Tetap Sehat Walau Punya Asuransi, Ikuti Pola Hidup Sehat Ini

Asuransi kesehatan hanya menanggung biaya pengobatan tertentu. Agar tetap sehat dan hemat, terapkan lima pola hidup sehat ini.

Bagi kamu yang punya asuransi kesehatan, selamat! Kamu telah selangkah lebih maju dalam hal perlindungan finansial daripada mereka yang belum punya asuransi kesehatan. Maklum, zaman sekarang biaya pengobatan sangat mahal. Apalagi jika terkena penyakit kritis, jika tidak punya asuransi kesehatan bisa-bisa seluruh tabungan terkuras habis!

Meskipun sudah punya asuransi kesehatan, sebaiknya kamu tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini karena pihak asuransi hanya menanggung biaya pengobatan untuk penyakit-penyakit tertentu. Selain itu, kegiatan sehari-hari pun pasti berjalan lebih lancar jika tubuhmu sehat!

Berikut adalah lima pola hidup sehat agar kamu bebas dari penyakit:

Pola Hidup Sehat #1: Seimbang Saat Makan dan Minum

Kunci dari pola hidup sehat ini adalah menerapkan pola makan dan minum yang seimbang. Kurangi junk food dan minuman bersoda atau manis. Jika ingin makan sesuatu yang asin atau manis, terkadang bisa kamu selingi dengan kacang-kacangan dan buah.

Pastikan kamu mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, protein dan karbohidrat setiap hari. Bagi yang mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi atau kanker bisa menyesuaikan pola makan dengan kondisi kesehatan. Yang tidak kalah penting, minumlah minimal delapan gelas air putih setiap hari agar tidak dehidrasi dan batasi konsumsi kafein.

Pola Hidup Sehat #2: Rutin Berolahraga

Pola hidup sehat yang satu ini sulit diterapkan oleh sebagian orang karena jadwal kegiatan yang padat. Padahal, berolahraga secara rutin dapat membuatmu lebih sehat dan bersemangat dalam melewati kegiatan sehari-hari!

Biasakan untuk meluangkan waktu tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga. Pola hidup sehat ini bisa kamu capai jika berpegang teguh pada komitmen. Misalnya, jogging sebelum pergi ke kantor atau pergi ke gym setelah pulang kerja. Bagaimana jika suatu hari memang tidak sempat? Mudah saja, kamu bisa memarkir mobil lebih jauh dari pintu masuk atau memanfaatkan tangga untuk sampai di lantai kantormu.

Baca juga: Bisa Berobat Kanker dengan KIS, Masih Haruskah Punya Asuransi Kesehatan?

Pola Hidup Sehat #3: Cukup Beristirahat

Apa kamu tahu kalau kuang tidur dapat megundang banyak penyakit? Kurang tidur dapat merusak hati, menimbulkan serangan jantung, meningkatkan kadar gula dalam darah serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kurang tidur juga menurunkan daya konsentrasimu. Karena itu, aturlah kegiatan sehari-harimu sedemikian rupa agar mendapat waktu tidur yang cukup. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang baik adalah 7-9 jam per hari. Agar tidurmu lebih nyenyak, pastikan pencahayaan dalam kamar tidurmu baik dan hindari kafein sebelum tidur.

Pola Hidup Sehat #4: Bersih-bersih Secara Rutin

Berapa kali dalam seminggu kamu membersihkan kamar, rumah atau meja kantormu? Sebagian orang memiliki jadwal yang sangat sibuk sehingga malas bersih-bersih. Akibatnya, kuman dan bakteri datang sehingga mudah jatuh sakit.

Menerapkan pola hidup sehat ini mudah saja, buatlah komitmen untuk membersihkan kamar, rumah dan meja kantor minimal satu kali dalam seminggu. Dengan begini, kamu pun dapat beristirahat dan bekerja dengan lebih nyaman. Pola hidup sehat ini dijamin akan meningkatkan produktivitasmu!

Baca juga: Penyakit Tidak Menular Meningkat, Ini Tiga Rumah Sakit Terbaik

Pola Hidup Sehat #5: Kurangi Pemakaian Gadget

Terlalu lama menatap layar HP atau komputer dapat berakibat buruk pada kesehatanmu. Mulai dari pundak dan leher yang kaku, masalah penglihatan hingga waktu tidur yang berkurang. Karena itu, sebaiknya kamu tidak terlalu terpaku pada gadget. Misalnya saat istirahat makan siang, alih-alih membuka media sosial sambil makan, bicaralah pada teman kantormu.

Hindari juga pemakaian gadget dua jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Jika profesimu mengharuskanmu mengakses media sosial sesering mungkin, gunakan aplikasi anti radiasi layar HP untuk menjaga kesehatan matamu.

Ternyata menerapkan pola hidup sehat mudah saja, bukan? Bagi kamu yang ingin punya asuransi kesehatan, bisa menemukan berbagai produk asuransi secara online seperti Asuransi Mandiri Proteksi KankerAsuransi Cigna Health Protection dan Asuransi Mandiri Kesehatan Prima

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama