Tak Perlu Susah Mengantri dengan BPJS Online

Malas antri panjang untuk program asuransi kesehatan pemerintah BPJS? Mengapa mesti ikut repot, coba daftar saja melalui aplikasi BPJS online.

BPJS program asuransi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah memiliki berita baru. Mereka meluncurkan aplikasi pendaftaran peserta BPJS online untuk memudahkan peserta dan mencegah antrian yang terlalu banyak di setiap kantor BPJS.

Pendaftaran langsung anggota BPJS kesehatan di kantor BPJS menimbulkan berbagai macam polemik. Proses pendaftaran yang memakan waktu lama sering kali menimbulkan kericuhan. Anda harus melakukan dua tahap dan dua kali antrian. Satu kali antrian memakan waktu kurang lebih 4 jam bahkan lebih.

Untuk itu solusinya Anda dapat melakukan pendaftaran BPJS online untuk menghindari antrian di tempat, mempersingkat waktu, dan mempermudah layanan bagi diri sendiri.

Nah, jika Anda belum paham bagaimana pendaftaran BPJS secara online cermati langkah-langkahnya dan apa saja yang harus disiapkan.

Cara Pendaftaran BPJS Online

1.Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu NPWP, alamat email serta nomor handphone aktif untuk konfirmasi pendaftaran.

2.Silahkan Anda kunjungi laman web BPJS Online dari browser Anda, bisa diakses melalui komputer maupun smartphone / tablet. 

3.Kemudian centang tombol keterangan “saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran BPJS kesehatan” dan selanjutnya klik tombol “pendaftaran”

4.Isikan data yang telah disediakan yakni identitas yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes Tingkat I serta Faskes Gigi dengan pilihan instansi yang Anda pilih sebagai tempat rujukan.

5.Pilih biaya iuran perbulan. Tersedia 3 pilihan iuran dari kelas III hingga kelas I dengan rentang biaya dari 25.500 hingga 59500 perbulannya.

6.Simpan data serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email Anda. Cetak lembar virtual accountnya

7.Lakukan pembayaran di bank yang telah bekerjasama seperti BNI, BRI, serta Mandiri.

8.Setelah melakukan pembayaran BPJS kesehatan Anda sudah Aktif, silahkan cek email, akan nada email balasan dari BPJS berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bisa Anda cetak sendiri serta valid.

9.Atau Anda dapat print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Tidak perlu mengambil nomer antrian Anda dapat langsung kebagian cetak kartu BPJS kesehatan. Anda cukup menyerahkan semua data, form isian, virtual account dan bukti pembayaran.

Cara Pengisian Form

1.Isikan nomer kartu keluarga dan huruf validasi secara benar. Centang keterangan “Dengan ini saya menyatakan untuk mendaftarkan diri beserta Anggota Keluarga” dan klik tombol “Inquery Kartu Keluarga”

2.Kemudian sistem akan memverifikasi secara otomatis dengan menampilkan seluruh data anggota keluarga di dalam KK.

Note: Bila ada salah satu anggota keluarga telah terdaftar BPJS Kesehatan maka sistem pendaftaran online BPJS akan otomatis menolak dan menyarankan untuk mengurus anggota keluarga lain melalui kantor cabang. Dan jika Anda berniat hanya ingin mendaftarkan sebagian anggota keluarga yang ada dalam KK, maka sistem akan menolak.

3.Form identitas data peserta telah otamatis dipersiapkan sesuai dengan orang yang terdaftar di dalam KK. Apabila di dalam KK ada 4 orang maka data yang dipersiapkan oleh sistem adalah 4 nama.

4.Selanjutnya Anda hanya akan mengisi kolom kosong yang belum terisi secara default oleh sistem, dimana kolom yang belum terisi secara default hanya Nomor HP, NPWP, Kelurahan, Faskes. Pada saat melengkapi data pastikan benar dan lengkap.

5.Apabila data sudah terisi lengkap, langkah selanjutnya adalah centang opsi “Alamat surat menyurat sama dengan alamat KTP”.

6.Upload foto close up peserta yang didaftarkan (maksimal besar foto 50 KB dengan ukuran 450x450px). Lalu tekan tombol “Proses Selanjutnya”

7.Setelah itu Anda akan melanjutkan dengan mengisi data identitas anggota keluarga yang lain, dalam contoh kali ini berarti ada 4 identitas dan foto yang harus dipersiapkan (kepala keluarga, istri, anak, anak).

Cara Pembayaran Iuran

Pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakuakn dengan mudah melalui bank yang sudah ditunjuk oleh BPJS. Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu secara langsung melalui teller bank atau melalui mesin ATM.

Berikut sudah kami jabarkan langkah-langkah pendaftaran, cara pengisian form, dan cara pembayaran semoga dapat membantu Anda yang ingin melakukan pendaftaran asuransi BPJS Kesehatan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama