat hal yang ditawarkan asuransi perjalanan namun tidak Anda sadari.

Apa Anda sudah merencanakan liburan akhir tahun? Dengan berbagai promo tiket pesawat yang ada, rasanya sulit sekali untuk melewatkan kesempatan untuk travelling. Baik pulang kampung, mengunjungi saudara di negeri tetangga atau jalan-jalan, travelling adalah kegiatan yang sangat dinanti-nantikan sebagian besar orang. Apalagi jika Anda telah bekerja keras, travelling saat akhir tahun adalah momen yang tepat untuk melepas penat. Dengan begini, Anda dapat mengawali tahun baru dengan fisik dan mental yang segar.

Destinasi liburan sudah ditentukan, tiket pesawat sudah dibeli, apa langkah selanjutnya? Bagaimana dengan asuransi perjalanan? Untuk sebagian orang, mereka sering melewatkan asuransi perjalanan karena berpikir telah memiliki asuransi hidup. Padahal, ada kemungkinan polis asuransi hidup yang mereka miliki tidak berlaku jika si pemegang berada di luar negeri. Selain itu, polis asuransi perjalanan juga diciptakan secara khusus untuk melindungi traveller sehingga tidak sama dengan polis asuransi hidup.

Asuransi perjalanan tidak hanya melindungi Anda dari malapetaka besar, tapi juga menjamin empat hal menarik berikut:

Penundaan Bagasi

Polis asuransi perjalanan yang ini berbeda dengan kehilangan bagasi. Jika suatu hari koper Anda tidak muncul di conveyor belt dan tidak diketahui keberadaannya oleh maskapai penerbangan, belum tentu koper Anda hilang. Setelah melaporkan kepada airport, Anda akan mendapat selembar kertas “irregularity report” yang berisi nomor laporan, tanggal, waktu, tempat dan data mengenai penundaan bagasi. Biasanya, koper akan ditemukan dalam waktu 1-2 hari dan Anda dapat melacak status bagasi Anda secara online. Jika setelah lima hari koper Anda tidak ditemukan maka bisa dianggap hilang.

Penundaan bagasi sangat menyusahkan, sementara itu Anda perlu membeli kebutuhan sehari-hari seperti pakaian dalam, baju ganti, sikat gigi, sabun dan lainnya. Bayangkan jika hal ini terjadi pada Anda. Sudah rugi materi, liburan pun jadi rusak! Dengan asuransi perjalanan, Anda tidak perlu khawatir apabila suatu hari nanti mengalaminya karena setidaknya secara materi sudah terlindungi. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan klaim kepada maskapai penerbangan atas penundaan bagasi dengan catatan menyimpan semua bon pengeluaran. Sebelum Anda belanja, cari tahu dulu syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan tersebut.

Kehilangan Barang Peribadi

Sumber foto: balitripdriver.com

Italia, Perancis, Spanyol – ketiga negara tersebut tidak hanya terkenal karena keindahannya namun juga copetnya. Ada-ada saja trik si pencopet untuk menipu mangsa, seperti pura-pura tanya jalan, nenek-nenek yang terjatuh, beraksi sendirian maupun secara berkelompok. Asuransi perjalanan juga dapat melindungi Anda atas kehilangan barang peribadi yang dilakukan bukan oleh manusia. Lho, maksudnya? Misalnya saat travelling ke Sangeh Monkey Forest di Bali lalu tiba-tiba seekor monyet menjambret tas Anda dan menghilang begitu saja, Anda dapat saja mengajukan klaim untuk hal ini. Jangan lupa untuk selalu mengumpulkan semua bukti yang ada seperti tiket masuk, kronologi kejadian dan dokumen tambahan lainnya saat Anda mengajukan klaim ke asuransi perjalanan.

Pemulangan Jenazah

Sumber foto: garudare.co.id

Setiap orang pasti mengharapkan liburan yang menyenangkan, tapi musibah datang tidak terduga. Pernahkah Anda berpikir siapa yang akan mengurus pemulangan jenazah seseorang yang sedang travelling di luar negeri? Pemulangan jenazah adalah urusan yang rumit dan memakan banyak biaya. Setelah mendapat beban batin, keluarga yang berduka juga harus menanggung beban finansial demi membawa pulang jenazah. Dalam hal ini, asuransi perjalanan akan melindungi keluarga jika hal ini terjadi pada Anda. Pihak asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah, bahkan ada pula yang menanggung pemakaman atau kremasi. Jika kematian disebabkan oleh kecelakaan, pihak asuransi juga akan membayar tanggungan kepada keluarga Anda.

Pembajakan Pesawat

Terdengar seperti film bioskop? Hati-hati, pembajakan pesawat bisa terjadi kapan pun dan dimana pun, lho! Hal tersebut tidak hanya terjadi dalam film-film Hollywood, tapi juga terjadi nyata di Indonesia. Pada tahun 1981, pesawat Garuda Indonesia 206 “Woyla” dibajak selama 65 jam oleh Komando Jihad. Para teroris meminta uang tebusan sebesar USD 1,5 juta dan pembebasan 80 teman mereka yang dipenjara.

Dilansir dari tirto.id, seorang sandera bernama Tjipto Harsono mengaku momen penyanderaan sangat menguras mental dan fisik. Ia dan tahanan lainnya tidak boleh menutup pintu kamar mandi saat ingin buang hajat, dimaki, dipukuli dan dibiarkan kelaparan selama tiga hari hingga akhirnya berhasil dibebaskan oleh tim antiteror Kopassandha.

Hiiy, seram, kan? Untuk polis ini, kamu harus cermat saat memilih asuransi perjalanan. Perhatikan apakah asuransi tersebut memberikan perlindungan terhadap pembajakan pesawat domestik, luar negeri atau keduanya.

Ternyata, asuransi perjalanan memiliki banyak keuntungan, bukan? Temukan asuransi perjalanan yang tepat untuk Anda di sini!

(Source: tirto.idthetravel.comkompas.com)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama