Pilih Asuransi Kesehatan dengan 5 Pertimbangan Ini

Memilih asuransi kesehatan tidak mudah. Perhitungkan manfaat jaminan perlindungan kesehatan yang didapat, seimbangkan dengan premi asuransi yang dibayarkan.

Beban pekerjaan dan gaya hidup yang tak seimbang menimbulkan peningkatan gejalan stres. Alhasil, banyak masyarakat Indonesia yang rentan terkena penyakit.

Kondisi itu pun mendorong masyarakat untuk semakin sadar akan nilai kesehatan. Asuransi kesehatan kini semakin dicari. Namun, tidak mudah memilih perlindungan kesehatan yang tepat. Kami akan membantu Anda mencermati beberapa hal sebelum memilih asuransi kesehatan.

Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Mengapa Anda Perlu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan berfungsi sebagai perlindungan guna mempersiapkan diri menghadapi sakit yang tidak diduga. Tujuannya, agar dana dalam tabungan dan investasi tidak akan terganggu saat Anda menderita sakit.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan penggantian biaya kesehatan yang diberikan kepada pemegang polis oleh perusahaan asuransi.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Asuransi Kesehatan

Besarnya penggantian biaya berbeda, tergantung dari premi yang dibayarkan serta ketentuan polis perusahaan asuransi. Beberapa asuransi kesehatan memberikan pertanggungan lengkap pada rawat jalan, perawatan gigi, pengobatan mata, hingga persalinan.

Contohnya adalah asuransi Allianz SmartHealth Light Titanium yang tak hanya memberikan manfaat rawat inap dan rawat jalan, tapi juga pemeriksaan gigi, pengobatan mata, dan perawatan bersalin.

Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Asuransi Kesehatan Rumah Sakit Rekanan

Saat memilih asuransi kesehatan, ketahui kebutuhan asuransi yang akan Anda gunakan. Lihat kembali riwayat kesehatan Anda dan buat estimasi risiko untuk menetapkan jenis-jenis perawatan yang sekiranya Anda butuhkan di rumah sakit.

Misalnya, jika Anda seorang wanita pemilihan asuransi kesehatan dengan fasilitas tanggungan biaya persalinan sangatlah diperhitungkan.

Baca juga: Cara 50-30-20 Untuk Pengeluaran Bulanan Lebih Efisien

Di luar kebutuhan, perhatikan premi yang ditawarkan. Sebab, jumlah premi harus disesuaikan dengan keuangan Anda. Semakin tinggi premi, maka biaya pertanggungan yang akan dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi seperti besarnya biaya kamar rawat inap tentu juga lebih besar.

Jika Anda tidak ada masalah dengan fasilitas rawat kelas II, pilih saja premi yang sedang. Tetapi, jika Anda memiliki keuangan yang lebih dan merasa lebih nyaman dengan rawat kelas I atau VIP, tak ada salahnya mengambil premi lebih tinggi.

Paham Sistem Penggantian Uang Asuransi

Sistem Penggantian Uang Asuransi Kesehatan

Umumnya perusahaan asuransi menerapkan dua sistem asuransi kesehatan, yakni sistem cashless dan reimbursement.

Anda hanya perlu menunjukkan kartu anggota pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit dengan sistem cashless. Tidak ada biaya yang perlu Anda keluarkan terlebih dahulu

Baca juga: Perbedaan Biaya Asuransi Kesehatan Bagi Wanita dan Pria

Lain halnya jika menggunakan sistemreimbursement yang mengharuskan Anda melakukan pembayaran biaya rumah sakit terlebih dahulu – baik itu saat mendaftar rawat inap atau melakukan rawat jalan.

Setelah perawatan selesai, Anda bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi. Cukup menyerahkan bukti kwitansi pembayaran dan surat keterangan yang diperlukan lainnya.

Jika meilhat penjelasan perbedaan tersebut, sistem reimbursement memang tampak sedikit merepotkan. Namun, premi yang ditawarkan sistem reimbursement biasanya lebih rendah dari sistem cashless. Selain itu, rumah sakit rekanan yang ditawarkan jauh lebih banyak.

Kenal Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Asuransi dapat dikatakan sebagai produk investasi jangka panjang, yang akan melindungi Anda selama beberapa tahun ke depan.

Jangka waktu kontrak yang ditawarkan, rata-rata, berkisar antara 8-10 tahun. Untuk itu,Anda pun harus benar-benar jeli dalam memilih asuransi, terutama asuransi kesehatan.

Salah satu cara untuk mengenali kredibilitas sebuah jasa asuransi kesehatan adalah dengan mempertimbangkan rumah sakit yang menjadi rekanan. Berapa banyak rumah sakit yang bekerja sama dan kemudahan akses lokasinya.

Baca juga: Cari Tahu Perbandingan Premi Asuransi Kesehatan dan Benefitnya

Selain itu, Anda juga harus memahami cara klaim yang diberikan. Apakah prosesnya mudah dan cepat, atau justru berbelit-belit?Sebaiknya, minta rekomendasi keluarga atau kerabat yang mengikuti program asuransi dan telah mencoba klaim. Anda juga bisa mencari tahu lewat forum-forum terpercaya.

Jangan lupa juga untuk membaca polis dari perusahaan asuransi secara teliti dan terperinci. Jika ada yang tidak Anda mengerti atau kurang jelas, lebih baik langsung tanyakan kepada agen asuransi yang menawarkan Anda.

Usahakan untuk membeli asuransi kesehatan lewat agen asuransi terpercaya atau yang telah mendapat rekomendasi. Sebab, agen asuransi dapat membantu Anda apabila mengalami kendala pengajuan klaim.

Waktu Terbaik Memiliki Asuransi Kesehatan

Jumlah premi yang ditawarkan untuk orang berusia 20 tahun tidak akan sama dengan orang berumur 40 tahun.

Mengapa?Semakin bertambah umur, maka probabilitas penyakit yang akan Anda derita akan semakin tinggi. Efeknya, premi yang ditawarkan perusahaan asuransi akan jauh lebih tinggi mengingat risiko yang Anda emban juga lebih besar.

Setelah membaca informasi di atas, semoga Anda bisa lebih mantap untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama