Bingung Menentukan Destinasi Liburan Akhir Tahun? Lima Tempat Wisata Lokal Ini Patut Dikunjungi!

Beberapa tempat wisata di Indonesia ini tidak kalah indah dengan tempat wisata luar negeri. Wisata keliling Indonesia saat liburan akhir tahun, mengapa tidak?

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa, tidak kalah dengan tempat wisata di luar negeri. Selain indah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tiket pesawat, akomodasi dan asuransi perjalanan. Ya, harga asuransi perjalanan untuk wisata dalam negeri jauh lebih murah daripada harga asuransi perjalanan untuk wilayah di luar Indonesia!

Masih bingung menentukan destinasi liburan? Berikut adalah lima tempat wisata lokal yang patut kamu kunjungi:

Kepulauan Seribu (The Thousand Islands)

(Source: Wirasel)

Kepulauan Seribu berada di tengah-tengah kota Jakarta, untuk menuju ke sana kamu hanya perlu pergi ke Teluk Jakarta dan menumpang perahu nelayan atau menyewa speedboat. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau yang terdiri atas 150 pulau, namun hanya 45 pulau yang bisa kamu kunjungi. Bagi wisatawan yang ingin menginap, akomodasi hanya tersedia di 6 pulau yaitu Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Sepa dan Pulau Pantara.

Wakatobi

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi diving dan snorkelling. Taman Nasional Wakatobi (Wakatobi) yang terletak di Sulawesi Tenggara ini menyandang predikat sebagai salah satu tempat diving dan snorkelling terbaik di dunia, tidak heran banyak turis asing yang berkunjung!

Wakatobi terdiri atas beberapa pulau yaitu Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Keindahan Wakatobi tidak hanya terletak di pantai, tapi juga budaya, alam dan makanannya. Misalnya suku Bajo di Wangi Wangi dengan kepiawaian menyelam, Puncak Tomia dengan pemandangan memukau, Gua Lakasa yang dipenuhi stalaktit serta beragam makanan tradisional yang lezat.

Taman Nasional Komodo

Popularitas Pulau Komodo yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, semakin meningkat sejak banyak traveler memamerkan foto-foto mereka di media sosial. Di Taman Nasional Komodo, kamu bisa island-hopping Pulau Komodo – Pulau Rinca – Pulau Padar, menikmati keindahan alam, melihat komodo serta menyusuri Pink Beach.

Musim perkawinan komodo berlangsung antara bulan Juni dan Juli. Jika kamu ingin melihat komodo, sangat baik wisata ke sini dalam periode tersebut terutama Pulau Rinca dimana kamu bisa menemukan banyak sarang komodo.

Baca juga: Empat Hal Menarik yang Dilindungi oleh Asuransi Perjalanan

Tana Toraja

Banyak turis asing dari Eropa dan Amerika yang berbondong-bondong wisata ke Tana Toraja karena memiliki adat dan budaya yang eksotis. Daya tarik utama Tana Toraja adalah ritual Ma’nene, yaitu ritual penguburan adat Tana Toraja. Dalam ritual tersebut, keluarga mendiang akan memandikan dan memakaikan pakaian baru pada mayat lalu mengarak-arak mayat tersebut.

Selain ritual yang super unik, kamu juga bisa melihat kuburan berusia ratusan tahun yang berada di dalam tongkonan , yaitu rumah tradisional yang dihiasi tanduk kerbau. Setelah puas menelusuri Toraja, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Tempe untuk melihat rumah terapung, Tanjung Bira untuk menikmati keindahan pantai serta jalan-jalan di kota Makassar!

Taman Nasional Tanjung Puting

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Di samping menawarkan hutan bakau yang asri, kamu juga bisa menikmati kemegahan langit malam bertabur bintang dan melihat orangutan dalam jarak dekat.

Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Kalimantan ini menawarkan keindahan hutan hujan yang alami, kamu bisa benar-benar merasakan pengalaman menjelajah hutan, sungai serta bertemu aneka hewan. Jangan lupa untuk menjaga barang-barang berhargamu agar tidak diambil oleh orangutan.

Nah, itulah lima destinasi wisata lokal yang kami sarankan. Jika kamu sudah memutuskan destinasi wisata untuk akhir tahun, jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebagai perlindungan kesehatan. Saat musim liburan, berbagai ketidaknyamanan saat di perjalanan bisa terjadi seperti penundaan penerbangan, kehilangan barang berharga, sakit atau kecelakaan saat berwisata. Dengan asuransi perjalanan, segala ketidaknyamanan tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Selamat berlibur dan berwisata!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama