Pilih Asuransi Kesehatan Premi Ringan Sesuai Penghasilan

Asuransi kesehatan sudah jadi kebutuhan setiap orang. Tapi jangan sampai premi yang dibayar bikin beban keuangan. Pertimbangkan manfaatnya dan pilih yang sesuai penghasilan Anda.

Kesehatan menjadi modal utama yang sangat penting, terutama bagi para pekerja dan orang yang memiliki aktivitas padat. Salah satu cara untuk melindungi Anda dari segala macam resiko kesehatan adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Namun, kadang masih ada rasa enggan dalam menyisihkan sebagian penghasilan untuk jaminan asuransi kesehatan. Apalagi, bahaya penyakit belum terlihat di depan mata.

premi ringan asuransi kesehatan

Teliti dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Saat memilih asuransi kesehatan, hal yang harus dicermati pertama kali adalah kredibilitas perusahaan asuransi dengan melihat jumlah rekanan rumah sakit dan kemudahan klaim.

Lalu, perhatikan manfaat tambahan yang Anda dapat dari asuransi tersebut. Beberapa asuransi kesehatan ada yang menawarkan sistem paket dengan asuransi kecelakaan diri, asuransi jiwa, atau asuransi unit-link.

Ada dua sistem penggantian biaya pada asuransi kesehatan, cashless dan reimburse. Keduanyamemiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing bagi finansial Anda.

Baca juga: 5 Perbedaan Klaim Cashless dan Reimburse Asuransi Kesehatan

Langkah selanjutnya, menyesuaikan premi yang ditawarkan dengan penghasilan per bulan. Jangan sampai upaya Anda untuk sehat malah bikin sekarat kondisi keuangan dengan pembayaran premi yang mahal.

Lalu, bagaimana caranya menentukan asuransi kesehatan tanpa mengorbankan budgetkebutuhan lain?

Pilih Premi Asuransi yang Sesuai Gaji

Untuk memilih premi, hitung dengan cermat biaya bulanan yang Anda keluarkan. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk membayar asuransi adalah 10-20% dari total gaji yang Anda miliki. Untuk lebih jelasnya, KreditGoGo akan mempermudah Anda untuk menentukan premi asuransi kesehatan sesuai dengan pendapatan Anda per bulannya.

aplikasi asuransi kesehatan

Penghasilan Kurang Dari Rp5 Juta

Sebaiknya, pilih premi asuransi kesehatan tidak lebih dari Rp500 ribu. Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatanmenawarkan premi mulai dari Rp51.800 yang disesuaikan dengan batasan usia dan paket.

Asuransi kesehatan ini memberikan perawatan rawat inap hingga Rp1 juta per hari hingga tanggungan biaya operasi mencapai Rp10 juta.

Baca juga: Pilihan Investasi Cerdas dengan Gaji 4 Juta

Jika dalam kurun waktu 5 tahun Anda tidak mengajukan klaim, maka Anda dapat mengambil kembali uang Anda 100% dari total premi yang sudah dibayarkan.

Dengan kata lain, asuransi kesehatan juga bisa menjadi simpanan dana masa depan layaknya tabungan rencana.

Gaji Rp6 Juta Sampai Rp10 Juta

pasien asuransi kesehatan

Jika penghasilan Anda berada di kisaran ini, pilihlah premi asuransi kesehatan antara Rp1 juta - Rp2 juta masih cukup aman untuk anggaran bulanan.

Sesuaikan dengan manfaat, usia, atau gender seperti yang ditawarkan Asuransi Jasindo Medicash yang membedakan premi untuk pria dan wanita. Tujuannya adalah membantu Anda memahami risiko yang dihadapi dan memberikan alternatif yang sesuai kebutuhan setiap pribadi.

Baca juga: Rencanakan Dana Pendidikan Untuk Tahun Ajaran Baru

Keuntungan yang Anda dapat pun setimpal, santunan per hari mencapai maksimal Rp180 juta, dengan manfaat rawat inap dan jumlah rekanan rumah sakit hingga 826 rekanan. Berlaku juga untuk perawatan darurat di luar negeri, serta tidak adanya waktu tunggu.

Anggaran di atas Rp10 Juta

Lindungi diri dengan mengalokasikan sedikit dana yang lebih besar tidak ada salahnya. Anda bisa mengambil asuransi kesehatan dengan premi di atas Rp2 juta per tahun.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, jaminan perlindungan dari Lippo Insurance HealthPlus + Family bisa jadi pilihan yang cocok.Asuransi ini memberikan perlindungan maksimal untuk pribadi dan keluarga dalam berobat harian, rawat inap, pembedahan dengan jumlah rekanan 490 rumah sakit.

Ada pula manfaat tambahan seperti perawatan gigi, dan lainnya. Sistem cashless dengan menggunakan Swipe Card untuk proses pembayaran berobat jadi nilai plus yang memudahkan klaim Anda.

Baca juga: 7 Perbedaan BPJS dan Asuransi Untuk Kesehatan

Dengan memilih premi asuransi kesehatan sesuai dengan gaji, maka Anda bisa membayar premi tepat waktu hingga masa tenor yang sudah disepakati. Semoga informasi yang sudah dijelaskan bisa membantu Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama