3 Cara Efisien Melindungi Diri Dari Risiko Traveling

Punya Asuransi Perjalanan memang penting. Buktinya, selain dari jasa asuransi, perlindungan ini juga diberikan oleh pihak maskapai dan kartu kredit. Lalu, apa yang membedakannya?

Meski menghemat waktu bepergian ke luar kota hingga luar negeri, perjalanan udara memiliki beberapa kendala dan risiko yang cukup tinggi dibanding alat transportasi yang lain.

Misalnya, keterlambatan pesawat, bagasi yang hilang, hingga kecelakaan jatuh. Untuk itu, perlu adanya jaminan untuk melindungi diri Anda.

Ada tiga jenis perlindungan perjalanan, yang diberikan oleh pihak asuransi pribadi, maskapai penerbangan, dan kartu kredit. Jika tidak dicermati, manfaat yang ditawarkan tampak sama.

Kebanyakan orang pun berpikir untuk hanya menggunakan salah satu di antara ketiganya. Padahal, masing-masing memiliki perbedaan keuntungan yang berbeda jika Anda pelajari lebih lanjut!

Perlindungan Maskapai Penerbangan

Saat membeli tiket pesawat, coba perhatikan harga tiketnya. Biasanya, ada charge yang dibebankan sebagai tambahan harga yang harus Anda bayar.

Tambahan harga tersebut diberikan oleh beberapa maskapai penerbangan sebagai ganti perlindungan perjalanan Anda. Namun, asuransi yang ditawarkan maskapai ini sifatnya pilihan. Jadi Anda boleh untuk tidak mengambilnya.

Baca juga: Alternatif Traveling dengan Budget Di Bawah Rp5 Juta

Perlindungan dari maskapai penerbangan ini hanya berlaku untuk satu kali perjalanan dengan tiket pesawat yang Anda beli. Artinya, selama Anda naik maskapai penerbangan tersebut, Anda akan dilindungi selama durasi perjalanan dari keberangkatan hingga sampai di bandara tujuan.

Salah satu contoh maskapai penerbangan yang menyertakan perlindungan perjalanan adalah Garuda Indonesia yang hanya mematok premi mulai dari Rp29 ribu hingga Rp100 ribu. Manfaatnya beragam, mulai dari ganti rugi jika pesawat delay, keterlambatan bagasi, ganti rugi kerusakan bagasi dan kehilangan dokumen, hingga biaya medis darurat.

Manfaat Asuransi Perjalanan Pribadi

Ada dua perbedaan keuntungan yang membuat asuransi perjalanan melengkapi perlindungan yang diberikan maskapai. Sebab, garansi yang ditawarkan asuransi perjalanan khusus bisa digunakan untuk berbagai jenis maskapai penerbangan.

Asuransi perjalanan adalah bentuk perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi selama Anda sedang melakukan perjalanan atau sedang bepergian dari segala macam jenis resiko kecelakaan dan kerugian yang dialami selama melakukan perjalanan.

Selain itu, jangkauan wilayahnya juga lebih luas hingga ke seluruh dunia. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi saat melakukan perjalanan ke wilaya asing. Ditambah lagi, asuransi perjalanan mempunyai jenis asuransi perjalanan tahunan yang tidak dimiliki perlindungan maskapai penerbangan.

Jenis asuransi perjalanan tahunan bisa Anda temukan pada Panfic Travel Care Worldwide Platinum yang menawarkan perlindungan tahunan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan domestik dan luar negeri.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan dan Tips Memilihnya!

Dengan premi mulai $4, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti perlindungan kecelakaan diri, pengobatan medis, evakuasi darurat, hingga manfaat kehilangan dan kerusakan isi rumah selama Anda sedang melakukan perjalanan yang tidak dimiliki perlindungan perjalanan lainnya.

Jaminan Kartu Kredit Saat Traveling

kartu kredit traveling

Selain berguna untuk kemudahan belanja saat traveling, kartu kredit juga tawarkan perlindungan perjalanan untuk Anda. Fitur ini belum begitu banyak orang yang tahu.

Anda cukup menjadi pemilik kartu dan secara otomatis bakal mendapatkan asuransi perjalanan tersebut ketika membeli tiket penerbangan menggunakan kartu kredit.

Untuk maskapai penerbangannya pun tidak dibatasi. Lebih menarik lagi, karena seringkali Anda bisa mendapatkan diskon khusus! Ganti rugi gratis juga diberikan jika Anda membeli barang selama melakukan perjalanan dengan menggunakan kartu kredit yang sama saat membeli tiket pesawat.

Jadi, Anda tak perlu takut barang yang telah Anda beli rusak atau dicuri karena Anda sudah memiliki perlindungan.

Perlindungan Terbaik yang Dipilih?

Kalau dilihat dari segi manfaat secara keseluruhan, perlindungan perjalanan yang dimiliki oleh maskapai penerbangan memang jauh lebih lengkap karena mereka hanya fokus pada perlindungan sekali jalan dan murni untuk perjalanan Anda.

Baca juga: 3 Jenis Perlindungan Diri yang Dinilai Sama Tapi Beda Manfaat

Tapi jika Anda seorang pebisnis atau traveler yang sering melakukan perjalanan udara, alangkah baiknya jika Anda juga memiliki asuransi perjalanan tahunan agar tak perlu repot dan membuang-buang waktu untuk mendaftar kembali.

Sedangkan untuk kartu kredit, Anda bisa jadi lebih berhemat dengan diskon dan penawaran yang ditawarkan. Jadi, ketiganya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa saling melengkapi dan menguntungkan Anda. Sekarang, tinggal bagaimana Anda memilih yang sesuai budget perjalanan Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama