Perbedaan Cara Single dan Keluarga Memilih Asuransi

Masih jomblo atau sudah berkeluarga. Untuk Anak maupun orangtua. masing-masing punya kebutuhan kesehatan yang berbeda. Ketahui pilihan asuransi kesehatan yang terbaik untuk Anda dan orang tercinta.

Dibutuhkan ketelitian dalam memilih asuransi karena sifatnya yang merupakan kontrak jangka panjang. Rata-rata masa berlaku kontrak polis asuransi mulai dari 5-12 tahun.

Jika tidak meneruskan kontrak polis dalam rentang waktu tersebut, risiko yang bisa dihadapi adalah kehilangan premi yang telah dibayarkan hingga kesulitan pencairan dana.

Asuransi Kesehatan Sesuai Usia

Anda tentu tidak ingin berhenti di tengah jalan karena tiba-tiba merasa manfaatnya kurang maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya pahami terlebih dahulu yang menjadi kebutuhan sesuai kategori usia Anda.

Perlindungan Single, Tanpa Biaya Tanggungan

Masa lajang adalah masa yang paling menyenangkan. Anda memiliki kebebasan dan tak perlu repot memikirkan tanggung jawab seperti saat sudah berkeluarga.

Tapi hal ini justru membuat Anda lupa kalau tanggungan itu tak hanya berlaku ketika Anda sudah berkeluarga. Tanggungan bagi para single bisa meliputi angsuran seperti cicilan kartu kredit, KPR untuk rumah tinggal masa depan, kredit kendaraan, dan lainya.

Bayangkan jika Anda tiba-tiba sakit atau mengalami kecelakaan saat bepergian dan harus dirawat di rumah sakit. Berapa biaya yang harus Anda keluarkan? Sementara masih ada cicilan lain yang harus dibayar.

Baca juga: Pilih Asuransi Kesehatan Premi Ringan Sesuai Penghasilan

Di saat seperti inilah, Anda yang masih single perlu melindungi diri dengan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa.

Agar tak repot memiliki dua polis asuransi berbeda, Anda cukup ambil asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan jaminan kecelakaan. Jadi, Anda bisa mendapatkan manfaat jaminan rawat inap sekaligus kecelakaan diri. Cara klaimnya, terutama yang menggunakan sistem reimburse, pun lebih mudah karena satu paket asuransi.

Melindungi Keluarga dengan Maksimal

diskon khusus asuransi keluarga

Saat berkeluarga otomatiskebutuhan Anda bertambah, terutama bagi kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah. Bagi pasangan muda yang baru saja menikah, asuransi menjadi salah satu cara untuk memberikan perlindungan kepada keluarga.

Pentingnya memiliki asuransi untuk keluarga tak hanya sebagai bentuk proteksi terhadap orang tercinta. Tetapi juga sebagai perencanaan keuangan keluarga.Dengan begitu, jika terjadi peristiwa di luar dugaan, keuangan keluarga tetap stabil dan tidak mengalami perubahan.

Baca juga: 8 Tips Mengatur Pengeluaran Buat Pasangan yang Baru Nikah

Pilihan perlindungan untuk keluarga beragam macamnya. Yang harus Anda perhatikan adalah perbedaan manfaat yang ditawarkan. Selain penggantian biaya rawat inap, rawat jalan, ICU, hingga pembedahan, cari tahu juga apakah ada diskon khusus untuk pendaftaran anggota keluarga.

Beberapa asuransi biasanya memberikan potongan premi untuk Anda yang mendaftarkan anggota keluarga, sehingga dapat menghemat finansial keluarga.

Proteksi Buah Hati

Orang tua pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Tak hanya perhatian, cinta, dan kasih sayang yang harus diberikan, tapi juga memberikan proteksi yang tepat.

Banyak kasus anak yang akhirnya meninggal akibat terjangkit demam berdarah. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan asuransi khususuntuk penyakit tertentu seperti ACA Asuransi Demam Berdarah.

Besar premi yang diberikan sangatlah murah, yakni berkisar mulai dari Rp10 ribu per tiga bulan hingga Rp50 ribu per tahunnya. Sedangkan usia anak yang bisa diikutsertakan dalam asuransi ini mulai dari enam bulan.

Baca juga: Rencanakan Dana Pendidikan Untuk Tahun Ajaran Baru

Ada dua jenis proteksi yang penting dimiliki oleh anak Anda. Selainperlindungan kesehatan, asuransi pendidikan juga harus untuk jaminan masa depannya.

Biaya pendidikan yang selalu naik setiap tahunnya membuat Anda harus berpikir dengan cermat tentang masa depan anak Anda nantinya. Dengan memiliki asuransi pendidikan, Anda bisa mempersiapkan masa depan anak dengan lebih terarah untuk menggapai cita-cita mereka. Persiapan asuransi pendidikan ini bisa Anda pilih ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun.

Sayangnya, jarang hingga bahkan belum ada asuransi yang menggabungkan dua jenis perlindungan tersebut. Jadi, Anda harus menyiapkannya secara terpisah.

Lebih Sayang Orangtua

rawat inap di rumah sakit gratis

Seiring bertambahnya tahun, usia akan menjadi semakin tua dan kesehatan orang tua perlahan-lahan bisa terus menurun. Dulu orang tua yang menjaga kita sewaktu kecil, kini saatnya Anda menjaga orang tua Anda dengan memberikan proteksi kesehatan bagi mereka.

Dalam memilih asuransi kesehatan untuk orangtua, tidaklah sama dengan cara memilih asuransi kesehatan untuk diri sendiri atau anak. Sebab, orangtua memiliki kondisi kesehatan yang lebih lemah.

Pertama-tama, Anda harus perhatikan riwayat kesehatan orang tua terlebih dahulu. Setelah itu, cari asuransi dengan batas maksimum usia yang lebih panjang.

Perlu Anda ketahui, hampir seluruh asuransi memiliki batas usia maksimum untuk pemegang polisnya. Rata-rata berkisar antara 50 - 70 tahun

Baca juga: Perlindungan Dana Pensiun Lewat 3 Cara Efisien

Sekarang Anda sudah tahu kan asuransi mana yang akan Anda pilih. Jangan lupa untuk selalu mengenal lebih baik lagi kondisi serta kebutuhan Anda saat ini. Dengan begitu, pastinya asuransi yang akan Anda pilih jadi lebih tepat sasaran dan keuntungan yang didapat jadi lebih maksimal lagi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama