Ayo, Siapkan Dana Pendidikan Buah Hati Anda!

Sebagai orang tua, pasti ingin anaknya mendapat pendidikan yang terbaik. Namun, bagaimana Anda bisa memenuhinya seiring dengan biayanya yang makin mahal? Ini dia jawabannya.

Pendidikan adalah merupakan salah satu jalan bagi siapapun untuk mendapat masa depan yang cerah. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kebutuhan penting ini secara baik.

Di Indonesia, tidak dapat dipungkiri sektor ini masih menjadi beban yang cukup berat bagi banyak orang tua. Terutama di periode bulan Juni dan Juli, ketika sekolah dan universitas membuka pendaftaran murid baru.

Mungkin untuk yang anaknya menuntut ilmu di sekolah negeri tidak terlalu memikirkannya, mengingat program pemerintah yang sudah menggratiskan biaya bangunan, SPP bulanan, hingga buku.

Namun, bila anak Anda akan belajar di Taman Kanak-Kanak (TK), SD, SMP, SMA swasta, dan universitas yang masih memungut biaya yang tidak sedikit? Itu dia masalahnya. Ingat, biaya pendidikan akan selalu meningkat tiap tahunnya, hal ini yang harus dipertimbangkan ketika mulai mengatur perencanaan keuangan, terutama saat memutuskan untuk memiliki keturunan.

Asuransi Pendidikan Penting Bagi Masa Depan Anak

Sebagai contoh, biaya untuk masuk TK atau Universitas Negeri saat ini sudah bisa mencapai belasan juta. Sangat mahal bukan? Namun, sebesar apapun biayanya, tiap orang tua pasti akan berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Pertanyaannya, dengan cara apa?Tenang saja, dengan perencanaan yang matang, masalah tingginya biaya sekolah tentu sudah bisa diantisipasi.

1. Mulailah Sedini Mungkin

Jika sudah berencana untuk memiliki anak, maka Anda sudah harus menyiapkan pendidikannya, bukan hanya persalinan dan perawatan kesehatannya saja.

Sebagai contoh, Bila ingin masuk Kelompok Bermain, akankah sangat bijak bila sudah direncanakan sejak si buah hati lahir, maka pembiayaannya tidak akan terlalu berat dibandingkan di tahun yang sama saat anak mulai menuntut ilmu.

2. Tentukan Jenis Sekolah

Ketahui jenis lembaga pendidikan yang akan anak Anda tujukan, sebab dengan cara pengajaran yang tidak sama, maka biaya yang dipungut juga ikut berbeda.

Bila ingin buah hati menuntut ilmu di lembaga pendidikan negeri, mungkin tidak perlu terlalu memusingkan biaya karena sudah tidak ada banyak pungutan. Namun, bila ingin belajar di yang milik swasta atau internasional, maka siapkanlah kocek secara dalam-dalam karena hampir dipastikan uang yang dibutuhkan tidak akan sedikit.

3. Cari Tahu Biaya Pungutan

  • Uang pangkal, biaya ini dibutukan ketika anak mau mulai masuk sekolah. Biasanya, uang yang dibutuhkan berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung jenis yang dituju. Seperti akan masuk institusi milik internasional seperti Jakarta International School (JIS), maka biaya yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan juta. Sangat besar bukan?
  • Uang SPP bulanan, pungutan ini harus disiapkan setiap bulan. Saat ini hanya institusi milik swasta dan internasional saja yang masih memintanya.
  • Biaya lain, uang ini dibutuhkan untuk membiayai pembayaran buku cetak, ongkos transportasi, seragam, ekstrakulikuler, dan sebagainya.

4. Bandingkan Biaya Sekolah

Bila ingin mendaftarkan buah hati sekolah, usahakan jangan hanya mencari di satu tempat saja. Sebab, Anda bisa mengetahui berapa rincian biaya dan kualitas pengajaran yang ditawarkan.

Namun, keputusan pasti tempat menuntut ilmu ini jangan hanya melibatkan orang tua saja, coba libatkan buah hati agar kita bisa mengetahui kemauannya. Jangan sampai ia merasa terpaksa belajar di lembaga pendidikan tersebut.

Amankan Dana Pendidikan Anak Anda!

Selain itu, coba jumlahkansemua pengeluaran yang kira-kira dibutuhkan untuk pendidikan anak dari TK hingga Universitas untuk masing-masing jenjang. Setelah itu, lihat angkanya dan cobalah berhitung-hitung seberapa besar uang yang harus mulai disisihkan dari pendapatan setiap bulan.

5. Cobalah Untuk Sisihkan Uang

Nah, ini dia yang terpenting, buatlah perhitungan pendapatan yang tersisa dari kebutuhan yang dijadikan kebutuhan utama. Setelah itu, sisa uang yang ada dapat digunakan sebagai investasi yang dapat berguna bagi masa depan anak Anda.

Jenis investasi yang bisa digunakan untuk pendidikan antara lain.

  • Tabungan pendidikan, apa masih belum bisa menyisihkan dana tetap setiap bulan untuk kebutuhan itu? Tenang saja, tetap ada pilihan lain yaitu dengan cara didebet dari rekening bank setiap bulan. Dengan menggunakan cara ini, Anda baru bisa mencairkan uang dalam jangka waktu tertentu tergantung pada jenis simpanan yang dipilih
  • Asuransi pendidikan, pilihan ini sangat cocok bagi orang tua yang mampu berkomitmen dan membayar premi secara konsisten. Jenis perlindungan tersebut bisa membantu Anda bila sudah mulai dilakukan ketikabuah hati masih sangat kecil. Sama seperti jenis asuransi lain, nilai uang pertanggungan yang dikucurkan perusahaan lebih tinggi dari jumlah setoran.

Setiap orang tua pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak mereka. Namun bijaklah mengartikan apa itu yang dimaksud dengan kata “terbaik”. Sekolah dengan biaya mahal tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas pengajarannya.

Karena itu, bijaklah dalam merencanakan hal tersebut dan mulailah merancang masa depan buah hati Anda dari sekarang.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama