Tips dan Trik Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Membeli produk asuransi kesehatan janganlah sembarangan. Para calon pembeli wajib mengetahui seluk-beluk produk tersebut agar terhindar dari kerugian yang diperoleh di kemudian hari.

  1. pelajari dan baca polis dengan baik
  2. pilih asuransi yang sesuai kemampuan anda
  3. pilih perusahaan asuransi yang jelas
  4. jangan ragu bertanya
  5. jangan terburu-buru membeli
  6. baca ulang polis

Perkembangan industri asuransi di Indonesia kian hari semakin berkembang. Persaingan antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain saling bersaing untuk memperoleh calon pengguna asuransi. Namun di sisi lain, para calon pengguna asuransi kadang dihadapkan pada kondisi yang kurang menguntungkan. Terbatasnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki oleh para calon pengguna asuransi justru membingungkan mereka. Apalagi tiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kadang memiliki fasilitas pertanggungan yang berbeda-beda. Asuransi kesehatan misalnya, tiap perusahaan memiliki rekanan rumah sakit yang berbeda-beda sekaligus dengan fasilitas yang akan diberikan.

Para calon pengguna asuransi harus hati-hati sebelum membeli produk asuransi kesehatan, jangan sampai dengan terbatasnya informasi dan pengetahuan yang dimiliki justru akan merugikan Anda nantinya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara memilih asuransi kesehatan;

Pelajari dan baca polis dengan baik

Terkadang bagi banyak sebagian calon pengguna asuransi, membaca polis merupakan kegiatan yang membingungkan. Sehingga membaca polis hanya bersifat formalitas dan juga hanya dibaca pada term awalnya saja. Hal tersebut harus dihindari, karena didalam polis tersebut kita bias melihat manfaat dan fasilitas yang diberikan oleh asuransi tersebut berikut pula prosedur pengajuan klaim.

Pilih asuransi yang sesuai kemampuan Anda

Pastikan asuransi kesehatan yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai nantinya justru kewalahan untuk membayar premi bulanan. Untuk proporsi pembayaran klaim, sebaiknya memilih produk asuransi yang memiliki harga premi sebesar 10% – 15% dari total pendapatan tiap bulannya. Sehingga nantinya Anda dapat lebih leluasa dalam mengatur keuangan, dan yang paling penting, pos untuk pembayaran premi asuransi tidak mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya.

Pilih perusahaan asuransi yang jelas

Selagi Anda memilih untuk membeli produk asuransi, pastikan mendasari pilihan pada perusahaan-perusahaan asuransi yang telah terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dan yang penting juga, pastikan agen-agen penjual produk asuransi yang berlisensi AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Jangan ragu untuk bertanya

Disaat agen asuransi kesehatan sedang menawarkan dan menjelaskan produk asuransi yang ditawarkan, sebaiknya Anda bersikap pro aktif. Bahkan diwajibkan untuk banyak bertanya mengenai produk tersebut. Mengapa? Karena Anda sebagai calon pembeli harus mengetahui dengan jelas produk yang ditawarkan. Istilah umumnya “jangan beli kucing dalam karung.”. Ingat, Anda akan membeli produk asuransi yang dimana tiap bulannya diwajibkan untuk membayar premi.

Jangan terburu-buru membeli

Membeli produk asuransi kesehatan janganlah terburu-buru. Pastikan memiliki beberapa alternatif pilihan beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk yang sejenis. Sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk memilih mana produk yang terbaik. Sediakan waktu untuk melakukan hal tersebut dengan memilih setidaknya 3 produk sejenis dari perusahaan asuransi yang berbeda. 

Baca ulang polis

Setelah terjadi kesepakatan antara Anda dengan pihak agen penjual asuransi, pastikan memeriksa kembali polis dan ketentuan mengenai produk asuransi tersebut sebelum Anda menandatangani surat perjanjian di atas materai. Langkah terakhir ini sangat penting agar mencegah adanya kerugian pada kedua belah pihak.

Nah, apakah Anda sudah jelas dengan penjelasan di atas?! Kembali ke tujuan asuransi yaitu proteksi, sudah selayaknya Anda memperoleh pelayanan yang prima dan optimal dari perusahaan asuransi yang terkait. jangan sampai setelah membeli produk asuransi kesehatan justru menyesal karena fasilitas pertanggungan yang tidak sesuai dengan kesepakatan atau biaya premi yang memberatkan kondisi finansial Anda. Sebagai penutup, selamat memilih asuransi kesehatan sebagai perlindungan kesehatan Anda atau keluarga Anda!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama